fbpx

Saat ini penggunaan bahasa asing merupakan hal yang sangat penting bagi pengembangan diri. Hadirnya aplikasi belajar bahasa asing dalam ponsel pintar kita saat ini tentu sangat membantu hal tersebut. Kalian sudah tidak lagi direpotkan untuk mencari tutor yang memiliki kemampuan mengajar suatu bahasa asing. Semua sudah tersedia dalam genggaman ponsel pintar.

Bahasa asing sendiri merupakan suatu bahasa di luar bahasa ibu, dalam hal ini Bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa asing saat ini kian meluas dan penting bagi karir seseorang. Bahkan di beberapa tempat pekerjaan, terdapat syarat kemahiran suatu bahasa asing. Hal ini tentu membuat kita harus dapat menguasai minimal satu atau dua bahasa asing di luar Bahasa Indonesia.

Bagi banyak orang merasa sulit untuk mencari tutor yang mumpuni menguasai dan mengajar suatu bahasa asing. Namun kini, hadirnya banyak aplikasi belajar bahasa asing sangat membantu bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing dengan praktis. Aplikasi tersebut dapat didownload untuk pengguna Android maupun iOS.

Lalu apa saja aplikasi yang tersedia untuk mempelajari bahasa asing di smartphone? Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya untuk mengetahui manfaat dari mempelajari bahasa asing. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Penting, Inilah 10 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Mahasiswa

Apa Saja Manfaat Belajar Bahasa Asing?

Selain untuk keperluan karir, sebenarnya terdapat beberapa manfaat lagi dari mempelajari bahasa asing lho. Meskipun bahasa asing yang kita pelajari tidak digunakan untuk keperluan pekerjaan atau sekolah, namun mempelajari bahasa asing salah satunya dapat meningkatkan daya ingat otak kita. Lalu apa saja manfaat dari belajar bahasa asing lainnya?

1. Meningkatkan Fokus

Mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan fokus
Mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan fokus

Seperti layaknya kita sedang belajar sesuatu yang baru, mempelajari bahasa asing ternyata dapat meningkatkan daya fokus kita. Dikutip dari idntimes.com, orang yang mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan kontrol yang lebih kuat agar dirinya tetap berkonsentrasi. Bagi mereka yang sedang mempelajar bahasa asing dapat mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diingat dan diperhatian lebih.

Tentu dengan berlatih bahasa asing kita akan semakin berusaha untuk mengingat-ingat kosa kata dan kalimat yang telah kita pelajari. Hal itu berdampak baik dalam peningkatan fokus yang diperlukan tidak hanya dalam belajar bahasa asing, namun juga aktivitas lainnya sehari-hari.

Situasi ini mirip dengan saat seseorang sedang bermain video game. Mereka terus mendapatkan masalah-masalah baru yang harus dapat mereka selesaikan sampai-sampai konsentrasinya hanya pada video game belaka. Begitu juga dengan belajar bahasa asing yang mana dapat meningkatkan otak untuk tetap fokus dan konsentrasi.

2. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Daya ingat semakin terlatih jika mempelajari bahasa asing
Daya ingat semakin terlatih jika mempelajari bahasa asing

Mempelajari bahasa asing apapun dapat meningkatkan daya ingat otak. Hal ini karena banyaknya informasi baru yang diterima otak yang harus diingat agar suatu bahasa tersebut dapat digunakan sehari-hari. Otak juga akan berusaha mengingat dan menyusun rangkaian kata sehingga seseorang dapat mengucapkannya dengan baik dan benar.

Jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempelajari bahasa asing, maka hasilnya adalah orang yang belajar bahasa asing memiliki daya ingat yang lebih kuat. Hal tersebut berkat dengan kinerja otak yang selalu berusaha keras mengingat kata-kata baru yang telah dipelajari.

3. Mudah Untuk Mempelajari Bahasa Asing Lain

Mempermudah mempelajari bahasa asing lain
Mempermudah mempelajari bahasa asing lain

Saat kalian telah mempelajari satu bahasa asing, secara tidak langsung membuat kalian semakin lebih mudah untuk mempelajari bahasa asing lainnya. Hal ini karena kalian telah tersebiasa atau telah mengetahui cara belajar bahasa asing yang efektif. Selain itu, struktur bahasa asing kadang kala memiliki kemiripan satu sama lain yang membuat kalian lebih mudah mempelajarinya.

