fbpx
Ilustrasi mengelola keuangan pribadi
Ilustrasi mengelola keuangan pribadi

Masalah terkait keuangan menjadi hal yang sangat sensitif. Tak heran ada pepatah mengatakan “besar pasak daripada tiang”. Pepatah tersebut membahas mengenai keuangan, dimana menunjukkan keadaan ketika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Keadaan seperti itu menandakan ketidakstabilan seseorang dalam mengelola sistem keuangan pribadi. Padahal perlu disadari kesejahteraan dimulai dari kemandirian dan kepandaian seseorang dalam mengelola keuangan pribadi.

Kewajiban mengelola keuangan dengan baik tidak hanya untuk perempuan, tetapi juga untuk laki-laki. Faktanya emang mayoritas rumah tangga, pihak yang memiliki kendali penuh mengelola keuangan ialah sang istri. Tak jarang juga, sang suami yang mengambil alih peran tersebut. Bisa juga memang para lajang, baik perempuan maupun laki-laki, tetapi tetap harus pandai dalam hal mengelola keuangan pribadi. Paling tidak, bisa mencatat dengan baik setiap pengeluaran rutin, sehingga bisa mengendalikannya.

Sebenarnya banyak pihak yang mandiri secara finansial, tetapi tak jarang diantara mereka kurang pandai dalam mengelola keuangan pribadi. Tidak disiplin dalam menentukan anggaran tertentu pada akhirnya akan menjerumuskan ke dalam lubang hutang. Gaji besar tak akan menjadi kemandirian secara finansial jika tidak dibarengi dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Bahkan jika seseorang memiliki penghasilan yang pas-pasan, ketika pengelolaan keuangannya dilakukan dengan tepat maka kemandirian finansial bisa tercapai.

Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi

Kemampuan seseorang dalam mengelola keuangannya bisa menjadi cerminan kesejahteraan hidup di masa yang akan datang. Faktanya pengelolaan keuangan yang baik tidak harus selalu dimulai dengan penghasilan yang besar. Besar atau kecilnya gaji harus tetap dikelola dengan baik agar sesuai dengan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Mengelola keuangan pribadi bukanlah hal yang paling sulit di dunia ini, tetapi bukan berarti bisa diremehkan. Bisa dianggap mudah jika anda termasuk pribadi yang memiliki niat besar dan konsisten, sebaliknya akan terasa sangat sulit ketika anda menjadi pribadi yang mudah goyah. Anda harus bisa pintar-pintar menentukan prioritas kebutuhan mana yang seharusnya didahulukan dan mana yang bisa ditunda.

Ketika seseorang sudah dikatakan mampu mengelola keuangannya dengan baik, sudah pasti hidupnya akan sejahtera. Tercapai kemandirian dalam finansial, sehingga bisa terhindar dari lubang-lubang hutang yang menjerumuskan.

Baca Juga : 6 Tips Foto Instagram Very Important : Buat foto lebih Magnificent!

Aplikasi Mengelola Keuangan Pribadi

Zaman sudah semakin canggih, teknologi sudah semakin maju. Jika dulu mengatur keuangan dilakukan dengan manual. Mencatat keuangan perlu alat tulis seperti buku dan pulpen. Belum lagi jika salah satu dari alat tersebut hilang. Tentunya akan menghambat proses pengelolaan keuangan. Ujung-ujungnya catatan keuangan anda anda tercecer bahkan bisa kacau. Hadirnya teknologi dapat mengatasi hal semacam itu. Di zaman yang serba digital ini, banyak aktivitas yang bisa didukung dengan digital, termasuk mencatat keuangan pribadi. Hadir aplikasi-aplikasi yang mampu membantu anda dalam mengatur keuangan pribadi. Berikut aplikasi-aplikasi yang bisa membantu anda dalam mencatat setiap pengeluaran, bahkan membantu merencanakan keuangan :

1. AndroMoney (Expense Track)
Andromoney

Logo Aplikasi AndroMoney
Logo Aplikasi AndroMoney (Sumber : Google Play )

Aplikasi pertama yang akan membantu anda mengelola keuangan pribadi ialah AndroMoney. Aplikasi yang satu ini memungkinkan anda untuk melacak sumber pemasukan dan pengeluaran anda. Hebatnya hal-hal tersebut dapat ditunjukkan dengan tampilan yang sederhana namun tetap rinci, sehingga tidak akan membuat penggunanya bingung. Aplikasi ini juga mempunyai fitur yang dapat menampilkan anggaran secara rinci dalam bentuk grafik. Dengan begitu anda akan lebih paham dengan tingkat pengeluaran anda selama ini. Selain itu data keuangan ada memiliki kapasitas penyimpanan via Dropbox dan Google Docs.

Segala fitur yang dimiliki AndroMoney akan membantu Anda dalam mengelola keuangan, termasuk dalam hal membagi-bagi kebutuhan dengan keinginan yang ditargetkan. Misalnya anda bisa dengan mudah menentukan anggaran untuk refreshing seperti jalan-jalan dan nonton film, makan, keperluan gadget. Bisa juga untuk kebutuhan seperti keperluan rumah tangga, baik furniture maupun keperluan belanja pakaian. Aplikasi AndroMoney tersedia secara gratis di Play Store, sehingga anda bisa dengan mudah mendownload.

