fbpx
Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Diet App Gratis yang Harus Anda Download

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Bahkan sudah menjadi rahasia umum bahwa menjaga kesehatan adalah sebuah wujud dari investasi masa depan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan pola hidup sehat seperti olahraga teratur dan beristirahat yang cukup serta memperhatikan pola makan. Namun terdapat data mengejutkan bahwa 5 dari 10 orang di Indonesia mengalami kenaikan berat badan selama pandemi COVID-19. Loh bagaimana bisa?

Hal ini diakibatkan oleh pola makan yang menjadi tidak karuan dan kurangnya aktivitas fisik selama imbauan Stay at Home selama pandemi. Terlebih lagi, kita dituntut untuk siap berada di depan gadget sejak pagi menjelang. Segala kemudahan teknologi juga membuat kita malas bergerak, karena segala kebutuhan dapat dilakukan melalui smartphone, mulai dari entertainment, membeli keperluan sehari-hari, serta mencari makanan. Padahal seperti yang kita ketahui, kegemukan atau obesitas dapat menjadi faktor penyebab berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan demensia.

Jika terus begini, perbaikan pola makan atau yang biasa disebut dengan diet harus segera dilakukan. Bagi Anda yang bingung harus memulai diet dari mana, jangan khawatir. Bootsol akan menghadirkan 7 diet app gratis yang bisa menjadi asisten Anda dalam mengatur pola makan dan pola hidup sehat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Super Helpful

Daftar Diet App Gratis yang Harus Anda Coba

1. Calorie Counter & Diet Tracker by MyFitnessPal

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: Medium

Diet app gratis yang pertama adalah Calorie Counter & Diet Tracker by MyFitnessPal. Diet app ini memang khusus diperuntukan untuk program penurunan berat badan dan telah menjadi aplikasi pemindai makanan terpopuler. Aplikasi ini dapat menghitung kalori dan memindai nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Hebatnya, aplikasi ini didukung oleh data yang fantastis yakni 5 juta jenis makanan sehingga aplikasi telah menjadi aplikasi pemindai makanan terbaik dari segi data. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memindai barcode, mengimpor resep, serta memindai nutrisi makanan secara mudah dan cepat.

Aplikasi ini dapat digunakan perangkat Android ataupun iOS. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang intuitif sehingga mudah digunakan. Terdapat beberapa macam tool seperti tab komunitas, challenge, bagan grafik, informasi seputar diet, serta tautan media sosial. Semua fitur dalam aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis. Namun jika Anda ingin fitur pro yang lebih lengkap, Anda dapat membayar sekitar Rp150 ribu perbulan.

2. Carolie Counter & Food Diary by MyNetDiary

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: MyNetDiary

Serupa dengan diet app gratis yang sebelumnya, Calorie Counter & Food Diary by MyNetDiary adalah aplikasi diet yang harus Anda coba. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu menentukan goal nutrisi dan seberapa banyak berat badan yang ingin Anda kurangi. Setelah itu, Anda tinggal menggunakan serangkaian fitur di dalam aplikasi ini untuk melakukan meal planning serta melakukan tips-tips yang disarankan.

Terdapat beberapa fitur andalan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Yang pertama, seperti diet app gratis sebelumnya, aplikasi ini dapat memindai kalori dan nutrisi makanan. Kelebihannya, aplikasi ini juga disertai fitur canggih seperti pemindai barcode yang dapat menampilkan kadar nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) di dalam sebuah produk. Hal ini dapat membantu untuk membuat keputusan cerdas saat berbelanja. Yang kedua, aplikasi ini merangkum data makanan apa saja beserta kadar kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sebuah Food Diary. Yang ketiga, didalam aplikasi ini Anda juga dapat melacak kegiatan olahraga Anda. Saking efektifnya fitur ini, diet app gratis yang satu ini kerap disandingkan dengan aplikasi fitness seperti FitBit.