Dilansir dari glints.com, dengan mempelajari satu bahasa asing maka dapat mempermudah teknik belajar bahasa asing lainnya. Seperti contohnya kalian mempelajari Bahasa Rusia, maka kalian akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa-bahasa lainnya seperti Polandia, Ukraina, Belarusia, dan lainnya. Hal ini disebabkan kemiripan bahasa satu dengan yang lainnya.

4. Melatih Multitasking

Ilustrasi multitasking
Ilustrasi multitasking

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan daya ingat otak serta fokus. Hal ini juga berdampak baik dalam melatih kinerja multitasking seseorang. Multitasking merupakan kemampuan diri seseorang yang dapat melakukan beberapa aktivitas tertentu dalam satu waktu.

Kemampuan multitasking saat ini juga merupakan salah satu kemampuan yang penting dilatih. Oleh karena itu dengan terbiasa belajar bahasa asing maka seseorang telah terbiasa beradaptasi dengan banyak aktivitas yang terjadi dalam satu waktu.

Hal ini juga berdampak baik pada kesehatan otak. Otak seseorang yang sering mempelajari bahasa asing akan lebih terlatih untuk berfikir dan mengingat yang membuat tubuh sehat.

5. Baik untuk Jenjang Karir

Menunjang karir di masa depan
Menunjang karir di masa depan

Seperti yang dikutip dari kontan.co.id, belajar bahasa asing dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Di era globalisasi saat ini sangat memungkinkan bahwa seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa akan memungkinkan mudah mendapatkan pekerjaan. Layaknya Bahasa Inggris yang merupakan bahasa terbesar dan umum di dunia.

Memiliki kemampuan berbahasa asing juga sangat bagus karena dapat fleksibel untuk berkomunikasi kepada siapa saja dan di perusahaan apa saja. Oleh karena itu belajar bahasa asing tidak hanya sekedar hobi belaka namun juga berguna bagi karir pribadi seseorang.

Aplikasi Belajar Bahasa Asing di Smartphone

Di era yang kini serba digital, sudah tentu hadirnya gawai selalu menawarkan banyak kemudahan bagi masyarakat di seluruh dunia tak terkecuali untuk keperluan belajar. Mempelajari bahasa asing memang kerap identik dengan tutor, kelas, dan membosankan. Namun, hadirnya aplikasi yang menyediakan pembelajaran bahasa asing di ponsel pintar dinilai sangat membantu.

Apa saja aplikasi belajar bahasa asing yang tersedia di smartphone? Simak ulasannya berikut!

1. Duolingo

aplikasi belajar bahasa asing duolingo
Aplikasi Duolingo (Sumber: Monotype)

Duolingo merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk belajar bahasa asing yang paling terkenal di dunia. Aplikasi ini dapat diunduh pada smartphone yang berbasis Android dan iOS. Sebenarnya tidak hanya terbatas pada smartphone, Duolingo juga dapat diakses melalui website bahkan melalui aplikasi yang tersedia di Windows.

Duolingo saat ini telah diunduh lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia. Sebagian besar pengguna menggunakan smartphone untuk mengakses aplikasi ini.

Duolingo didesain seperti permainan dengan banyak fitur dan tugas di dalamnya. Mereka juga menyajikan banyak fitur gratis sehingga penggunanya lebih banyak jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi belajar bahasa asing lainnya. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu melimpahnya pilihan bahasa asing yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan minatnya.

Dimulai dari bahasa yang paling banyak dipelajari seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Arab, dan lain-lain hingga bahasa-bahasa yang sangat jarang dipelajari. Contohnya seperti Bahasa Swahili, Magyar, dan lain-lain.

2. Cakap

Aplikasi belajar bahasa asing Cakap
Aplikasi belajar bahasa asing Cakap (Sumber: Google Play)

Cakap merupakan platform belajar bahasa asing yang dibuat oleh Indonesia. Memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan bahasa kepada siapa saja yang membutuhkan denga harga yang terjangkau. Saat ini terdapat empat pilihan bahasa di Cakap yaitu Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan Indonesia.

