fbpx

Saat ini, cover lagu menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi oleh remaja, yang mana kegiatan tersebut memerlukan aplikasi untuk edit sehingga menghasilkan cover yang bagus. Banyaknya orang yang tertarik untuk melakukan cover lagu membuat informasi-informasi terkait aplikasi apa yang digunakan untuk editing lagu cover agar hasilnya baik menjadi kebutuhan yang cukup sering di cari. Sejatinya, ada beragam aplikasi yang bisa di manfaatkan namun, bagi sebagian orang, beberapa aplikasi tersebut tidak terlalu bagus dan penggunaannya yang cukup ribet.

Keperluan aplikasi untuk edit lagu cover memang memerlukan fitur-fitur yang beragam serta penggunaannya yang mudah di mengerti oleh pengguna. Mengingat, tak banyak orang yang sudah awam dengan bagaimana cara dan proses editing lagu cover sehingga menghasilkan lagu cover yang memuaskan. Namun dengan adanya aplikasi untuk editing lagu cover yang ramah pengguna, akan memberikan pengalaman editing dan produksi lagu cover yang memuaskan. Maka, aplikasi editing tersebut menjadi salah satu elemen penting dalam produksi lagu cover, khususnya bagus tidaknya produk yang di hasilkan.

Kegiatan mengkover lagu memang menjadi salah satu kegiatan atau hal yang sangat banyak dilakukan saat ini. Cover lagu atau daur ulang lagu adalah sebuah rekaman atau penampilan baru dari sebuah lagu yang sudah di komersialkan sebelumnya, serta rekaman tersebut biasanya di buat bukan oleh musisi awalnya. Biasanya, ada banyak lagu yang sedang trend dan digemari saat ini kemudian di cover oleh beberapa orang atau musisi. Entah hanya untuk kebutuhan sendiri, entertain atau hiburan, bahkan beberapa ada yang di manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan seperti melalui platform YouTube.

Melakukan cover pada sebuah lagu yang disukai adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, terlebih apa yang kamu lakukan juga disukai banyak orang. Hal ini akan memberikan stimulus tersendiri untuk lebih giat melakukan cover lagu sehingga bisa menghibur diri sendiri bahkan banyak orang yang menyaksikan hasil dari lagu cover yang kamu buat.

Illustrasi Cover Lagu
Illustrasi Cover Lagu

Namun, perlu di perhatikan beberapa hal yang penting dalam produksi lagu cover. Beberapa waktu yang lalu muncul perdebatan yang banyak di perbincangkan orang-orang terkait cover lagu. Muncul pro dan kontra terkait apakah melakukan cover pada sebuah lagu merupakan tindakan yang melanggar hak cipta atau tidak. Mengingat, hasil dari lagu cover banyak yang dimanfaatkan untuk meraup keuntungan komersial. Hal ini yang kemudian banyak di sesalkan oleh musisi yang merasa dirugikan oleh tindakan cover lagu mereka.

Hal ini biasanya di picu oleh tindakan orang yang melakukan cover pada sebuah lagu dari seorang musisi dan dikomersialkan.  Sayangnya, hasil dari cover pada lagu tersebut lebih banyak di sukai oleh pendengar, sehingga si pelaku cover mendapatkan keuntungan jauh lebih banyak dari musisi penciptanya. Apalagi, kegiatan cover tersebut tidak melalui proses ijin terlebih dahulu kepada musisi pencipta lagu. Sehingga hal ini dianggap tidak menghargai hak ekonomi dan hak moral. Maka oleh karena itu, sebelum melakukan cover lagu, harus di perhatikan beberapa hal teknis khususnya terkait hak cipta sehingga tidak merugikan musisi atau orang-orang di sekitar.

Baca juga: Bingung Cara Menggunakan Earphone? No Worry! Ini 5 Cara Basic Menggunakan Earphone Agar Tetap Awet!

Namun, jika di produksi untuk di diri sendiri dan hanya sebatas hiburan tentu juga bermanfaat bagi diri sendiri. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi musisi atau penyanyi, melakukan cover lagu bisa menjadi cara kamu berlatih untuk mengasah skill kamu sehingga kedepannya matang untuk menjadi seorang musisi atau penyanyi. Namun, melakukan cover pada sebuah lagu juga memerlukan aplikasi untuk editing, sehingga hasilnya bagus dan enak di dengar. Karena jika kamu hanya memanfaatkan perangkat seadanya, tentunya ada beberapa kekurangan sehingga bisa saja mempengaruhi hasil dari lagu cover yang kamu buat.

