fbpx
Coba Pakai 5 Aplikasi Ini & Buat Foto Lebih Amazing
ilustrasi aplikasi untuk edit video

Mengabadikan setiap momen berupa foto menjadi kegiatan yang rutin dilakukan baik oleh wanita maupun pria. Momen bersama keluarga, teman, pacar, atau bahkan hanya sekedar selfie. Memotret baik menggunakan smartphone maupun kamera profesional tetap saja membutuhkan aplikasi untuk membuat hasil foto yang optimal dan tampak sempurna. Hal tersebut dikarenakan kadang kala hasil tangkapan kamera kurang baik alias tidak sesuai keinginan.

Pada dasarnya tentu setiap orang menginginkan langsung hasil foto terbaik, pencahayaan yang cukup, background yang sesuai, dan lain-lain. Namun tak jarang hasil foto berbanding terbalik atau melenceng sedikit dari keinginan awal, lebih tepatnya terdapat noise pada foto tersebut. Contoh nyatanya ketika hasil jepretan kurang tajam atau nge-blur, kondisi cahaya yang kurang memadai atau bahkan membelakangi cahaya, sehingga apa yang ada dalam foto tidak terlihat jelas. Bisa juga bocor background, yaitu ada beberapa objek yang tidak sengaja terbawa sehingga mengurangi estetika, dan sebagainya. Padahal foto tersebut mungkin merupakan momen langka yang sulit untuk diulang kembali.

Kekhawatiran seperti itu bisa diatasi dengan kehadiran software yang berfungsi sebagai fasilitas editing foto. Software yang dimaksud kini tidak hanya bisa diakses melalui PC, tetapi dapat diinstall juga pada smartphone sehingga lebih praktis. Aplikasi edit tersebut memiliki fitur beragam yang dapat membantu meningkatkan kualitas foto, misalnya dapat meningkatkan fokus atau ketajaman pada subjek utama foto atau mengubah foto biasa menjadi lebih unik dan aesthetic. Pengguna dapat mencoba beragam efek, seperti efek yang memiliki tone dengan gaya warna tersebut. Hasil akhirnya bisa menjadi foto atau gambar yang memukau, sehingga cocok diunggah di berbagai media sosial.

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, foto yang awalnya dianggap biasa saja bisa disulap menjadi foto yang luar biasa. Tidak perlu lagi yang namanya repot harus menggunakan laptop atau kemampuan edit yang profesional. Kini di smartphone pun sudah tersedia beragam aplikasi yang bisa membantu mengedit foto dengan hasil layaknya profesional. Tentunya dengan mengedit di smartphone bisa dilakukan dengan mudah, dimana pun dan kapan pun. Jangan sampai ketinggalan, mari simak pembahasan selengkapnya :

5 aplikasi andalan untuk edit foto

1. PicArt

Logo PicsArt

Aplikasi ini sepertinya sudah tidak asing lagi ya bagi kaum muda yang gemar mengedit foto. Fitur yang tersedia sangat beragam, mulai dari crop, efek, grid, bingkai, dan masih banyak lagi. Picart memanglah bukanlah aplikasi baru, tetapi fitur yang ada selalu diperbarui, sehingga semakin lengkap.

Lebih lengkapnya PicsArt merupakan salah satu aplikasi edit foto, dilengkapi dengan pembuatan kolase dan fitur lainnya. PicsArt melalui jenis smartphone apapun baik tipe Android maupun iOS. Uniknya, pengguna juga dapat langsung membagikan hasil editan ke berbagai media sosial tanpa harus keluar dari aplikasi PicsArt. Fitur yang tersedia di PicsArt termasuk mudah untuk diaplikasikan. Pengguna dapat mendapatkan hasil akhir yang keren tanpa harus mengedit secara rumit. Selain itu, fitur yang tersediapun bisa digunakan secara bebas dan gratis, sehingga pengguna lebih leluasa untuk berkreasi melalui foto.

