fbpx

Kini, hadirnya gadget tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi melainkan untuk bermain game. Namun, masih banyak manfaat bermain game yang orang tidak ketahui. Memang, biasanya orang yang gemar bermain game selalu diidentikan dengan orang yang malas atau bahkan kecanduan. Meskipun demikian, terdapat beberapa manfaat dari bermain game.

Hadir dan berkembangnya game dalam sebuah gadget seakan merupakan aplikasi yang wajib disematkan di setiap gadget. Mulai dari permainan komputer, play station, tablet, hingga smartphone terdapat permainan-permainan baik offline maupun online. Beberapa waktu belakangan ini game online sedang marak diperbincangkan.

Banyak orang dari berbagai kalangan senang memainkan permainan online. Hal ini dikarenakan permainan online selalu menyajikan pengalaman bermain yang lebih atraktif jika dibandingan dengan permainan offline. Permainan daring juga selalu dapat dimainkan untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Definisi Game Online

Ilustrasi bermain game online
Ilustrasi bermain game

Permainan daring atau online merupakan sebuah permainan yang dimainkan secara daring dengan menggunakan teknologi seperti modem, wifi, dan sebagainya agar saling terkoneksi. Game ini dapat dimainkan secara bersamaan menggunakan berbagai macam gadget yang saling terkoneksi melalui internet.

Berbeda dengan permainan offline, permainan online menawarkan banyak pengalaman seru seperti saling bekerja sama dengan teman satu tim hingga penjualan barang-barang aksesoris yang begitu berlimpah. Permainan online juga selalu mendapatkan update terbaru sehingga biasanya umur suatu permainan online lebih lama jika dibandingkan dengan game offline.

Baca juga: Outstanding ! Ini 5 Rekomendasi Game Online Yang Seru dan Bakal Menghibur Kamu disaat Bosan !

Jenis Game Online

Permainan online yang telah memikat banyak penggunanya sudah tentu memiliki banyak jenis sebagai pilihan alternatif dari setiap pemainnya. Setidaknya terdapat 7 jenis permainan online yang saat ini sedang berkembang dan banyak dimainkan oleh penggunanya. Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Role-Plyaing Game (RPG)

Salah satu contoh game RPG
Salah satu contoh game RPG (sumber: Steam)

RPG atau yang akrab dikenal sebagai permainan peran di Indonesia merupakan salah satu jenis game yang populer saat ini. Game RPG berkembang seiring dengan perkembangan game itu sendiri. Dikutip dari seluncur.id, game RPG memiliki ruang lingkupnya tersendiri seperti karakter, istilah, latar tempat dan waktu, item dan lain-lain.

Permainan jenis ini memiliki sub-genre MMORPG atau kepanjangan dari Massive Multiplayer Online Role-Playing Game. MMORPG memungkinkan pemain dapat saling terkoneksi dan berinteraksi secara online dalam satu waktu.

Contoh dari game online RPG di antaranya yaitu Elder Scroll Online, RF Online, Eve, Final Fantasy XIV, dan lain-lain.

2. MOBA

Mobile Legends, salah satu game MOBA (Sumber: indosport.com)

MOBA atau singkataran dari Multiplayer Online Battle Arena merupakan game online yang memungkinan pertarungan antar dua kelompok atau lebih di suatu arena. Pada permainan MOBA, biasanya arena yang digunakan cenderung monoton dan sempit. Banyaknya pemain yang terdapat pada permainan MOBA yaitu berkisar 10 orang.

Dalam permainan MOBA, pemain memiliki kontrol atas satu karakter untuk digunakan dan bekerja sama dengan 4 anggota tim lainnya. Karakter yang dipilih juga memiliki kemampuan-kemampuan unik yang dapat digunakan untuk mengalahkan musuh.

Beberapa game MOBA yang populer saat ini yaitu AOV, Mobile Legends, League of Legends, Lokapala, dan lain-lain.

3. Battle Royale

Jenis game online yang satu ini merupakan yang paling banyak dimainkan saat ini. Battle Royale merupakan sebuah permainan yang dikhususkan untuk bertahan hidup dan saling bertarung di antara puluhan bahkan ratusan pemain lainnya. Pemain yang dapat bertahan hingga akhir permainanlah yang akan memenangkan pertandingan.

