fbpx
Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang
Source: Kompas

Teknologi telah membawa dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan kita. Hal ini juga tentunya dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memudahkan layanan publik yang masih memiliki stigma negatif di masyarakat luas. Mulai dari pengambilan nomor antrian yang panjang, pengisian data yang merepotkan, pemberkasan yang masih konvensional, dan masih banyak lagi kendala yang perlu dibenahi. Maka dari itu, hadirlah aplikasi e-government berbasis mobile yang diharapkan dapat membantu masyarakat dan pegawai layanan publik dalam menyelesaikan urusannya.

Berikut adalah 5 aplikasi e-government berbasis mobile yang dapat memudahkan urusan pelayanan publik menurut Bootsol. Informasi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 7 Aplikasi Produktivitas Belajar dan Bekerja yang Super Helpful

Rekomendasi Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik

1. BPJS Kesehatan (Mobile JKN)

Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang
Source: BPJS Kesehatan

Sebagai wujud nyata komitmen dan dedikasi pemerintah mengenai jaminan kesehatan warganya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghadirkan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi yang berhasil dirilis pada tahun 2016 ini menjadi platform utama bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat. Hal ini dikarenakan aplikasi ini menghadirkan kemudahan, kecepatan, dan kepastian dibandingkan dengan layanan konvensional.

Terdapat berbagai fitur andalan dari aplikasi ini, diantaranya adalah screening mandiri COVID-19, fasilitas konsultasi kesehatan online dengan dokter, cek jadwal operasi, cek ketersediaan tempat tidur dan ruang Intense Care Unit (ICU) di rumah sakit. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi fitur seperti informasi jumlah iuran untuk peserta mandiri, screening riwayat kesehatan, artikel kesehatan, dll. Hingga kini aplikasi e-government ini masih terus meng-update fitur dan kualitas layanan agar peserta BPJS Kesehatan dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus repot-repot datang ke kantor cabang terdekat.

2. BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTKU)

Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang
Source: BPJS Ketenagakerjaan

Berbeda dengan pendaftaran BPJS Kesehatan online yang biasa dilakukan oleh individu, pendaftaran melalui aplikasi e-government BPJS Ketenagakerjaan yakni BPJSTKU harus dilakukan oleh perusahaan. Meski begitu, aplikasi ini juga berguna bagi Anda yang ingin mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) tanpa harus pergi ke kantor cabang terdekat. Hal ini tentunya sangat bermanfaat ditengah pandemi COVID-19 dimana dianjurkan untuk tidak terlibat kontak fisik di keramaian. Meski begitu, dalam tahap pertama aktivasi Anda harus datang terlebih dahulu ke kantor cabang terdekat. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk kemudahan dalam klaim pencairan JHT di tahap selanjutnya.

3. E-Samsat (Samsat Online Nasional)

Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang
Source: Badan Pendapatan Daerah

Harus bayar pajak kendaraan tapi malas mengatre? Ada kabar baik untuk Anda. Korlantas Polri telah meluncurkan aplikasi e-government berbasis mobile yakni Samsat Online Nasional. Aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Anda telah dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play. Namun sayangnya, untuk saat ini aplikasi Samsat Online Nasional hanya dapat mendukung perangkat Android.

Untuk menggunakannya, Anda perlu melakukan registrasi dengan mengisi data-data seperti Nomor KTP, Nomor NRKB, Nomor Kendaraan, Nomor Ponsel, dan E-Mail aktif. Selain itu, Anda perlu memilih menu pendaftaran. Jika sudah benar dan data kendaraan Anda ditemukan, Anda akan mendapatkan biaya pembayaran dan kode billing yang dapat langsung Anda bayar melalui e-Channel perbankan.

Baca Juga: 5 Hal Important terkait Mobile Learning, Pembelajaran Super Intriguing?

4. Layanan Paspor Online

Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang
Source: Imigrasi Sampit

Salah satu kendala yang dimiliki oleh layanan publik dimana pun adalah jumlah antrian yang panjang sehingga waktu yang diperlukan menjadi lebih lama. Belum lagi rasa letih akibat tenaga yang terbuang akibat menunggu. Hal ini tentunya juga berlaku untuk pembuatan paspor. Maka dari itu, aplikasi e-government Layanan Paspor Online hadir untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat paspor.

Aplikasi layanan paspor online ini baru dirilis pada 14 Mei 2018 oleh Kantor Imigrasi Denpasar, Bali. Sebenarnya, aplikasi ini masih dalam tahap percobaan, layanan yang diberikan pun masih terbatas yakni layanan pengambilan nomor antrian untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi daerah setempat. Meski begitu, aplikasi ini tentunya dapat membantu Anda untuk meminimalisir waktu, tenaga, dan uang. Saat ini, aplikasi ini telah dapat diunduh di PlayStore dan App Store serta dapat digunakan oleh masyarakat seluruh Indonesia.

5. Lapor!

Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang
Source: Kementrian Sosial

Setelah aplikasi administrasi publik, aplikasi e-governement kali ini sekaligus menjadi aplikasi yang terakhir adalah aplikasi e-complaint bernama Lapor! Aplikasi ini adalah layanan aspirasi dan pengaduan online masyarakat berbasis mobile yang sudah dapat diunduh di PlayStore dan App Store. Dalam aplikasi ini, tersedia tiga macam laporan yakni pengaduan, aspirasi, dan permintaan informasi. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan pengaduan mengenai segala jenis layanan publik di seluruh tingkat pemerintahan. Selain itu, Anda juga dapat membuat laporan secara anonim. Data yang masuk akan bersifat rahasia, sehingga informasi pengadu tidak dapat dilihat oleh publik.

Nah itu lah 5 aplikasi e-government berbasis mobile yang dapat Anda gunakan untuk urusan pelayanan publik. Sebelumnnya, Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa aplikasi yang akan Anda unduh adalah benar dan resmi. Hal ini dilakukan agar data-data yang di-input ke dalam aplikasi tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana menurut Anda? Silahkan tulis tanggapan Anda di kolom komentar!

Baca Juga: Trend Aplikasi Clubhouse: Apakah akan Menjadi The Next Hot Social Media di 2021?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top