fbpx

Masa pandemi membuat banyak orang kesulitan mencari pekerjaan bahkan kehilangan pekerjaan mereka. Mencari pekerjaan di saat seperti ini diperlukan riset secara online terkait lowongan, kualifikasi pekerjaan, relasi, dan lain sebagainya. Tetapi, hal-hal tersebut bukan lah hal yang mustahil untuk dilakukan. Meskipun serba online, banyak yang bisa dilakukan oleh kalian yang sedang membutuhkan pekerjaan. Banyak aplikasi pencari kerja yang bisa membantu menunjang karir kamu karena terdapat beberapa HR yang juga merekrut pegawai melalui sebuah aplikasi.

3 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kerja sebagai Penunjang Karir

  • Linked In
Source: linkedin.com

Aplikasi Linked In sudah banyak digunakan oleh orang-orang untuk mencari lowongan pekerjaan. Terdapat fitur-fitur yang sangat membantu job seeker, seperti mencantumkan pengalaman serta spesialisasi pada profil, menambah koneksi dan approach HR dari perusahaan-perusahaan tertentu, melihat lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan, membuat koneksi dengan alumni satu almamater, hingga melamar pekerjaan yang kamu inginkan.

  • Job Street
Source: jobstreet.co.id

Aplikasi Job Street hampir sama dengan Linked In, di mana kamu dapat mencantumkan segala informasi mengenai kemampuan atau skills dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Pada aplikasi ini, kamu akan menemukan perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan beserta kualifikasi yang mereka cari. Selain itu, kamu juga bisa apply pada perusahaan luar negeri yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

  • Kalibrr
Source: kalibrr.id

Platform Kalibrr adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh HR dalam merekrut pegawai bagi perusahaan mereka. Aplikasi ini sudah disertai fitur Applicant Tracking System (ATS) di mana fitur tersebut membantu recruiter dalam menyeleksi kualifikasi applicant yang sesuai dengan ketentuan perusahaan mereka. Maka dari itu, penting untuk para applicant mencantumkan skill dan pengalaman yang sesuai dengan ketentuan para perusahaan yang diinginkan.

3 Platform Menarik Penunjang Karir

Untuk memenuhi standar dan kriteria lowongan pekerjaan yang diminati, perlu diperhatikan bahwa kamu harus mencantumkan informasi mengenai dirimu sejujur-jujurnya dan sesuai dengan minat yang kamu miliki. Tidak lupa untuk membuat CV yang ATS friendly agar CV milikmu dapat dibaca oleh sistem. Selain itu, kamu juga harus menambah soft skill dan hard skill untuk menunjang karirmu. Kamu juga bisa mengikuti workshop online atau webinar yang bisa kamu akses dengan mudah untuk meningkatkan skill yang sudah kamu miliki.

  • Skillana
Source: skillana.id

Skillana adalah sebuah platform yang dapat membantu kamu untuk mencari tahu tentang minat dan bakat yang kamu miliki. Terdapat berbagai asesmen yang bisa kamu lakukan seperti tes minat dan bakat, tes kepribadian, tes gaya kerja, tes kepemimpinan, tes entrepreneur, dan tes biometrik. Asesmen-asesmen tersebut dapat membantu kamu untuk menemukan posisi apa yang cocok kamu lamar. Platform ini juga bisa membantu kamu untuk berlatih interview agar kamu lebih siap dalam menghadapi interview sewaktu-waktu kamu lolos tahap screening CV.

  • Aksel.co.id
Source: http://aksel.co.id

Platform Aksel.co.id adalah sebuah platform untuk membantu kamu dalam membuat resume atau CV. Kamu juga bisa membuat CV pada platform tersebut secara gratis dan sudah dipastikan bahwa CV tersebut ATS friendly. Selain itu, Aksel.co.id juga menyediakan layanan untuk me-review CV yang sudah kamu buat oleh senior praktisi HR di Indonesia. Ada pun layanan career mentoring untuk mengonsultasikan terkait perjalanan karirmu kepada mentor-mentor ternama dari berbagai industri.

  • Maukerja.id
Source: maukerja.id

Tidak jauh berbeda dengan Aksel.co.id, platform Maukerja.id juga merupakan situs penyedia layanan konseling karir oleh HR profesional dari berbagai industri, review CV, dan juga layanan desain CV. Apabila kamu bingung dalam membuat CV, kamu bisa memakai layanan yang disediakan oleh Maukerja.id agar lebih yakin dan sesuai dengan ketentuan posisi yang ingin kamu lamar.

Baca juga: 3 Helpful Aplikasi Pendidikan Yang Membantu Kamu dalam Membuat Tugas

Tips & Trick Interview

Setelah kamu membuat CV yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar, kamu juga harus memperhatikan tahap selanjutnya (setelah lolos tahap screening CV), yaitu interview. Berikut adalah tips & trick untuk melakukan interview dengan HR sebuah perusahaan impianmu:

  • Riset Perusahaan

Kamu perlu melakukan riset terhadap perusahaan yang kamu apply, seperti perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, produk atau program apa saja yang mereka sediakan, dan lowongan yang kamu lamar. Penting bagi pelamar untuk mengetahui jobdesc apa saja yang akan kamu kerjakan setelah diterima pada lowongan tersebut. Akan menjadi nilai tambah saat kamu mengetahui dan menguasai jobdesc tersebut saat ditanya oleh HR sebuah perusahaan.

  • Menghubungi HR

Sebelum interview, akan menjadi nilai tambah apabila kamu sudah tau siapa HR yang akan mewawancara kamu. Hal ini dapat kamu lakukan pada platform pencari lowongan pekerjaan yang sudah disebutkan di atas. Namun, perlu diketahui, kamu tidak boleh melakukan spam kepada HR karena akan dianggap mengganggu dan tidak menghargai mereka. Kamu juga harus mengetahui jam-jam yang sopan untuk menghubungi para HR, yaitu pada saat jam kerja. Jangan sampai menghubungi HR pada tengah malam ya!

  • Berlatih

Bisa karena biasa adalah hal yang sangat relevan dengan proses interview. Kamu bisa berlatih di depan cermin untuk meningkatkan kepercayaan dirimu. Kamu juga perlu mencari tahu pertanyaan apa saja yang memungkinkan untuk ditanyakan para HR. Jangan khawatir, karena dengan berlatih kamu dapat membiasakan diri untuk menjawab dengan tenang dan tepat sasaran. Selamat berlatih!

Masa pandemi bukan lah masa yang mustahil untuk mencari pekerjaan. Hal ini tergantung pada kemauanmu dalam berusaha. Memang diperlukan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mendapatkan posisi di perusahaan yang kamu impikan. Jangan patah semangat dalam berusaha dan tetap tingkatkan skill yang sudah kamu miliki ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top