fbpx

Semakin maraknya penggunaan aplikasi streaming musik atau aplikasi musik online yang digunakan untuk menemani keseharian setiap orang, semua developer saling berlomba untuk membuat sebuah aplikasi musik gratis ataupun aplikasi musik terlengkap. Berbagai macam ketersediaan lagu, fitur, maupun interface yang semakin membuat pengguna aplikasi musik online semakin bingung, meskipun semua aplikasi yang disediakan serupa.

Setiap musik terbaru yang berasal dari mancanegara maupun lokal selalu menghiasi tampilan awal setiap aplikasi, entah karena lagu tersebut sedang trending atau baru saja rilis. Terlepas dari fitur dan tampilan yang ditawarkan, idealnya sebagai penikmat musik selalu mencari kualitas bitrate, ketersediaan mode offline, dan hal-hal lainnya yang dinilai menguntungkan bagi pengguna. Menurut anda, apa hal yang menarik dalam sebuah aplikasi musik online?.

Bootsol kali ini akan memberikan 4 rekomendasi aplikasi musik online yang sering digunakan,

1. JOOX: Aplikasi musik untuk karaoke sendirian atau bersama-sama

aplikasi musik online
Source: Joox

Aplikasi Joox merupakan layanan streaming musik yang cukup populer dan banyak digunakan oleh pengguna aplikasi musik online. Aplikasi ini menawarkan layanan streaming musik, stasiun radio, dan juga podcast baik lokal maupun mancanegara. Joox juga menawarkan untuk penggunaan secara gratis maupun premium atau VIP dalam mengakses konten yang dimiliknya.

Joox memberikan fitur download untuk mengakses file yang dipilih secara offline atau tanpa kuota. Fitur ini tentunya sangat efektif, mengingat beberapa pengguna kerap mengeluhkan penggunaan data yang cukup besar dalam mengakses aplikasi streaming musik. Aplikasi musik ini juga memberikan fitur yang tak kalah menariknya, yakni lirik lagu yang dapat membantu penggunanya untuk bernyanyi tanpa harus membuka browser untuk sekedar mencari lirik lagu.

Dalam penggunaannya, anda juga dapat mengatur kualitas audio yang telah disediakan untuk memenuhi kebutuhan anda. Tentunya, kualitas audio yang berbeda akan berpengaruh pada penggunaan data yang harus digunakan. Anda juga dapat membuat playlist pribadi untuk menyimpan lagu-lagu kesukaan atau yang sering anda putar.

2. Spotify, aplikasi musik online paket lengkap?

aplikasi musik online
Source: Spotify

Aplikasi streaming musik online satu ini mungkin terbilang cukup lengkap dalam masalah konten. Sama halnya dengan JOOX, Spotify juga menjadi aplikasi yang cukup banyak digemari oleh pengguna aplikasi streaming musik secara online. Anda dapat menikmati beberapa konten yang disediakan oleh spotify, seperti; lagu-lagu kekinian dari berbagai macam genre, podcast, dan fitur lainnya seperti kemudahan untuk menyambungkan akun spotify anda ke perangkat lain.

Anda juga dapat menikmati akses tidak terbatas pada semua konten di spotify dengan menggunakan akun premium. Beberapa fitur yang dapat anda gunakan antara lain; mendengarkan lagu sesuai keinginan anda tanpa harus mendengarkan iklan, jeda, ataupun acak, serta anda juga dapat mengunduh lagu yang disukai. Namun apabila anda tetap ingin menggunakan spotify dengan akun gratis, anda masih tetap dapat menikmati konten yang tersedia namun pastinya harus bersabar dengan iklan dan fitur yang tidak sebanyak akun premium.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik yang Wajib Diinstal

3. Youtube musik: Aplikasi musik online yang sedang ngehits

Aplikasi musik online terbaru ini nampaknya sedang ngehits dan banyak sekali digunakan. Tampilan yang memang mirip dengan platform youtube menjadi daya tarik tersendiri, karena banyak orang yang terbiasa dengan platform youtube. Sama hanya dengan kedua aplikasi di atas, Youtube Music memberikan pengalaman bermusik dengan nyaman melalui fitur dan konten yang disediakan.

Youtube Music memberikan kemudahan untuk anda yang sedang mencari lagu terkini namun anda sama sekali tidak tahu judul dari lagu tersebut melalui fitur yang ditujukan untuk mencari lagu melalui penggalan lirik dari lagu yang anda cari. Anda juga dapat menggunakan fitur hotlist untuk menikmati lagu-lagu yang trending atau banyak didengarkan. Untuk mengatasi iklan yang mengganggu, anda dapat mengupgrade layanan akun anda ke premium. Selain itu, anda juga dapat memutar lagu tanpa harus membuka aplikasi ini secara terus menerus.

4. Soundcloud: Aplikasi musik online yang jarang diminati?

Source: Soundcloud

Memang dapat diakui, ketenaran aplikasi musik online satu ini tidak sementereng pada saat aplikasi streaming musik ini pertama kali dirilis. Beberapa tahun yang lalu soundcloud masih menjadi platform yang banyak diminati karena fitur yang tidak tersedia pada ketiga aplikasi di atas. Anda dapat mengatur sendiri channel musik yang anda buat seperti layaknya produser musik profesional. Mulai dari membuat aransemen musik, memilih cover image, dan juga menentukan audience yang anda pilih.

Sayangnya era kejayaan aplikasi ini tidak lagi terjadi pada tahun ini meskipun kemudian soundcloud menghadirkan layanan streaming musik ke dalam bentuk aplikasi untuk smartphone. Namun aplikasi ini masih sangat layak digunakan untuk anda yang ingin memulai karir bermusik ataupun sekadar iseng membuat cover atau original tracks.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top