fbpx

Aplikasi pembelajaran online gratis merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat dibutuhkan dimasa pembelajaran daring saat ini.

Bagi sebagian siswa, belajar online menjadi hal yang lebih menyusahkan. Banyak kendala yang sering terjadi seperti koneksi sinyal yang buruk atau kuota yang terbatas. Di sisi lain, ada juga siswa yang memiliki fasilitas memadai namun kurang baik dalam menyerap materi secara online.

Hal ini membuat pembelajaran kurang efektif bagi siswa, sehingga cenderung lebih malas dan kurang semangat dalam belajar. Hal ini juga tidak bisa dipaksakan, karena setiap siswa memiliki faktor internal dan eksternal masing-masing yang membuat mereka mengalami keterbatasan saat belajar online.

Untuk itu, pemerintah mengambil kebijakan untuk memberikan kuota setiap bulannya agar mahasiswa bisa belajar tanpa terhalang kuota.

Selain itu, munculnya aplikasi pembelajaran online gratis juga menjadi metode yang bermanfaat dan lebih efisien agar kelancaran pembelajaran siswa tetap stabil.

Aplikasi pembelajaran online gratis juga sudah sangat beragam. Mulai dari aplikasi untuk belajar bahasa asing sampai aplikasi untuk belajar semua mata pelajaran di sekolah. Hal ini berarti sudah banyak aplikasi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.


Berikut 4 aplikasi pembelajaran online gratis yang bisa kamu coba!

1. RUANG GURU

Salah satu aplikasi pembelajaran online gratis.

Ruang guru adalah salah satu aplikasi pembelajaran online gratis yang didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara yang pernah menjabat sebagai stafsus Presiden RI.

Ruang guru menyediakan berbagai mata pelajaran yang bisa disesuaikan dengan minat siswa dan ruang guru sendiri sudah menerapkan sistem kurikulum nasional. Metode pembelajaran di aplikasi ini sangat mudah diikuti dengan mentor yang sangat berkompeten.

Aplikasi ini dapat diakses secara gratis oleh siswa yang berkeinginan untuk melakukan pembelajaran, tetapi jika ingin membuka atau mengunduh materi yang lainnya, kita harus membayar aplikasi layanan ruang guru dengan harga yang cukup terjangkau.

Ruang Guru juga membuka layanan Sekolah Online Gratis dari Senin-Jumat pada pukul 08.00-12.00 yang dapat diikuti oleh siswa kelas 1 SD hingga 12 SMA.

2. RUANG BELAJAR

Ruang belajar merupakan aplikasi pembelajaran online gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) yang bertujuan untuk menambawah wawasan siswa selama pembelajaran daring.

Aplikasi pembelajaran online gratis ini menyediakan pengalaman belajar berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang tentunya membuat siswa lebih semangat belajar karena tampilan yang tidak membosankan.

Salah satu aplikasi pembelajaran online gratis.

Ruang belajar juga menyediakan kumpulan materi dan soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun tersedia di dalam aplikasi pembelajaran online gratis ini. Adapun berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya (fitur simulasi praktikum laboratorium), Kelas Maya (Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual), Peta Budaya, dan mode lainnya yang berguna untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

Dilansir dari portal ruang belajar, terdapat 278.687 guru dan 667.688 siswa yang sudah tergabung dalam media pembelajaran ini.

3. MEJA KITA

Salah satu aplikasi pembelajaran online gratis.

Semua materi dan ruang diskusi di aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Para siswa hanya perlu melakukan registrasi dengan mendaftarkan alamat e-mail yang aktif. Sampai sekarang, sudah 15.000 siswa di 223 kota yang menggunakan platform aplikasi pembelajaran online gratis ini.

Di aplikasi ini, siswa dapat berdiskusi dan bertukar pikiran dengan siswa yang lainnya. Selain itu Meja Kita juga menyediakan berbagai fitur lainnya seperti Diskusi PR, Latihan Soal, UTBK, Materi Belajar, Berbagi Catatan, dan Belajar Bersama.

Uniknya, siswa yang melakukan diskusi di MejaKita akan mendapat keuntungan berupa penghasilan dari pertanyaan yang mereka jawab atau catatan yang dibagikan.

4. ICANDO

ICANDO merupakan aplikasi pembelajaran online gratis yang sudah berdiri sejak 2018. Aplikasi ini dikhususkan untuk media pembelajaran anak PAUD. ICANDO terdiri dari tim beranggotakan ahli kurikulum, tenaga pengajar, dan content creator.

ICANDO bertujuan untuk membentuk karakter dan kecerdasan anak usia 0-6 tahun. Media pembelajaran ini mengharapkan keaktifan anak dalam mencari dan mengolah informasi, bukan hanya sebagai pendengar materi.

Salah satu aplikasi pembelajaran online gratis.

Aplikasi pembelajaran online gratis ini juga sudah mengelompokan aktifitas anak sesuai jenjangnya, seperti Jenjang KB, Jenjang TK A, dan Jenjang TK B. Selain itu, orang tua juga dapat memantau sejauh apa petualangan belajar anak mereka, pencapaian apa yang telah mereka peroleh, dan bagaimana hasil belajarnya melalui ICANDO ORANG TUA.

BACA JUGA : Smart Learning: Konsep Pembelajaran Dengan E-Learning.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top