fbpx

Memiliki sebuah smartphone tentu bukan menjadi hal langka sekarang ini. Hampir seluruh aktivitas manusia berhubungan dengan perangkat satu ini, baik dalam bisnis, perkuliahan/sekolah, dan bahkan kegiatan sehari-hari. Salah satu perangkat ponsel pintar yang banyak digunakan ialah Android.

Terdapat berbagai macam aplikasi android terlaris yang bisa kamu unduh pada smartphone sesuai dengan kebutuhannya. Aplikasi android adalah aplikasi perangkat lunak yang berjalan pada platform Android. Karena platform ini dibuat untuk perangkat seluler, maka aplikasi-aplikasi tersebut khas dirancang untuk smartphone atau PC tablet yang berjalan di OS tersebut.

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang bermanfaat dan wajib kamu unduh pada smartphone Android mu.

4 Aplikasi Android Terlaris 2021

Duolingo

Duolingo: Platform Pembelajaran Bahasa (sumber: MoneyMorning)

Duolingo adalah salah satu platform pembelajaran bahasa paling populer dan aplikasi pendidikan yang paling banyak diunduh di dunia, dengan lebih dari 500 juta pengguna. Diluncurkan pada tahun 2011, program ini menawarkan kursus online dalam lebih dari 30 bahasa yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat.

Misi perusahaan ini adalah menjadikan pendidikan gratis, menyenangkan, dan tersedia untuk semua kalangan. Pembelajaran melalui Duolingo dirancang untuk belajar dengan bermain, dimana cara ini terbukti secara ilmiah efektif untuk meningkatkan minat belajar seseorang.

Beragam Bahasa yang Bisa Kamu Pelajari

Duolingo menawarkan lebih dari 30 bahasa yang bisa kamu pelajari mulai dari dasar hingga tingkatan paling akhir. Beberapa bahasa yang paling banyak diminati oleh para pengguna platform ini, antara lain:

  • German
  • Italian
  • Spanish
  • Korean
  • French

Terdapat pula beragam macam bahasa yang lain yang juga diminati yaitu bahasa Belanda, Turki, Jepang, Mandarin, hingga bahasa asing lainnya yang jarang kita ketahui. Dalam aplikasi ini, kamu juga bisa menyarankan kursus bahasa apa lagi yang harus dikembangkan selanjutnya oleh Duolingo.

Cara Kerja Duolingo

Aplikasi ini menggabungkan pembelajaran mesin, psikologi (atau psikolinguistik), dan alat pendidikan inovatif untuk membantu pengguna mempelajari bahasa baru. Setelah membuat akun pada PC atau smartphone kamu, kemudian Duolingo menanyakan bahasa apa yang ingin kamu pelajari serta tingkat keahlian apa yang ingin dimulai. Sebagai contoh, katakanlah kamu ingin belajar bahasa Prancis dimana kamu belum memiliki pengalaman/pengetahuan terhadap bahasa tersebut sebelumnya. Maka, kamu bisa memilih tahapan dari tingkatan yang paling sederhana yang tersedia dalam aplikasi ini.

Contoh unit pembelajaran Duolingo pada bahasa Spanyol (sumber: Idea Usher)

Setiap ikon mewakili unit bahasa dan terdiri dari serangkaian pelajaran. Singkatnya, tujuan kamu adalah untuk menyelesaikan pelajaran di setiap unit keterampilan sampai kamu mencapai akhir. Tentu saja, ada lebih dari itu, karena Duolingo memungkinkan para penggunanya untuk menyelami bahasa target mereka sedalam yang mereka inginkan. Setiap unit memiliki beberapa level, dan pengguna harus menyelesaikan blok unit serta misi yang ada untuk membuka pelajaran unit selanjutnya.

Unit pembelajaran yang tersedia antara lain adalah:

  • Kosakata (vocabulary): dalam unit ini, kamu diharuskan untuk mencocokkan kata antara bahasa inggris dengan bahasa yang sedang kamu pelajari. Biasanya, dilengkapi juga dengan sebuah gambar yang menggambarkan mengenai kosakata tersebut.
  • Sesi Berbicara (Speaking Session): pada sesi ini, terdapat sebuah percakapan atau kosakata dalam bentuk suara (voice note), kemudian kamu sebagai pelajar, diharuskan mengucapkan kembali setiap kosakata tersebut. Hal ini untuk melatih kemampuan pronunciation para penggunanya berbicara dalam bahasa yang sedang dipelajari.
  • Menulis (Writing Session): Biasanya pada sesi ini, kamu akan mendapati sebuah percakapan kemudian kamu diharuskan untuk menuliskan setiap percakapan/kosakata yang kamu dengar ke dalam bahasa target maupun bahasa inggris.

Udemy

Aplikasi android terlaris (sumber: Udemy)

Aplikasi android terlaris yang kedua ialah Udemy, yaitu penyedia kursus online terbuka besar-besaran (MOOC) Amerika yang ditujukan untuk orang dewasa dan pelajar profesional. Aplikasi ini didirikan pada Mei 2010 oleh Eren Bali, Gagan Biyani, dan Oktay Caglar.

