fbpx
6 Aplikasi Screening Saham Terbaik untuk Investor Pemula
Aplikasi Screening Saham

Bagi Anda yang melek finansial, Anda pasti menyadari bahwa manajemen keuangan yang baik adalah dengan membagi sebagian penghasilan yang didapat untuk berinvestasi. Dari beberapa jenis instrumen investasi, saham adalah jenis instrumen yang paling dilirik saat ini terutama oleh para kaum milenial. Data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa hampir 70% kaum milenial yang berusia dibawah 40 tahun tertarik untuk berinvestasi di bursa saham.

Ketertarikan kaum milenial pada saham dilatar-belakangi berbagai faktor. Salah satunya adalah harga jual saham yang diperjual belikan di BEI relatif murah dan memiliki resiko rendah. Alasan lainnya berasal dari karakteristik kaum milenial itu sendiri yang merupakan pelaku digital. Data dari PT. Solusi Sinergi Utama atau yang lebih dikenal dengan Surge menyatakan bahwa kaum milenial turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian melaui bisnis digital. Hal ini juga dibuktikan dengan munculnya perusahaan startup yang dipelopori oleh generasi muda atau milenial.

Namun banyak orang yang beranggap bahwa bermain saham adalah hal yang sulit. Anda perlu memahami istilah-istilah asing serta membaca grafik yang terlihat memusingkan. Tapi jangan patah semangat dulu karena selalu ada jalan untuk Anda yang selalu berusaha. Sebagai jalan keluarnya, terdapat aplikasi screening saham yang dapat menjadi alat bantu para investor pemula. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melihat data-data saham untuk dipertimbangkan apakah suatu saham layak untuk diperjual-belikan.

Berikut ini, Bootsol akan menghadirkan 5 aplikasi screening saham terbaik dan terpercaya untuk para investor pemula. Berikut adalah informasi selengkapnya.

Baca Juga: Top 5 Aplikasi e-Government untuk Layanan Publik yang Harus Anda Download Sekarang

Rekomendasi Aplikasi Screening Saham

1. RTI Business

Menurut fungsinya, RTI Business adalah aplikasi yang merangkap sebagai aplikasi investor, trader, sekaligus sebagai aplikasi screening saham. Aplikasi RTI Business dapat membantu Anda untuk mengetahui laju pergerakan indeks secara jelas. Aplikasi ini tidak hanya menghadirkan pergerakan indeks saham di Indonesia, tapi juga di berbagai negara di belahan dunia seperti Eropa (Jerman dan Inggris), Asia (Hongkong, Singapura, Jepang, dan Shanghai), dan Amerika Serikat.

Fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi RTI Business adalah informasi pergerakan komoditi logam mulia seperti emas dan platinum. Ditambah, aplikasi ini juga menghadirkan informasi-informasi berupa berita terbaru seputar perusahaan atau emiten, laporan keuangan, serta jadwal pembagian dividen.

2. Data Saham Indonesia

Aplikasi sreening saham yang tak kalah penting dari aplikasi sebelumnya adalah Data Saham Indonesia. Aplikasi yang hanya dapat digunakan oleh perangkat android ini dapat dibilang unggul karena beberapa fiturnya yang tidak ada di aplikasi lain seperti Top Stock dan Bandarmology yang merupakan fitur untuk melihat pergerakan bandar saham. Namun secara kegunaan, aplikasi ini serupa dengan RTI Business yang menyediakan fitur News (Berita), Currency (kurs mata uang), dan Comodity (komoditas logam mulia).

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di PlayStore. Namun jika Anda ingin melihat data yang lebih lengkap, Anda harus membayar untuk informasi yang lebih lengkap dan membuka fitur eksklusif.

3. Investing.com

Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views
Source: Nord News

Investing.com dapat menjadi salah satu aplikasi saham terbaik saat ini. Dalam satu aplikasi, Anda sudah mendapatkan fitur informasi mengenai bursa, pasar saham, berita, serta fitur portfolio. Aplikasi screening saham yang satu ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mengincar saham dari luar Indonesia. Fitur andalan lainnya dari Investing.com adalah Anda dapat melihat harga support dan resist suatu saham sehingga memudahkan Anda dalam mengestimasi harga pembelian atau penjualan saham tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Super Helpful

4. IDX Channel

Jika Anda belum mengunduh aplikasi ini, Anda harus segera melakukannya karena aplikasi ini memberikan informasi saham terlengkap dan ter-update. Informasi yang dihadirkan adalah berita perusahaan atau berita pasar yang sedang hangat diperbincangkan. Berkat ini, aplikasi IDX Channel telah menjadi rujukan para investor dan trader dalam berinvestasi saham. Hal ini dikarenakan berita sekecil apapun dapat mempengaruhi index harga saham. Sudah jadi rahasia umum bahwa berita-berita yang dimuat di aplikasi ini adalah faktor yang menyebabkan naik-turunnya IHSG. Selain aplikasi ini dapat diunduh secara GRATIS, IDX Channel juga menghadirkan berita secara LIVE yang dapat langsung Anda saksikan, lho!

5. Neo HOTS Mobile

Panduan Riset Keyword Youtube 2021: Cara Jitu untuk Menaikkan Views
Source: Kelas Saham

Aplikasi screening saham yang selanjutnya adalah aplikasi yang dirilis oleh PT. Mirae Asset Sekuritas Indonesia. Aplikasi yang dapat di unduh oleh perangkat Android dan iOS ini dapat membantu Anda melakukan semua transaksi jual-beli saham. Selain sebagai alat screening, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai perkembangan saham. Aplikasi ini memiliki kelebihan karena dirilis oleh perusahaan sekuritas sehingga informasi yang diberikan berasal dari data yang terpercaya.

Nah itulah 5 aplikasi screening saham terbaik yang dapat Anda download untuk memudahkan proses investasi dan trading Anda. Bagaimana menurut Anda? Silahkan tulis di kolom kometar ya!

Baca Juga: Penasaran? ini 6 Rekomendasi Aplikasi Fintech Pinjaman Online yang Trustworthy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top