Sebelumnya, game Battle Royale banyak ditemukan di platform komputer. Namun seiring berjalannya waktu, game ini kian marak dimainkan di smartphone.

Beberapa game Battle Royale yang saat ini ramai dimainkan yaitu PUBG Mobile, Free Fire, Sausage Man, Call of Duty Mobile, dan lain-lain.

4. First Person Shooter (FPS)

Call of Duty Online, salah satu game FPS (Sumber: defunda.com)

Game first person shoote atau yang disingkat FPS merupakan permainan yang menampilkan perspektif orang pertama. Pada game ini pemain akan merasakan pengalaman sungguhan seakan merasakan situasi yang dihadapi dalam dunia game tersebut. Biasanya pemain hanya akan melihat tampilan lengan dari karakter yang mereka kontrol.

Game FPS pada mulanya merupakan game yang berbasis offline. Namun, saat ini banyak game online FPS yang sangat banyak dimainkan seperti Point Blank, Call of Duty, Apex Legends, dan lain-lain.

5. Real Time Strategy (RTS)

Real Time Strategy atau RTS merupakan sebuah game yang menuntut para pemainnya untuk mengatur pola serangan serta pertahanan dalam waktu lama. Saat ini banyak game RTS yang juga merupakan game online. Hal ini memungkinkan pemain dapat menyrang serta harus mempertahankan kerajaan, wilayah, atau markasnya dari serangan pemain lain.

Pada mulanya game RTS identik dengan game komputer, namun sekarang banyak game online yang berplatform Android dan IOS yang menyediakan game RTS. Beberapa game RTS saat ini ialah Clash of Clan, Crusader King III, Warcraft III, dan lain-lain.

6. Game Simulasi

Game simulasi merupakan sebuah permainan dimana pemainnya seakan-akan merasakan pengalaman sesungguhnya dalam mensimulasikan suatu hal. Terdapat beberapa game online simulasi seperti mengendarai mobil, truk, kereta, pesawat, dan sebagainya.

Permainan simulasi ini cukup menarik dimainkan bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman nyata dalam melakukan peran. Biasanya game online simulasi terdapat di platform komputer. Hal ini karena game simulasi membutuhkan banyak tombol perangkat untuk dioperasikan.

Beberapa contoh game simulasi yang banyak dimainkan yaitu Truck Simulator 2, Bus Simulator 2019, Flight Simulator, dan lain-lain.

7. Sport Game

Sport Game atau yang dikenal dengan permainan olahraga merupakan salah satu jenis game online yang marak dimainkan saat ini. Pemain akan diberikan tanggung jawab seperti melatih sebuah klub, melatih suatu atlet, atau bahkan mengontrol peran atas para atlet tersebut. Beberapa sport game yang saat ini sedang banyak dimainkan adalah Fifa Online, Pro Evolution Soccer, NBA Live, dan lain-lain.

Manfaat Bermain Game Online

Manfaat bermain game

Pada dasarnya bermain game merupakan cara orang untuk menghibur diri untuk melepaskan rasa penat di sela-sela aktivitas kehidupan. Namun, beberapa orang menjadikan game sebagai saluran mereka bekerja seperti e-Sport yang saat ini berkembang pesat.

Di sisi lain, banyak pemain game yang seakan-akan tidak bisa lepas dari game itu sendiri. Hal ini tentu membuat dampak negatif bagi orang yang telah kecanduan game. Kemudian bermain game dinilai dapat mengganggu nilai akademik anak hingga dapat mengganggu kesehatan psikologis anak.

Meskipun demikian, terdapat beberapa manfaat dari bermain game online, lho. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Meningkatkan Kerja Kemampuan Otak

Seperti yang dilansir dari cekaja.com, saat kita bermain game maka otak kita akan terus belajar hal-hal baru serta diharuskan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan baru. Pemain akan dipaksa untuk mencari jalan keluar dari suatu permasalahan baru yang timbul.

Seperti contohnya permainan RTS, pemain akan terus diasah kemampuan otaknya dalam menghadapi serangan dari musuh. Selain itu, pemain game online tersebut juga harus bisa menemukan cara agar dapat menembus pertahanan lawan. Begitu juga dengan game MOBA yang membutuhkan strategi, komunikasi, dan kerjasama tim sehingga pemain akan terus mengasah otaknya.

