fbpx

Pada saat pandemi seperti saat ini, semua jenis kegiatan memang dianjurkan untuk dilakukan di rumah untuk mencegah penularan yang dapat berujung pada naiknya kasus Covid-19 secara masif. Aplikasi meeting online berbasis VC atau Video Call adalah metode yang paling banyak dilakukan pada saat ini guna tetap bertatap muka walaupun tidak berada di tempat yang sama.

Beberapa perusahaan menerapkan cara ini melalui berbagai macam aplikasi meeting online. Cara ini dirasa sangat aman karena tidak adanya kontak fisik secara langsung namun tetap dapat maksimal bekerja melalui daring.  Video Conference atau biasa disebut Vidcon memiliki beberapa keunggulan, seperti bekerja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kemudahan untuk melakukan meeting meskipun melalui aplikasi dan juga fleksibilitas dalam mengakses aplikasi meeting online yang digunakan.

Bootsol kali ini akan menjelaskan lebih lanjut alasan untuk menggunakan cara ini dan rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan

Fleksibilitas dalam Bekerja

Budaya Work From Home atau bekerja di rumah semakin populer dan marak digunakan setelah terjadi wabah seperti saat ini. Banyak diantara kita yang merasa bosan dengan keseharian yang dihabiskan dengan bekerja dalam suasana yang monoton, sehingga work from home dapat menjadi jawabannya.

Suasana rumah yang lebih santai nampaknya dapat mempengaruhi hasil kerja, anda dapat lebih santai dalam bekerja. Misalnya, pemilihan tempat atau posisi yang diinginkan pada saat bekerja tanpa merasa sungkan dan juga tentunya dapat mencegah penularan virus yang dapat membahayakan anggota keluarga lainnya.

Untuk masalah waktu bekerja, tentunya tergantung pada kebijakan perusahaan dimana tempat anda bekerja. Namun, fleksibilitas untuk mengatur waktu untuk digunakan bekerja dan bersantai bersama anggota keluarga lainnya dapat ditentukan dengan baik. Pasalnya, anda dapat melakukan pekerjaan di saat anda benar-benar luang atau setelah melakukan family time bersama anggota keluarga lainnya.

Lebih fokus dalam mencapai tujuan dalam bekerja

Tanpa disadari, banyak diantara karyawan yang mengeluhkan suasana kerja yang terlalu under pressure dan mempengaruhi kinerja seseorang. Suasana rumah yang nyaman dan tenang serta minim gangguan dapat menyiasati dan mempengaruhi mood seseorang supaya lebih fokus dalam bekerja.

Melakukan video conference melalui aplikasi meeting online bersama rekan kerja dapat mengobati rasa rindu anda untuk bekerja di tempat yang sama. Cara ini dapat digunakan jika anda merasa perlu untuk berkonsultasi terkait project kerja, annual meeting maupun hal lainnya yang memerlukan kontak langsung dengan rekan kerja lainnya.

Nah, Bootsol kali ini akan memberi beberapa aplikasi meeting online rekomendasi yang dapat digunakan untuk melakukan online meeting bersama rekan kerja lainnya.

1. Gunakan Zoom Cloud Meeting yang cukup populer digunakan

aplikasi meeting online
Sumber: Zoom

Zoom merupakan aplikasi yang dibuat pada tahun 2011 dan memiliki kantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Anda dapat menikmati versi mobile maupun desktop untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi satu ini cukup banyak digunakan saat ini. Fitur sharing screen yang dapat digunakan untuk melakukan presentasi pada saat meeting atau konsultasi. Fitur tersebut sangat berguna untuk menunjang aktivitas kerja anda, karena kemudahan dalam menggunakan serta fitur yang dapat mempermudah anda dalam menjelaskan project pekerjaan.

2. Skype juga tidak kalah menariknya

aplikasi meeting online
Sumber: Skype

Aplikasi meeting online berikutnya dibuat pada tahun 2003 dan masih tetap populer hingga sekarang. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini pada dekstop maupun mobile karena aplikasi ini tersedia untuk versi tersebut.

Skype memang cukup sama jika dibandingkan dengan aplikasi meeting online lainnya, karena memang tujuan aplikasi tersebut adalah sama, yakni untuk berinteraksi dengan orang lain secara daring. Pada awalnya, skype cukup populer karena tarif yang ditawarkan cukup murah, yakni hanya menggunakan mobile data karena dulunya tarif telepon sangat mahal jika menggunakan pulsa untuk melakukan sebuah panggilan.

3. Whatsapp, sebagus apa aplikasi ini?

aplikasi meeting online
Sumber: Whatsapp

Aplikasi berikutnya adalah whatsapp, yakni aplikasi cukup digemari sebagai platform komunikasi untuk keluarga, teman, maupun rekan kantor. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2009 ini dapat digunakan pada berbagai macam produk smartphone dan menggunakan OS apapun.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai opsi lain. Sayangnya, whatsapp hanya dapat melakukan panggilan dengan 4 orang saja. Mungkin aplikasi ini dapat digunakan untuk grup atau kelompok kecil yang tidak melibatkan orang banyak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top