Pada Juni 2021, platform pembelajaraan ini telah memiliki lebih dari 44 juta siswa, 183.000 kursus, dan 65.000 instruktur yang mengajar kursus dalam 75 bahasa. Ada lebih dari 594 juta pendaftaran kursus yang tersebar di berbagai negara. Biasanya, para siswa ini mengambil kursus tersebut untuk meningkatkan keterampilannya sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja.

Sebagai platform pembelajaraan, aplikasi ini dikembangkan agar para penggunanya dapat belajar secara online dengan tutor profesional yang telah dilengkapi dengan serangkaian modul dan pelajaran yang mencakup video pembelajaran, catatan teks, serta tes penilaian disetiap unitnya.

Contoh sertifikat yang didapat jika kamu menyelesaikan kursus pada Udemy (sumber: Jubilee Enterprise)

Udemy ini bukan merupakan suatu kursus formal yang setara dengan sebuah instansi. Jadi, jika kamu ingin mempelajari keterampilan baru dan tidak untuk mencari gelar atau kursus yang berafiliasi dengan perguruan tinggi atau universitas, platform pembelajaran ini mungkin cocok untuk kamu. Karena meskipun aplikasi ini mengeluarkan sebuah sertifikat bagi penggunanya yang telah sesuai ketentuan, tetapi ini tidak terakreditasi atau selaras dengan universitas. Namun, bukan berarti bahwa seluruh pembelajaran dan pengetahuan yang kamu peroleh melalui Udemy tidak dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan para penggunanya, karena semuanya sangat bermanfaat.

KineMaster: Video Editor

Salah satu aplikasi android terlaris 2021 (sumber: DCC)

KineMaster merupakan sebuah aplikasi android terlaris dalam kategori pengeditan video secara gratis yang tersedia dalam iOS maupun Android. Aplikasi ini juga menjadi salah satu platform pembelajaran yang dapat digunakan secara mudah bagi kamu yang baru belajar mengenai video editing.

Kinemaster dapat dengan mudah digunakan sebagai aplikasi gratis tetapi hasil dari video kamu akan diunduh dengan adanya sebuah watermark (tanda). Namun jangan khawatir, khusus untuk pengguna Android, terdapat sebuah penawaran yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan watermark tersebut yang akan secara otomatis tampil pada saat kamu ingin mengunduh hasil video editing mu.

Pada tampilan layar awal, kamu dapat memilih untuk terus mengedit projek yang sudah ada atau memulai yang baru. Saat kamu memilih untuk memulai yang baru, aplikasi ini akan menanyakan apakah kamu ingin membuatnya menjadi video horizontal, vertikal, atau persegi. Tepatkan pilihan mu dengan kebutuhan video yang akan kamu edit karena nantinya kamu tidak akan dapat mengubah format video tersebut jika sudah dalam proses pengeditan.

Zoom: Video Conference

Zoom: kini menjadi media platform pembelajaran daring (sumber: Coco Tekno)

Aplikasi android terlaris pada 2021 selanjutnya ialah Zoom. Zoom adalah layanan konferensi video berbasis cloud yang dapat kamu gunakan untuk bertemu secara virtual dengan orang lain, baik melalui video tatap muka atau hanya sekedar sebuah audio saja, saat melakukan obrolan langsung. Pada awal tahun 2020 kemarin, aplikasi ini memiliki peningkatan penggunanya secara drastis dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua orang untuk berkegiatan di rumah saja.

Jadi dimulai pada saat itu, Zoom merupakan sebuah aplikasi wajib bagi banyak orang yang sedang bekerja, belajar, serta kegiatan lainnya secara daring. Aplikasi ini juga menjadi platform pembelajaran banyak siswa di berbagai negara, dimana hampir seluruh sekolah dan perguruan tinggi memanfaatkan aplikasi ini sebagai medianya.

Zoom memungkinkan para penggunanya untuk melakukan sesi obrolan satu lawan satu yang dapat berkembang menjadi panggilan video grup, baik sebagai sesi pelatihan, webinar untuk audiens internal dan eksternal, serta rapat video global dengan hingga 1.000 peserta dan sebanyak 49 video di layar. Pada dasarnya, aplikasi ini ialah gratis, namun durasi konferensi videonya hanya hingga 40 menit saja dengan batas maksimal 100 peserta. Jadi, jika ingin mengadakan suatu pertemuan yang lebih banyak dan formal, kamu bisa mengambil penawaran Zoom Premium setiap bulannya, dimana kamu bisa mendapatkan akses unlimited untuk setiap fitur yang ada.

Nah itu dia 4 Aplikasi Android Terlaris yang bisa kamu unduh karena memiliki manfaatnya masing-masing. Terlebih lagi dimasa sekarang ini, tentunya aplikasi-aplikasi tersebut pasti kamu butuhkan.

Baca juga: Great! 4 Aplikasi Pembelajaran Online Gratis yang Effective untuk kamu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top