Peningkatan kinerja otak juga distimulasi dari adanya permasalahan-permasalahan baru yang timbul secara terus-menerus. Bahkan, game online yang tidak memiliki program tetap dan harus melawan pemain lain yang sungguhan menjadikan tingkat kesulitan bermain permaian online ini cukup tinggi.

Oleh karena itu, jika pemain selalu dapat mengendalikan keadaan serta mencari cara untuk menang, maka disitulah kinerja otak si pemain akan berkembang. Ketika hal itu terjadi, maka tingkat kemampuan otak pemain tersebut seakan-akan nail ‘level’.

2. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

salah satu manfaat bermain game online adalah kerjasama tim
Kerjasama dalam bermain game online

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat begitu banyak masalah yang terus-menerus timbul dalam suatu game daring. Selain banyaknya masalah baru yang timbul, pemain game online juga dituntut untuk memenangkan pertandingan yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu, pemain harus mencari cara bagaimana untuk memenangkan pertandingan tersebut dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, pemain harus mencari cara serta meningkatkan kreativitasnya sehingga dapat mengalahkan lawan-lawannya.

Maka jika pemain game online terus menerus melakukan hal itu, maka secara tidak langsung kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya juga akan meningkat.

3. Menambah Pertemanan

Bermain game dapat memperluas pertemanan
Bermain game dapat memperluas pertemanan

Seperti layaknya game online yang dimainkan secara bersama-sama dengan terkoneksi dengan internet, maka potensi untuk mendapatkan teman baru juga tinggi. Serupa dengan media sosial, permainan daring juga menawarkan fitur add friend dan chat untuk menambah relasi sang pemain.

Hal tersebut juga penting mengingat banyak sekali unsur kerja sama tim dalam permainan daring. Sehingga jika kita memiliki teman yang kita kenal akan lebih mudah berkomunikasi yang akhirnya dapat memudahkan untuk memenangkan pertandingan.

4. Menghasilkan Uang

Ilustrasi seorang streamer game online
Ilustrasi seorang streamer game online

Dikutip dari gameqoo.id, bermain game online tidak hanya merupakan hiburan diri belaka atau sekedar mengisi waktu luang, melainkan dapat menghasilkan uang. Hal yang penting agar bermain game dapat menghasilkan uang adalah dengan menjaga ketekunan bermain dan kemampuan bermain.

Saat ini banyak turnamen-turnamen game online yang tersebar di seluruh dunia. Dimulai dari tingkat yang rendah hingga tingkat internasional. Beberpa tim di Indonesia pun sudah membuktikan bahwa dimulai dari bermain game dapat mengharumkan nama bangsa.

Selain menjadi pemain yang profesional, bermain game online juga dapat menghasilkan uang melalui streaming melalui beberapa platform srteam seperti Youtube, Nimo Tv, dan sebagainya. Diketahui juga bahwa menjadi seorang streamer lebih menghasilkan uang dibandingkan dengan pemain profesional.

5. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali game baik offline maupun online yang ditampilkan dalam bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Hampir seluruh game yang tersedia juga menyajikan beberapa bahasa lain selain bahasa Inggris, namun masih minim game online yang menyediakan bahasa Indonesia di dalamnya.

Oleh karena itu banyak pemain game daring mau tak mau harus memahami bahasa Inggris dasar yang sering mereka temui kala bermain game. Kosakata-kosakata yang terdapat di game online juga sangat membantu bagi perkembangan bahasa banyak pemain game.

Baca juga: Exclusive 8 Game Yang Banyak Dimainkan Saat Masa Pandemi

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai game online hingga manfaat bermain game online yang perlu diketahuin. Sekarang kalian tidak perlu takut lagi jika bermain game karena bermain game juga memiliki banyak manfaatnya asalkan kalian tidak kecanduan. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Shocking Ternyata Ini 5 Manfaat Bermain Game Online”

  1. Pingback: 5 Rekomendasi Game Android Mirip Harvest Moon Yang Bikin Nostalgia. Super Fun! - Bootsol

  2. Pingback: The Best 10 Game Penghasil Uang yang Jempolan! - Bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top