fbpx

Bermain game atau permainan online adalah salah satu cara untuk menghilangkan penat. Untuk kamu para gamers yang biasa menghabiskan waktu hingga berjam-jam, udah tahu belum permainan online paling populer di dunia? Jika kamu menjawab Fortnite, Minecraft atau Grand Theft Auto (GTA), sebenarnya tidak sepenuhnya salah sih karena ketiga permainan tersebut memang memiliki banyak penggemar, mungkin kamu termasuk salah satunya. Tapi ternyata, permainan online paling populer di dunia dipegang oleh Roblox. Amerika Utara dan Amerika Selatan adalah dua negara yang hampir bulat dalam pencarian Google mereka yang dominan adalah pencarian tentang Roblox.

Okay, sebenarnya yang namanya game benar-benar telah meledak dan menjadi trend ketika pandemic virus corona menyerang berbagai negara di belahan dunia. Virus tersebut membuat banyak orang harus mengunci diri mereka di rumah. Oleh karena itu, kemungkinan besar dari mereka memiliki waktu luang yang lebih banyak. Sementara para gamer memiliki gambaran tentang permainan online mana yang populer untuk dimainkan, Compare the Market memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan penelitian mengenai permainan mana yang paling populer ketika masa lockdown sedang berlangsung. Ya, Compare the Market adalah pihak yang bertanggung jawab atas penelitian ini. Mereka mengatakan bahwa Roblox adalah game paling populer di Bumi saat ini.

Apa Itu Game Roblox?

Gambar dari Medium

Sejatinya, Roblox diciptakan untuk anak-anak. Saat ini, lebih dari setengah anak-anak di Amerika Serikat yang usianya berada di bawah 16 tahun memainkan permainan ini. Roblox juga dibuat semacam platform media sosial. Di dalam permainan tersebut, terdapat “chat features” sehingga para pemain bisa tetap saling terhubung. Ini adalah jenis permainan MMO (Massive Multiplayer Online) artinya dapat dimainkan oleh banyak orang dalam satu waktu yang sama.

Roblox kemudian merencanakan untuk memperluas segmentasi pemainnya, bukan hanya untuk anak-anak tapi juga untuk dewasa. Mereka memasukkan hal-hal yang berbau entertainment events hingga classroom lesson tools.

David Baszucki, salah satu co-founder Roblox, mencetuskan ide cemerlang ini ketika ia telah berhasil membuat sebuah program fisika interaktif yang sukses. Tahun 2006 adalah tahun dimana Roblox akhirnya bisa dibikmati oleh para konsumen. Setelah itu, game ini terus melakukan inovasi dan perubahan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Game Mobile yang Cool untuk Dimainkan Bareng Teman

Salah satu hal yang membuat orang-orang tertarik untuk memainkan Roblox adalah permainan ini tidak hanya berfokus pada satu permainan saja. Ada ratusan permainan yang bisa dimainkan (walaupun beberapa diantaranya tidak terjamin kualitasnya). Ada permainan horror, RPGs Shooter hingga misteri yang bisa dimainkan. Baru-baru ini, ada satu permainan yang cukup populer juga yaitu Squid Game. Permainan yang diangkat dari serial fenomenal Korea itu telah banyak menarik perhatian orang orang.

Dalam permainan ini juga terdapat bahasa pemrograman khusus yang membuatnya semakin menarik. Bahasa tersebut adalah Lua. Itu adalah semacam script yang utamanya digunakan untuk website dan aplikasi permainan. Bahkan, Lua terkenal sebagai bahasan pemrograman yang aman di market place. Tetapi, Roblox sendiri menggunakan sandboxed yang artinya itu adalah script yang aman untuk mencegah kode berbahaya pada pemain.

Gambar drai The Gamer HQ

Bagaimana Roblox Bisa Menjadi Game Terpopuler?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Compare the Market. Lembaga tersebut mendapatkan data ini dengan cara membandingkan jumlah pencarian Google untuk game di berbagai benua dan negara. Salah satunya adalah Eropa. Di benua ini, Roblox memiliki jumlah pencarian Google tertinggi di lebih dari 20 negara. Game lainnya berdasarkan jumlah pencarian Google diantaranya termasuk Fortnite, Minecraft, Valorant dan Animal Crossing: New Horizons.

Gambar dari Screenrant

Amerika Utara dan Amerika Selatan, kedua bagian negara tersebut hampir dominan menunjukkan hasil pencarian terbanyaknya adalah Roblox. Sementara itu, orang orang yang berada di Kawasan Asia dan Timur Tengah paling banyak menelusuri permainan PUBG. Sedangkan Minecraft adalah hasil penelusuran permainan Google terbanyak di Rusia, Kazakhstan, Mongolia dan China. Sedangkan Epic’s Game Fortnite menjadi game paling dicari lewat Google di sebagian besar negara di Afrika. Adapun Roblox juga menjadi permainan paling populer di benua Australia.

Namun, perlu diingat, paling populer bukan berarti yang paling banyak dimainkan. Tentu saja, hanya karena game yang sekarang sudah berusia 15 tahun itu adalah permainan yang paling banyak dicari selama lockdown, bukan berarti bahwa Roblox adalah permainan yang paling banyak dimainkan. Ternyata, beberapa permainan yang paling banyak dimainkan diantaranya adalah Apex Legends dan Fortnite. Tambahan satu lagi yaitu permainan yang dirilis pada 2020 yaitu Call of Duty: Warzone dan Animal Crossing: New Horizons.

Baca Juga: The Best 10 Game Penghasil Uang yang Jempolan!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top