fbpx

Meskipun game online sedang naik daun, namun eksistensi game offline tidak bisa dilupakan begitu saja. Beberapa game offline sampai saat ini masih digemari dan dimainkan tiap harinya. Selain itu, game offline juga tidak kalah menantang daripada game online dan memberikan pengalaman bermain yang luar biasa. Pada dasarnya, bermain game adalah kegiatan yang menyenangkan dan hampir setiap orang menyukainya, meskipun dengan genre game yang berbeda-beda.

Game offline menjadi opsi lain di dalam menjamurnya game online yang saat ini sedang naik daun. Berbeda dengan game online, offline game memberikan pengalaman bermain tanpa harus memerlukan jaringan internet. Ini tentu menguntungkan jika kamu sedang kehabisan kuota internet, atau ingin menghemat kuota. Sehingga offline game memberikan solusi atas permasalahan tersebut dan tetap memberikan pengalaman bermain yang mengasyikkan.

Game offline sesuai dengan namanya adalah permainan yang dijalankan secara offline atau tanpa jaringan internet. Game offline bisa dimainkan di beragam perangkat, baik itu di smartphone atau pc. Meskipun tidak memiliki peminat sebanyak game online, game ini tentu tidak bisa dianggap membosankan begitu saja, karena tetap memberikan pengalaman bermain yang seru, meskipun tidak sebaik yang diberikan pada game online. Biasanya, offline game lebih banyak dimainkan oleh anak-anak, dan beberapa orang remaja hingga dewasa.

Illustrasi Game Offline
Illustrasi Game Offline

Namun, meskipun tidak lebih mengasyikkan daripada game online, offline game memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan game online. Untuk info lebih lanjut, ini beberapa kelebihan game offline.

Kelebihan Game Offline

Hemat Kuota Internet

Yang pertama sudah pasti kamu bisa menghemat kuota internet. Hal ini memang disebabkan karena offline game tidak memerlukan koneksi internet saat dimainkan. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan kuota hanya untuk bermain game. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir tentang kondisi cuaca dan sinyal seperti saat bermain game online. Bermain game online saat cuaca atau keadaan sinyal yang buruk tentu akan memberikan pengalaman bermain yang tidak seru, dan kamu tidak akan menemukan itu di permainan offline ini.

Baca juga: Games Yang Wajib Di Download Untuk Menemani Hari Libur Mu

Tidak Ada Iklan

Karena tidak menggunakan kuota, maka kamu tidak akan menemukan iklan di dalamnya. Beberapa game online terdapat iklan yang sangat mengganggu saat bermain. Kita biasanya harus menunggu beberapa saat untuk melihat iklan agar bisa melanjutkan permainan. Di permainan offline ini, kamu tidak perlu khawatir dengan kehadiran iklan yang mengganggu tersebut, sehingga bisa memberikan pengalaman bermain yang lebih baik.

Bisa Pause/Dihentikan

Bermain game online tidak bisa di pause atau dihentikan di tengah permainan. Karena biasanya kamu bermain dengan orang lain di satu permainan yang sama. Tentu jika kamu meninggalkan permainan akan mengalami kerugian seperti kalah atau di berikan punishment karena AFK (away form keyboard). Di game offline, karena dasarnya kamu bermain sendiri, kamu bisa menghentikannya kapanpun, sekalipun itu di tengah permainan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ada situasi mendesak dan harus menghentikan permainan untuk menyelesaikan urusanmu tanpa harus mengalami kerugian.

Hemat Daya Baterai

Permainan offline juga cenderung lebih hemat daya baterai jika dibandingkan dengan game online. Selain akibat tidak menggunakan jaringan internet, memori yang diperlukan oleh permainan offline tidak sebesar game online. Sehingga ini akan membuat daya baterai ponsel kamu bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan game online.

Memang pada dasarnya permainan offline memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan game online. Namun yang namanya permainan, tentu tidak terlepas dengan penilaian subjektif dari pengguna. Ada yang lebih suka bermain game online karena lebih seru dan menantang dan tidak perlu khawatir dengan kuota dan baterai, namun ada juga yang menilai permainan offline sudah mengasyikkan dan tidak rela menghamburkan banyak kuota hanya untuk bermain game.

Sehingga kembali lagi pada sisi subjektif tiap pengguna terkait referensi bermain. Namun setidaknya ada beberapa hal yang membuat orang-orang sangat menyukai game. Sehingga memunculkan beragam alasan mengapa mereka bermain game, mulai dari bermain game untuk meningkatkan percaya diri, melepaskan stres, hingga menjadi pelarian dari hiruk pikuk kehidupan nyata.