Baca Juga :
Top 5 Aplikasi Screening Saham untuk Investor Pemula

2. Buku Warung

Logo Aplikasi BukuWarung
Logo Aplikasi BukuWarung (Sumber : Google Play )

Aplikasi selanjutnya untuk mengelola keuangan pribadi yaitu BukuWarung. Aplikasi tersebut menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mengelola keuangan baik untuk kepentingan bisnis maupun personal. BukuWarung memungkinkan anda mencatat keuangan dengan mudah, aman, dan gratis, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat menjadi solusi mengelola keuangan. Hebatnya lagi aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang dapat memantau arus keuangan anda.

Salah satu fitur yang menjadi andalan BukuWarung ialah catat hutang, dimana anda bisa dengan mudah mengetahui berapa sisa hutang dan siapa saja yang memiliki hutang. Tak heran, sesuai dengan namanya, aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang memiliki usaha, terutama warung. Cara mengetahui seputar hutang sangat mudah, cukup ketik nama seseorang, kemudian akan muncul riwayat hutangnya secara rinci. Bukan hanya dimudahkan dengan informasi hutang yang rinci, aplikasi BukuWarung juga akan mengirimkan SMS otomatis sebagai pengingat hutang. SMS tersebut dikirim melalui aplikasi resmi sehingga tak perlu khawatir biaya pengiriman pesan.

Kehebatan aplikasi BukuWarung tak sampai disitu. Aplikasi tersebut juga memungkinkan penggunanya mengetahui untung dan rugi. Jadi setiap pengeluaran dan pemasukan dapat diatur dengan baik. Tak perlu khawatir terhadap keamanan data, semuanya aman tersimpan secara online.

3. MoneyLover

Logo Aplikasi MoneyLover
Logo Aplikasi MoneyLover (Sumber : Google Play )

Aplikasi pengelolaan keuangan yang tak kalah hebat dari sebelumnya yaitu MoneyLover. Salah satu solusi mudah mengelola keuangan pribadi dengan praktis yaitu dengan menginstal aplikasi yang satu ini. Adapun Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain seperti budget, savings, dan events. Berbagai fitur tersebut dapat membantu anda dalam mengatur pengeluaran untuk beragam jenis kebutuhan, mulai dari kebutuhan pokok, tranportasi hingga hingga rekreasi.

MoneyLover hadir sebagai solusi anda dalam mengontrol segala jenis pengeluaran Anda secara praktis. Tak perlu lagi repot-repot menulis satu persatu sumber pengeluaran, cukup instal aplikasi yang satu ini, maka keuangan anda bisa dikelola dengan baik dan praktis secara digital. Pantau pemasukan maupun pengeluaran anda melalui MoneyLover.

4. Cash Droid

Logo Aplikasi Cash Droid
Logo Aplikasi Cash Droid (Sumber : Google Play )

Aplikasi pengelola keuangan selanjutnya bernama Cash Droid. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, anda dengan mudah melihat grafik keuangan pribadi selama ini. Cash  Droid diklaim sebagai jajaran terbaik aplikasi untuk mengelola keuangan pribadi. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini dapat menampilkan analisis keuangan anda dan disimpan kedalam file dengan format CSV (format file Cash Droid Pro).

Bisa dibilang hampir sama dengan aplikasi AndroMoney, Cash Droid juga bukan hanya dapat mencatat pengeluaran tetapi juga sumber pemasukan anda. Misalnya pemasukan anda dari gaji pokok, kemudian pengeluaran rutin membayar tagihan listrik per bulan. Aplikasi tersebut bisa didownload dengan mudah dan gratis melalui PlayStore.

5. Monefy

Logo Aplikasi Monefy
Logo aplikasi Monefy (Sumber : Google Play )

Aplikasi pengelola keuangan yang terakhir direkomendasikan ialah Monefy. Pembeda utama dari aplikasi-aplikasi sebelumnya ialah sis tampilan yang sangat menarik, bisa dibilang eye-catching. Memberikan k dan sederhana namun tetap menarik perhatian penggunanya. Tentu saja sederhana tetap jadi yang utama sebagai aplikasi pengelolaan keuangan, sehingga tidak akan menimbulkan kebingungan. Mengatur keuangan perlu ketelitian extra, jika aplikasi yang tersedia memiliki tampilan yang rumit, malah akan membuat pengguna kesusahan atau bahkan mengacaukan catatan.

Monefy menyediakan beberapa kategori yang bisa digunakan secara bebas. Sederhana, menarik, dan efektif, menjadi daya tarik tersendiri bagi aplikasi tersebut. Pastikan anda memahami setiap kategori yang tersedia, sehingga bisa memilih dengan tepat sesuai jumlah pemasukan. Dengan begitu aplikasi ini dapat membantu anda dalam mengatur pengeluaran sehari-hari.

Itulah lima aplikasi untuk mengelola keuangan pribadi yang recommended. Pastikan anda dapat mengelola keuangan dengan baik, sehingga mencapai kemandirian secara finansial. Tak lupa untuk menyesuaikan dengan teknologi masa kini, yaitu menggunakan aplikasi mencatat atau mengelola keuangan.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top