fbpx

Aplikasi sudah menjadi sesuatu yang erat dalam kehidupan manusia modern. Terlebih lagi di saat segalanya sudah terhubung dengan internet dan perangkat digital. Aplikasi produktivitas yang dibuat untuk membantu pekerjaan dan belajar telah menjadi bentuk kontribusi teknologi yang bermanfaat. Hanya dengan smartphone Anda, Anda sudah dapat mengetik teks, merencanakan tugas-tugas, hingga menentukan jadwal belajar/bekerja dengan mudah.

7 Aplikasi Android Super Helpful: Bantu Produktivitas Belajar & Bekerja
Aplikasi pembantu produktivitas belajar dan bekerja

Kali ini Bootsol akan merangkum 7 aplikasi produktivitas yang dapat membantu pekerjaan dan belajar Anda. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Musik Terbaik untuk Smartphone

Inilah 7 Aplikasi Produktivitas untuk Anda

1. Microsoft Apps

Untuk urusan pekerjaan dan tugas, serangkaian produk dari Microsoft Inc. sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mulai dari Ms. Word, Ms. Excel, hingga Ms. Power Point, Microsoft telah memberikan kemudahan dan membuat pengalaman mengerjakan tugas menjadi lebih efektif. Kesuksesan ini lah yang mendorong Microsoft untuk menghadirkan serangkaian produk mereka ke dalam bentuk aplikasi smartphone agar dapat menjangkau pengguna yang lebih luas. Tentunya hal ini dapat memudahkan kita untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan hanya dari genggaman smartphone kita, dan tidak perlu lagi repot-repot membawa Laptop hanya untuk mengetik atau mengedit dokumen. Aplikasi Microsoft sudah dapat terhubung dengan akun Google Anda seperti E-mail dan Google Drive sehingga dapat memudahkan transfer dan mengedit data.

2. Cam Scanner

7 Aplikasi Android Super Helpful: Bantu Produktivitas Belajar & Bekerja
Source: Geek Blog

Aplikasi asal Tiongkok yang pertama kali dirilis pada tahun 2011 ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali di Playstore. Cam Scanner ini dapat memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen fisik menjadi bentuk digital (PNG, JPEG, dan PDF) hanya melalui kamera smartphone Anda. Dokumen-dokumen Anda yang masih disimpan secara fisik kini dapat Anda simpan secara digital melalui aplikasi ini. Anda juga dapat menguhubungkan Cam Scanner dengan akun Google Anda.

3. Evernote

Evernote adalah aplikasi pencatat terbaik saat ini dengan 100 juta unduhan di Playstore. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat, mengatur, dan mengarsipkan catatan yang telah dibuat. Format catatan yang dapat dimuat oleh Evernote cukup beragam, mulai dari teks yang berasal dari website internet, teks buatan sendiri, dan juga tulisan tangan. Anda juga dapat mengambil gambar, video, atau audio lalu mengubahnya menjadi teks. Catatan yang sudah ada dapat dibagikan kepada sesama pengguna Evernote. Canggih bukan?

4. Any.Do

7 Aplikasi Produktivitas Belajar dan Bekerja yang Super Helpful
Ilustrasi aplikasi produktivitas

Berdasarkan fitur unggulannya, Any.Do adalah aplikasi pencatat serupa dengan Evernote. Namun terdapat fitur andalan lain yang ditawarkan oleh Any.Do termasuk pencatatan to-do list, pencatatan jadwal tugas dan kegiatan, serta kalender & pengingat kegiatan/tugas. Perbedaan lain yang ditawarkan oleh Any.do adalah desainnya yang simpel, namun tidak mengurangi manfaat dari fitur-fiturnya. Any.Do juga dapat terintegrasi dengan perangkat lain seperti tablet, Laptop, atau PC. Any.do dapat diunduh secara gratis di Playstore, dan telah mencapai 10 juta unduhan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik yang Wajib Diinstal

5. Todoist

Sesuai dengan namanya, fitur unggulan dari Todoist adalah pencatatan to-do list atau daftar tugas. Dalam satu aplikasi produktivitas ini, Anda dapat membuat daftar pekerjaan serta menentukan prioritas dari tugas-tugas tersebut. Todoist dapat digunakan secara offline dan dapat diunduh secara gratis di Playstore. Saat ini, Todoist telah diunduh sebanyak 10 juta kali.

6. Trello

7 Aplikasi Android Super Helpful: Bantu Produktivitas Belajar & Bekerja
Souce: Google Play

Trello adalah aplikasi produktivitas yang dapat memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi dalam mengerjakan tugas secara bersama-sama. Melalui Trello, Anda dapat mengetahui tugas apa yang sedang dikerjakan oleh sesama pengguna yang Anda kenal, sampai mana progresnya, hingga siapa saja yang mengerjakan tugas-tugas tersebut. Di dalam aplikasi Trello, pengguna akan menemukan boards yang memuat daftar proyek-proyek yang sedang dikerjakan, list memuat kategori proyek yang sedang dikerjakan, dan cards yang menampilkan detail dari proyek yang sedang dikerjakan.

Trello dapat diunduh secara gratis di Playstore, namun Anda akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap jika membayar. Hingga saat ini, Trello telah diunduh sebanyak 10 juta kali.

7. Forest

7 Aplikasi Produktivitas Belajar dan Bekerja yang Super Helpful
Source: Forestapp

Bagi Anda yang punya kecenderungan tidak bisa jauh dari smartphone, Forest bisa jadi salah satu solusi untuk Anda. Dari daftar aplikasi produktivitas yang telah diberikan diatas, Forest menjadi aplikasi yang berbeda dimana Forest mengajak penggunanya untuk tidak menggunakan smartphonenya. Hal ini diperuntukan agar Anda dapat rehat sejenak dari penggunaan perangkat digital. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk Anda yang terindikasi kecanduan smartphone.

Untuk penggunaannya, Anda perlu menentukan durasi untuk penanaman pohon terlebih dahulu. Setelah penanaman pohon dimulai, Anda tidak boleh menggunakan smartphone Anda sebelum timer habis, atau tidak pohon yang Anda tanam akan mati. Uniknya, setelah Anda menyelesaikan misi menanam pohon, Anda akan mendapatkan poin yang dapat Anda kumpulkan. Jika poin Anda sudah terkumpul sebanyak 2500 poin, Forest akan menanam pohon asli sebagi reward Anda. Menarik bukan?

Itulah 7 aplikasi produktivitas super helpful yang dapat membantu Anda dalam belajar dan bekerja. Apakah ada aplikasi produktivitas yang menarik perhatian Anda? Silahkan tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Aplikasi Fintech Pinjaman Online yang Trustworthy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top