Nah, terkait permainan offline, ada beberapa permainan yang bisa kamu mainkan di smartphone kamu. Tentu game ini dasarnya gratis, namun akan berbayar jika kamu ingin membuka fitur-fitur yang lebih advance. Yuk simak 5 game offline yang seru dan bisa dimainkan di smartphone kamu!

Brain It On! – Physics Puzzles

Game Offline
Brain It On! – Physics Puzzles (Sumber: play.google.com)

Yang pertama ada game Brain It On! – Physics Puzzles. Game ini merupakan game teka teki dan menggabungkan fisika didalamnya. Jika kamu tertantang untuk bermain game dan mengoptimalkan kerja otak, kamu bisa mencoba game ini karena setiap tingkatnya memiliki tingkat kesusahan tersendiri.

Pada dasarnya game ini terlihat sangat sederhana, namun kamu jangan cepat terkecoh. Karena menyelesaikan teka teki didalamnya tidak semudah yang dipikirkan. Kamu harus memperhatikan semua yang di tampilkan dan mencoba segala opsi sebagai solusi dalam memecahkan teka teki di setiap permainan.

BADLAND

Game Offline
BADLAND (Sumber: play.google.com)

Jika kamu suka dengan game petualangan, kamu bisa mencoba BADLAND. Game ini menawarkan permainan aksi petualangan dan ditambahkan dengan artistik didalamnya. Dalam game ini, kamu akan diminta untuk mencari dan menemukan satu hal yang salah dengan hutan.

Baca juga: 6 Digital Services Bootsol Yang Affordable Untuk Anda!

BADLAND juga memberikan desain grafis yang menjadi salah satu yang terbaik dalam game mobile, sehingga akan meningkatkan pengalaman bermain kamu meskipun bukan game online. Sayangnya, meskipun gratis untuk android, game ini juga memberikan iklan di dalamnya, dan untuk iOS, game ini bisa kamu temukan di App Store, dan berbayar.

Shadow Fight 2

Game Offline
Shadow Fight 2 (Sumber: hargaticket.com)

Tentu sebagian dari kamu sudah mengenal game Shadow Fight. Meskipun saat ini sudah sampai Shadow Fight 3, namun untuk offline, Shadow Fight 2 masih menjadi rekomendasi. Bagi kamu yang suka game pertarungan 1v1, kamu bisa mencoba game Shadow Fight 2. Meskipun cukup sederhana, game ini nyatanya sangat seru dimainkan untuk menemani hari-hari mu.

Dengan latar karakter yang hitam layaknya bayangan, dan background pertarungan yang klasik, memberikan unsur estetik tersendiri bagi game ini. Shadow Fight 2 telah menjadi salah satu game favorit banyak orang dan bisa kamu download pada android maupun iOS dengan gratis.

Infinity Loop

Infinity Loop (Sumber: gamaverse.com)

Selanjutnya adalah game Infinity Loop. Sama seperti game Brain It On! Game ini juga permainan yang bisa mengasah otak pemainnya. Game ini adalah game puzzle yang pada dasarnya kamu ditugaskan untuk menghubungkan tiap garis menjadi suatu bentuk, dan harus dipastikan tidak ada kerusakan pada bentuk tersebut.

Jika kamu bosan dengan game yang cepat, kamu bisa mencoba game ini. Infinity Loop memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan, santai, dan tentu mengasah kinerja otak sehingga cocok dimainkan di waktu luang kamu. Dan tentunya game ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Asphalt 8

Dan yang terakhir ada game Asphalt 8. Buat kamu yang suka dengan permainan balap, game Asphalt 8 menjadi salah satu rekomendasi yang cocok buat kamu. Game ini nyatanya telah banyak dimainkan dan menjadi salah satu game favorit bagi pecinta genre game ini.

Game ini memberikan kesempatan kamu untuk memodifikasi mobil sesuka hati sehingga nyaman dimainkan bahkan dalam waktu yang lama. Pada dasarnya, game ini adalah game yang gratis, namun di dalam game juga diberikan penawaran untuk membuka beberapa fitur namun hal tersebut berbayar. Namun tidak menjadi masalah jika kamu mengabaikannya, karena hal tersebut tergantung dengan penggunanya.

Nah itu dia 5 permainan offline yang super seru dan bisa dimainkan di smartphone kamu secara gratis. Bermain game memang mengasyikkan, namun jangan sampai lupa mengerjakan tugas dan beristirahat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top