fbpx
Ilustrasi aplikasi membuat animasi
Ilustrasi aplikasi membuat animasi

Apakah bisa menjadi animator berawal dari handphone? Tentu saja bisa. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi membuat animasi khusus untuk smartphone. Simak pembahasan selengkapnya mengenai aplikasi membuat animasi :

Saat ini animasi bukan hanya disukai oleh anak-anak, bahkan orang dewa tak jarang ikut menyukai. Di Indonesia sendiri, seiring dengan maraknya penggunaan media sosial, semakin banyak orang-orang yang menjadi konten kreator animasi atau animator. Kita bisa dengan mudah melihat kreasi animasi karya anak bangsa di banyak media sosial, mulai dari instagram, YouTube, hingga media sosial yang sedang booming yaitu Tiktok.

Menjadi animator memang diyakini sebagai salah satu profesi yang sangat keren. Dalam pekerjaannya, seorang animator membutuhkan ide cemerlang, bukan hanya kreatif tetapi dituntut harus inovatif agar karyanya memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu, dari banyaknya animator yang ada, ciri khas karya akan menjadi faktor penting agar lebih dikenal orang-orang.

Animasi di Indonesia

Mengutip dari Wikipedia, Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli lokal atau dengan kalimat lain, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Data Ainaki (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mencatat nama-nama studio animasi Indonesia, di antaranya adalah: Kartenz Studios, Frozzty Entertainment,Dreamlight Animation, Tunas Pakar Integraha, Castle Production,DreamTOoN, Jogjakartun, Mrico, Animad Studio, Jelly Fish, Bulakartun, Griya Studio, Studio Kasatmata, ADBstudio, Hicca Animation Studios, Bintang Jenaka Cartoon Film, Infinite Frameworks Studios Batam, Animotion Academy, dan Sianima Animation.

Dulu menjadi animator memerlukan alat-alat yang beranekaragam, alat gambar, pallet warna, dan sebagainya. Bergeser ke era digital, animator mulai menggunakan alat-alat canggih yang lebih efisien untuk digunakan, contohnya drawing board. Seperti yang kita ketahui, alat semacam itu cukup menguras kantong. Hal tersebut membuat banyak pihak mulai berinovasi menyediakan aplikasi membuat animasi yang bisa diakses melalui Smartphone. Dimana aplikasi tersebut sangat membantu bagi orang-orang yang mulai belajar membuat animasi alias animator pemula.

Baca Juga : Very Important : 3 Fungsi Google Analytics Beneficial Bagi Situs Anda

Rekomendasi aplikasi membuat animasi

Tak bisa dipungkiri, teknologi yang semakin canggih membuat belajar animasi bisa dilakukan dengan lebih flexible. Belajar membuat animasi bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun selama kondisi dan situasi kondusif untuk menyalurkan ide, dan tentunya harus ada perangkat yang mendukung. Kini, mulai bermunculan aplikasi membuat animasi, mulai dari animasi 2D sampai animasi 3D.

Tak perlu lagi khawatir akan sulit mengerjakan sebuah animasi. Teknologi yang berkembang semakin mendukung untuk membuat animasi simple dengan mudah. Tak lagi repot-repot harus menggunakan perangkat komputer, cukup dengan smartphone maka anda sudah bisa berkreasi membuat animasi sesuka hati melalui aplikasi membuat animasi.

Adapun berikut aplikasi membuat animasi yang bisa diakses oleh smartphone yang cocok bagi pemula, yaitu sebagai berikut :

1. PicsArt

Logo PicsArt Animator : GIF and Video (Sumber : uptodown.com)
Logo PicsArt Animator : GIF and Video (Sumber : uptodown.com)

Aplikasi membuat animasi yang pertama yaitu PicsArt. Aplikasi yang satu ini memang sudah terkenal sebagai andalan untuk mengedit foto. Siapa sangka ternyata PicsArt bisa digunakan juga sebagai aplikasi membuat animasi. PicsArt menciptakan aplikasi khusus untuk membuat animasi bernama PicsArt Animator : GIF and Video.

PiscArt Animator diklaim sebagai jajaran aplikasi membuat animasi terbaik di Google Play. Aplikasi yang satu ini dibuat sedemikian rupa menjadi aplikasi pembuat animasi dan kartun yang sederhana namun tetap memiliki fitur-fitur yang beragam. Pengguna bisa dengan mudah mencorat-coret dan berkreasi membuat sebuah animasi, tentunya dengan langkah-langkah yang sangat sederhana.

PicsArt Animator juga disebut-sebut sebagai aplikasi pembuat animasi yang sangat cocok para animator pemula. Beragam fitur unggulan tersedia bagi anda yang ingin mencoba dan explore dalam membuat animasi semenarik mungkin. Adapun fitur yang dimaksud ialah fitur menggambar animasi frame by frame dan foto, alat sketsa gambar dan perekam suara untuk animasi, hingga ribuan stiker untuk mempercantik desain animasi custom Anda.

Hebatnya lagi Anda juga bisa mengendalikan sesuka hati kecepatan gerak dari animasi yang sedang dibuat. Dengan begitu, hasil akhir karya animasi anda dapat disimpan dalam bentuk video atau GIF. Jika mau, anda bisa langsung membagikan karya memukau ke berbagai media sosial. Tak perlu khawatir fitur dan fasilitas yang tersedia di aplikasi PicsArt Animator dapat digunakan secara gratis.