2. VSCO

Logo VSCO

VSCO sempat booming karena menjadi andalan bagi para kaum muda yang menginginkan hasil akhir foto yang aesthetic. Keunggulan VSCO yang juga menjadi ciri khasnya yaitu menyediakan ragam filter dengan konsep film analog atau vintage. Hal tersebut membuat VSCo sangat cocok untuk para pecinta aesthetic photo. Selain itu filter tersebut masih bisa dikreasikan dengan mengatur tingkat adjustment hingga memberikan efek vignette sesuai keinginan. Sayangnya, filter yang tersedia di VSCO tidak seluruhnya gratis, untuk mengakses filter yang lebih aesthetic secara lengkap, pengguna dikenakan biaya tertentu untuk upgrade VSCO Premium.

3. Lightroom

Logo Lightroom

Kira-kira siapa yang tak kenal Lightroom? Awalnya memang aplikasi yang umumnya tersedia untuk PC dan termasuk keluarga adobe. Para selebgram pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Bahkan fotografer profesional pun tak jarang menggunakan Lightroom.

Lightroom versi smartphone tak jauh beda dengan versi PC. Cara kerja dan fiturnya yang ada kurang lebih sama. Dikenal sebagai aplikasi yang memiliki berbagai efek yang menarik. Selain itu lightroom juga dapat meningkatkan kualitas foto dengan mempertajam hasilnya foto, sehingga tidak menghasilkan blur.Hebatnya lagi, aplikasi ini mampu menyamarkan bahkan menghilangkan noda di wajah seperti bekas luka maupun jerawat dengan bantuan fitur adjustment brush dan spot removal. Pengguna juga dapat merubah  background foto dengan gambar yang ingin dipadukan.

4. Pixlr

Logo Pixlr

Pixlr menyediakan beragam efek dan filter yang dapat dikombinasikan. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, Pixlr menyediakan fitur auto fix yang berfungsi menyesuaikan warna foto secara otomatis, sehingga membuat hasil akhir yang sempurna. Para pengguna baru mungkin menganggap Pixlr memiliki fitur yang sedikit rumit diaplikasikan. Hal tersebut disebabkan tersedia  fitur pembuatan sketsa atau doodle yang sebenarnya memerlukan keahlian dasar atau paling tidak sudah sering mengedit foto atau gambar. Selain itu, Pixlr juga dilengkapi fitur pembuatan kolase foto dengan pilihan tata letak dan latar belakang yang beragam.

Namun ada hal yang sedikit mengganggu dari Pixlr yaitu tidak bebas iklan. Beberapa pop-up iklan sering muncul, sehingga cukup mengganggu proses pengeditan foto atau gambar. Langkah untuk mengedit lebih nyama yaitu dengan membeli aplikasi Pixlr versi premium.

5. PicSay

Logo Picsay Pro

PicSay memiliki ciri khas dengan menyediakan efek lucu seperti pembuatan doodle hingga foto, sehingga bisa mendapatkan hasil akhir layaknya komik. Pengguna juga dapat dengan bebas mengganti latar belakang gambar agar memperoleh hasil akhir yang menarik. Sama seperti Pixlr, PicSay pun memiliki dua jenis versi penggunaan yakni versi gratis dan pro. Fitur yang membedakan ialah PicSay dilengkapi remove red eye yang dapat mengatasi jepretan foto dengan teknik flash.

Sebenarnya masih banyak aplikasi edit foto lainnya yang tersedia di Google play atau Apps Store. Setiap aplikasi memiliki ciri khasnya masing-masing, tergantung bagaimana penggunaan mengaplikasikan fitur yang tersedia Setelah mengetahui kunci keberhasilan edit foto menggunakan aplikasi tersebut, kamu dapat mulai berkreasi sesuka hati untuk menghasilkan hasil foto yang keren dan tentunya dapat diunggah di media sosial Instagram. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak artikel menarik hanya di Bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top