Sehingga menggunakan beberapa aplikasi yang cocok adalah salah satu cara agar bisa menghasilkan lagu cover yang bagus dan memuaskan. Saat ini ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan di hp android lho! Sebagian orang professional mungkin sudah menggunakan aplikasi yang lebih expert dan tentu perangkat penunjang lainnya. Namun bagi kamu yang ingin mencoba untuk melakukan lagu cover, bisa coba 5 aplikasi untuk edit lagu cover di hp android berikut!

Aplikasi Untuk Edit Cover Lagu

Music Maker JAM

Aplikasi Untuk Edit Cover Lagu
Music Maker JAM (Sumber: play.google.com)

Yang pertama ada aplikasi Music Maker JAM. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang paling cocok buat kamu untuk melakukan dan membuat lagu cover. Bagaimana tidak, di aplikasi ini kamu bisa memanfaatkan banyak fitur-fitur untuk menunjang hasil lagu cover yang kamu buat.

Salah satu fitur yang keren pada aplikasi ini adalah fitur untuk merekam suara yang di yakini memiliki kualitas yang sangat baik karena hasilnya yang sangat jernih. Maka tak heran, aplikasi ini sudah di gunakan oleh hampir 50.000 pengguna dan menyediakan 300 packs untuk nge-mix lagu cover yang kamu buat!

FL Studio Mobile

Aplikasi Untuk Edit Cover Lagu
FL Studio Mobile (Sumber: winpoin.id)

Selanjutnya ada Fl Studio Mobile. Aplikasi ini sejatinya mirip dengan aplikasi Musik Maker JAM, mengingat aplikasi ini juga mampu menghasilkan suara audio yang tak kalah keren. Sehingga ini menjadi salah satu rekomendasi buat kamu yang ingin melakukan cover pada lagu.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan, seperti merekam suara, dengan kualitas yang baik untuk sampler, synthesizer, drum kits & sliced-loop beats. Selain itu kamu juga bisa menyimpan lagu cover yang kamu buat dalam format WAV dan MP3. Menarik bukan?

Audio Evolution Mobile Studio

Aplikasi Untuk Edit Cover Lagu
Audio Evolution Mobile Studio (Sumber; play.google.com)

Audio Evolution Mobile Studio adalah salah satu aplikasi rekomendasi untuk editing lagu cover yang kamu buat. Aplikasi ini akan membuat kamu selayaknya melakukan editing pada studio musik, mengingat ada beragam fitur yang di tawarkan pada aplikasi ini.

Baca juga: Cool 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android!

Aplikasi ini juga memberikan pengalaman pada pengguna dimana suara audio yang dihasilkan jernih dan berkualitas. Hasil karya yang kamu buat juga bisa kamu simpan dalam beragam format seperti AV, MP3, AIFF, FLAC, Ogg/Vorbis.

SunVox

SunVox (Sumber: play.google.com)

Selanjutnya ada aplikasi SunVox. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk melakukan edit lagu cover bagi kamu yang kebingungan mencari aplikasi yang cocok. Namun sayangnya, aplikasi ini akan optimal digunakan jika saat kamu merekam suara menggunakan mic. Mengingat hasilnya akan jauh lebih baik.

Aplikasi ini juga sudah memungkinkan dan mendukung hasil rekaman 16/24/32 bit dengan format WAV, AIFF, dan XI, dan tentu rekaman suara kamu bisa kamu edit dan poles dengan beragam fitur yang di tawarkan pada aplikasi SunVox.

Caustic 3

Caustic 3 (Sumber: play.google.com)

Dan yang terakhir ada aplikasi Caustic 3. Jika kamu ingin merekam dan edit lagu yang kamu cover di android, aplikasi Caustic 3 ini adalah salah satu rekomendasi yang paling cocok. Hal ini mengingat aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam serta mengedit suara rekaman kamu dalam satu aplikasi. Di aplikasi ini juga ada beberapa efek filter yang bisa kamu gunakan dan ada 14 machines yang bisa kamu coba.

Nah itu dia 5 rekomendasi aplikasi di android yang bisa kamu manfaatkan untuk edit hasil cover pada lagu yang kamu sukai. Namun sebelum melakukan lagu cover, ingat ada beberapa hal teknis yang harus kamu perhatikan ya agar tidak melanggar hak cipta, sehingga merugikan musisi, serta orang di sekitar kamu. Semangat terus berkarya ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top