3. Noom

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: Yahoo Finance

Diet app gratis yang selanjutnya namun tidak kalah canggih dari aplikasi-aplikasi sebelumnya adalah Noom. Pada dasarnya, aplikasi ini membantu Anda untuk melacak berat badan, makanan, tekanan darah, serta gula darah. Tapi aplikasi ini menawarkan pendekatan yang cukup unik namun efektif. Alih-alih berfokus pada makanan apa saja yang Anda konsumsi, aplikasi ini memfokuskan pola hidup sehat melalui pendekatan psikologi.

Langkah awal yang dilakukan aplikasi ini adalah mengidentifikasi pola pikir dan keyakinan Anda terhadap pola hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan bernutrisi. Setelah itu, aplikasi ini akan membantu Anda untuk membangun kebiasaan sehat yang telah disesuaikan untuk Anda. Data yang dikutip dari British Medical Journal menyatakan bahwa 64% pengguna aplikasi ini berhasil menurunkan 5% berat badannya. Selain itu, laporan ilmiah lain mengungkapkan bahwa 78% pengguna Noom berhasil mengurangi berat badannya dalam 9 bulan setelah menggunakan aplikasi ini.

4. MyPlate Calories Tracker

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: Livestrong

Diet app gratis yang satu ini dapat dibilang sebagai aplikasi yang multifungsi. Bagaimana tidak, dalam satu aplikasi saja Anda akan dapat melacak kalori dan nutrisi makanan berdasarkan data 2 juta jenis makanan. Anda juga dapat memindai konsumsi nutrisi makro dan konsumsi air. Selain itu, MyPlate Calories Tracker dilengkapi fitur analisis apakah Anda telah mencapai goal diet Anda yang dilengkapi data grafik untuk memudahkan Anda dalam memvisualisasikan data perkembangan diet.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video gratis Super Useful!

5. Loose It!

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: MobileAppDaily

Diet app gratis yang satu ini cukup mirip dengan aplikasi diet dari MyNetDiary dan MyPlate Calories Tracker. Meski begitu, aplikasi ini dibuat lebih simpel dan sederhana. Untuk menggunakan aplikasi Loose It!, Anda hanya perlu mensetting rincian profil dan berat badan sasaran Anda, lalu aplikasi ini akan menghitung kalori harian yang harus Anda konsumsi. Di dalam aplikasi ini, Anda dapat mencatat makanan apa saja yang telah Anda konsumsi, melacak kalori dan nutrisi, serta membaca informasi harian yang tersedia. Aplikasi ini juga memiliki fitur melacak makanan melalui barcode, foto, dan snap it! Keren bukan?

6. BMI Calculator

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: CodeCanyon

Diet app gratis yang selanjutnya adalah BMI Calculator. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mewujudkan berat badan ideal menurut Body Mass Index (BMI). Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya tinggal memasukkan beberapa data seperti jenis kelamin, usia, tinggi, dan berat badan. Selanjutnya, aplikasi ini akan menghitung dan mengkategorikan berat badan Anda sesuai satuan kategori BMI. Aplikasi diet ini juga dilengkapi dengan grafik dan data perkembangan diet Anda.

7. Waterlogged / WaterLog

Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan
Source: Google Play

Meski bukan tergolong makanan, kebutuhan tubuh terhadap air sangatlah penting. Melalui diet app gratis ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda telah mengkonsumsi air yang cukup. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan reminder untuk meminum air pada beberapa waktu tertentu dan mendapatkan laporan penilaian hidrasi pada tubuh Anda melalui gambar grafik.

Kelemahan dari aplikasi ini adalah Anda perlu meng-upgrade aplikasi ke versi premium untuk mendapatkan fitur pro. Selain itu, Waterlogged hanya tersedia untuk perangkat iOS. Bagi Anda yang menggunakan Android, Anda dapat mengunduh aplikasi serupa bernama WaterLog.

Itulah 7 diet app gratis versi Bootsol yang harus Anda coba download sekarang. Aplikasi ini dapat membantu Anda yang sedang berjuang untuk mengurangi berat badan. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada aplikasi yang menarik bagi Anda? Silahkan tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Super Helpful, Mengelola Keuangan Pribadi Bisa Dibantu oleh 5 Aplikasi ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top