Baca Juga : Perhatikan 6 Kriteria Website yang Baik Ini agar Website Anda User Friendly

2. Animate me

Logo Animate Me (Sumber : apk4now.com)
Logo Animate Me (Sumber : apk4now.com)

Rekomendasi aplikasi membuat animasi selanjutnya yaitu Animate Me. Aplikasi yang satu ini diketahui sebagai karya dari App Monkeys Software. Aplikasi tersebut dapat mengajarkan para penggunanya cara-cara dasar untuk membuat sebuah animasi 3D. Tak perlu khawatir akan rumit, sistem belajar yang diberikan dibuat semenyenangkan mungkin agar anda bisa belajar dengan sensasi bermain.

Animate Me memungkinkan anda untuk belajar cara menggerakkan sebuah animasi. Hebatnya anda akan dipersilahkan menggunakan panel pengarah navigasi yang disediakan. Panel tersebut berfungsi memuat bermacam-macam bentuk dan arah gerakan animasi. Dimana komponen-komponen tersebut sering digunakan dalam pembuatan animasi 3D, mulai dari berjalan, menari, melompat, hingga berbicara layaknya karakter hidup menggunakan fitur audio. 

Anda dapat membuat animasi dengan mudah menggunakan aplikasi Animate Me. Animasi yang anda buat bisa dikreasikan semenarik mungkin sesuai kreativitas. Aplikasi ini juga membuat anda mampu membuat animasi 3D yang memukau dengan sensasi objek asli yang dapat bergerak.

3. FlipaClip

Logo FlipaClip (Sumber : uptodown.com)
Logo FlipaClip (Sumber : uptodown.com)

Aplikasi membuat animasi berikutnya yaitu FlipaClip. Sebagai pemula, anda sangat direkomendasikan untuk mencoba menggunakan aplikasi pembuat animasi FlipaClip – Cartoon Animation. Aplikasi tersebut diketahui rilisan Visual Blaster LLC. Menariknya FlipaClip menjadi aplikasi terpercaya yang sudah banyak diunduh oleh pengguna android di seluruh dunia. Tak heran rating FlipaClip pun tergolong baik.

Fitur yang tersedia di aplikasi FlipaClip tergolong lengkap. Aplikasi tersebut memiliki perlengkapan desain yang lengkap namun tetap mudah digunakan, mulai dari  eraser, brush, fill, lasso, input text, hingga ruler. Anda bisa mencoba mendesain animasi secara frame by frame, menambahkan audio, hingga mengombinasikan animasi ke gambar foto atau video lain. Tak heran aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk para pemula.

Mungkin bagi anda yang masih asing dengan FlipaClip akan merasa bingung dengan fitur-fiturnya. Tak perlu khawatir, pencipta aplikasi ini sudah mengantisipasi hal tersebut. Aplikasi ini juga menyediakan video tutorial penggunaan, sehingga sangat membantu bagi pengguna baru. Hasil akhir karya animasi buatan anda dapat disimpan dalam bentuk video GIF atau MP4. Menariknya lagi anda daoat menggunakan semua fitur dengan bebas dan gratis.

4. Toontastic 3D

Logo Toontastic 3D (Sumber : toontastic.withgoogle.com)
Logo Toontastic 3D (Sumber : toontastic.withgoogle.com)

Tak kalah menarik dari sebelumnya, aplikasi membuat animasi berikutnya yaitu Toontastic 3D. Aplikasi yang satu ini merupakan rilisan Google LLC. Toontastic 3D dapat digunakan untuk membuat video animasi hanya dengan smartphone. 

Toontastic 3D menyediakan fitur yang lengkap dan menarik. Anda bisa membuat animasi mulai dari desain background, objek utama, hingga ornamen tambahan. Anda juga bisa menggunakan fitur dubbing yang bisa disesuaikan sesuka hati, sehingga animasi ciptaan anda daoat berbicara layaknya karakter nyata.

Toontastic bisa dibilang sebagai aplikasi membuat animasi yang cukup unik. Aplikasi yang satu ini memungkinkan anda bisa membuat wajah alias custom karakter animasi sesuai dengan foto-foto koleksi di galeri smartphone. Tak heran jika Toontastic 3D menjadi aplikasi yang sudah banyak diunduh

5. StickDraw: Animation Maker

Logo StickDraw: Animation Maker
Logo StickDraw: Animation Maker

Rekomendasi aplikasi membuat animasi yang terakhir ialah StickDraw: Animation Maker. Aplikasi ini tak kalah hebat dengan empat aplikasi sebelumnya. StickDraw: Animation Maker sangat cocok untuk animator pemula. Hebatnya aplikasi ini memungkinkan anda menciptakan animasi tipe stop motion, tak ketinggalan dilengkapi beragam tools yang dapat menciptakan efek gerak seperti efek bebas, lingkaran, garis dan persegi. Hasil akhir dari kreasi animasi anda dapat disimpan dalam bentuk video GIF atau MP4.

Penggunakan aplikasi StickDraw untuk menggambar animasi tergolong cukup mudah. Bisa dibilang aplikasi tersebut mirip dengan aplikasi paint, sehingga penggunaan tak akan membingungkan. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk anda yang gemar menggambar bebas.

Itulah lima rekomandasi aplikasi membuat animasi yang bisa anda coba sebagai pemula. Ciptakan animasi sederhana yang kreatif dan inovatif, namun tetap mudah dibuat.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top