Berbeda dengan Duolingo, Cakap menyediakan metode pembelajaran yang berbeda. Seperti layaknya pembelajaran online pada umumnya, Cakap hadir dengam menyajikan beberapa pilihan seperti belajar privat atau dengan grup. Pengguna dapat mengakses semua video yang ada di aplikasi ini melalui ponsel, tablet, laptop, komputer kapan pun dan di mana pun.

Cakap juga menyediakan tes penempatan bagi kalian yang mungkin masih belum mengetahui level bahasa yang dimiliki saat ini. Selain itu, keunggulan dari aplikasi ini yaitu menyediakan tes kemahiran bahasa online seperti IELTS, TOEFL, TOEIC, dan lain-lain. Bagi kalian yang sedang ingin mengembangkan kemampuan bahasa asing sangat dianjurkan untuk mencoba aplikasi ini.

3. Bahaso

Aplikasi Bahaso (Sumber: Bahaso)

Aplikasi yang satu ini berbeda dengan dua aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Bahaso merupakan aplikasi belajar bahasa asing yang hanya tersedia Bahasa Inggris dan Mandarin saat ini. Belajar bahasa asing di Bahasa memiliki fitur utama belajar interaktif.

Belajar secara interaktif memungkinkan penggunanya lebih cepat dalam memahami serta menggunakan kata-kata yang telah diajarkan. Aplikasi belajar bahasa asing yang satu ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki pesaingnya yaitu sertifikat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia untuk Bahasa Inggris.

Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah speech recognition yang memungkinkan penggunanya terlatih dalam mengucapkan bahasa asing yang diajarkan. Sudah lebih dari 350 ribu pengguna yang telah menikmati belajar bahasa asing di Bahaso.

4. Babbel

Aplikasi Babbel (Sumber: Babbel.com)

Babble merupakan aplikasi belajar bahasa asing dengan model berlanggan bagi penggunanya. Menyerupai seperti Duolingo, Babbel menyediakan pilihan bahasa yang cukup berlimpah hingga 14 pilihan bahasa. Babbel melatih penggunanya dengan tiga kemampuan dasar bahasa yaitu membaca, menulis, dan berbicara.

Banyak pengguna Babbel mulai dari siswa hingga para profesional. Saat ini sudah lebih dari 600 ribu pengguna mendownload melalui Google Play.

Terdapat beberapa fitur unik yang dimiliki oleh Babbel seperti mengajarkan pepatah-pepatah dalam bahasa asing yang sedang dipelajari, serta pembelajaran mengenai tongue twister. Aplikasi ini sudah berdiri sejak 2007 dan telah meraup banyak keuntungan melalui sistem berlangganan pengguna. Bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi ini, dengan berlangganan secara tahunan akan lebih hemat.

5. iTalki

Aplikasi iTalki (Sumber: iTalki)

Aplikasi belajar bahasa asing yang satu ini sangat berbeda jika dibandingkan empat aplikasi lainnya. iTalki merupakan aplikasi yang menunjang belajar bahasa asing dengan belajar 1 on 1 dengan pengajar yang juga penutur asli. Sistem pembayaran dari aplikasi ini juga berbeda tidak seperti berlangganan bulanan atau tahunan, melainkan berdasarkan pelajaran yang pengguna ambil.

Ada lebih dari 150 bahasa yang tersedia di iTalki dengan lebih dari 10 juta pembelajaran yang dapat dibeli atau akses. Untuk memperlancar dalam penggunaan bahasa yang telah diajarkan, iTalki memiliki fitur chat bagi penggunanya. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat melakukan obrolan dengan orang lain agar bahasa yang dipelajari dapat dipraktekkan langsung.

Selain itu, hal yang kalian perlu tahu mengenai aplikasi ini adalah kalian dapat bebas memilih tutor yang tersedia di iTalki. Kalian juga dapat memanfaatkan aplikasi ini bukan sebagai siswa yang belajar melainkan guru yang mengajar. Dengan begitu, tidak hanya belajar bahasa asing saja kalian juga dapat mendapatkan keuntungan finansial dari iTalki.

Baca juga: Super Helpful, Belajar Bahasa Inggris dengan Praktis dan Gratis Melalui 6 Website ini

Nah, itulah beberapa aplikasi belajar bahasa asing di smartphone yang Bootsol sajikan untuk kalian. Setelah kalian telah mengetahui beberapa manfaat dari belajar bahasa asing saatnya kalian coba salah satu aplikasi yang di atas ya! Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top