fbpx
Ilustrasi aplikasi note dan memo
Ilustrasi aplikasi note dan memo

Sudah familiarkah anda dengan aplikasi note dan memo? Simak pembahasan berikut dan rasakan pengalaman mencatat hal-hal penting dengan lebih mudah dan praktis.

Teknologi semakin lama semakin canggih. Munculnya gadget merupakan salah satu tanda dari kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kehidupan sehari-hari semakin bergantung pada teknologi. Jika kita perhatikan hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan ponsel di setiap pekerjaannya. Bukan hanya untuk berkomunikasi, fiturnya yang semakin lengkap memberikan banyak kemudahan untuk berbagai aktivitas.

Terutama dengan hadirnya gadget,  bisa dibilang merubah banyak kebiasaan. Gadget diciptakan sedemikian rupa, sehingga berhasil membuat beragam aktivitas bisa dilakukan secara praktis yaitu bisa dilakukan dengan satu perangkat. Terkenal dengan sebutan serba bisa, gadget pada akhirnya menjadi kebutuhan penting di samping sandang, pangan, dan papan.

Jika dulu alat tulis sangat dibutuhkan, kini gadget bisa mengikis penggunaannya dengan fasilitas yang diberikan. Contohnya jika dulu ketika ingin menulis suatu hal perlu menyiapkan pensil dan kertas, belum lagi jika ada yang keliru harus dihapus sehingga memerlukan penghapus. Sungguh merepotkan, satu aktivitas memerlukan banyak instrumen. Semenjak gadget hadir, aktivitas seperti itu bisa ditangani secara fleksibel. Untuk bisa mencatat melalui gadget kamu hanya tinggal mendownload aplikasi khusus. Tak perlu khawatir, aplikasi semacam itu bisa didownload secara gratis dan banyak tersedia di PlayStore atau AppStore.

Membuat catatan kegiatan terutama bagi anda yang terbiasa beraktivitas di luar ruangan menjadi suatu rutinitas. Beragam kegiatan penting mulai janji temu, jadwal rapat, berita penting dari halaman situs tertentu, maupun jadwal-jadwal penting lainnya yang sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Para pelaku bisnis atau pekerja profesional lainnya banyak yang menganggap bahwa waktu itu adalah uang, untuk itu mencatat akan menjadi suatu rutinitas yang harus dilakukan dengan cepat, mudah, dan praktis. Kini tugas-tugas tersebut bisa dilakukan dengan cara yang lebih pintar menggunakan smartphone, tablet hingga notebook ataupun laptop melalui aplikasi note dan memo, sehingga keinginan untuk mempermudah dan mempercepat proses bekerja akan tercapai.

Aplikasi note dan memo

Saat ini pilihan aplikasi untuk mencatat terbilang sangat banyak. Terkadang kita akan kebingungan menentukan aplikasi mana yang paling baik untuk digunakan. Dari banyaknya macam gadget, smartphone menjadi yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu berikut merupakan rekomendasi aplikasi note dan memo yang bisa memudahkan anda dalam mencatat hal-hal khusus untuk smartphone :

1. ColorNote

Tampilan aplikasi ColorNote (Sumber : apkpure)

Jika Anda ingin membuat berbagai catatan, mulai dari jadwal kegiatan hingga daftar belanjaan di smartphone khususnya android, bisa mencoba aplikasi ColorNote. Aplikasi yang satu ini memungkinkan anda bisa mencatat banyak hal lebih dari 100 kata. Bisa anda gunakan sebagai pengingat suatu jadwal agar tak terlupakan.

Keunggulan dari ColorNote bukan hanya dari segi penggunaannya dalam hal mencatat. Aplikasi note dan memo ini dilengkapi dengan fasilitas background warna-warni. Fitur tersebut memungkinkan anda mencatat sesuai keinginan dan memberikan tanda berupa warna sebagai pengingat. Tentu saja dengan begitu ColorNote akan semakin membantu anda mencatat sesuatu yang penting.

Tidak hanya warna, fitur lain yang disediakan oleh aplikasi ColorNote yaitu catatan kalender. Fitur tersebut memungkinkan anda untuk membuat catatan sesuai dengan tanggal atau hari yang diinginkan. Layaknya di dunia nyata ketika anda menandai tanggal tertentu sebagai pengingat suatu kegiatan. Bendanya saat ini hal seperti itu bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih yaitu melalui aplikasi mencatat di smartphone atau yang dikenal sebagai aplikasi note dan memo. Mengingat suatu jadwal atau mencatat kegiatan akan lebih mudah dan praktis.

Baca Juga : Incredible? Inilah 6 Rekomendasi Software Desain Grafis Gratis Super Useful

2. Evernote

Tampilan aplikasi Evernote (Sumber : evernote)
Tampilan aplikasi Evernote (Sumber : evernote)

Di zaman yang serba canggih ini anda bisa mengatur segala kegiatan tanpa harus repot-repot membawa bikin dan alat tulis lainnya. Hanya memerlukan gadget, terutama ponsel yang setiap hari tak lepas dari genggaman. Berbagai fasilitas disediakan melalui aplikasi tertentu, dalam hal ini yaitu aplikasi mencatat. Dimana aplikasi tersebut akan membantu anda untuk mengatur jadwal hari ini atau hari yang akan datang. Salah satunya melalui aplikasi Evernote sebagai salah satu aplikasi note dan memo terbaik

Aplikasi Evernote seperti aplikasi mencatat pada umumnya yaitu dilengkapi dengan fitur untuk menulis catatan dengan format teks. Namun ketika anda terlalu malas untuk mengetik, aplikasi ini menyediakan opsi lain contohnya anda bisa merekam hal-hal yang penting sebagai pengganti teks. Tak hanya audio, catatan yang anda buat bisa dilengkapi dengan foto, video, dan masih banyak lagi. Untuk format catatannya juga bisa menyesuaikan dengan beragam format yang tersedia.

Ketika menggunakan aplikasi Evernote, anda bisa membuat note yang bisa dihubungkan langsung dengan aplikasi sejenis Microsoft Office atau bahasa lainnya ialah attach ke Microsoft Office. Keunggulan lainnya, aplikasi note dan memo ini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan catatan ke kontak sang pengguna.

3. FairNote Notepad

Tampilan aplikasi FairNote Notepad (Sumber : apkpure)
Tampilan aplikasi FairNote Notepad (Sumber : apkpure)

Aplikasi FairNote Notepad diusung oleh developer bernama Tarique. Serupa dengan ColorNote, aplikasi note dan memo ini juga memiliki keunggulan dengan menyediakan beragam warna background catatan sebagai pembeda. Warna yang tersedia bisa disesuaikan dengan bebas sesuai dengan kehendak pengguna. Pilihan warna yang Tersedia cukup bervariasi, sehingga membuat catatan anda lebih menarik.

Aplikasi FairNote Notepad juga memberikan fasilitas kepada pengguna untuk mengatur remaider, dengan kata lain anda dibebaskan mengatur note sesuai dengan hal penting yang benar-benar wajib diingat dan harus dilakukan. Fasilitas lain yang tersedia yaitu fitur share yang akan mempermudah pengguna membagikan catatan dari aplikasi FairNote Notepad ke aplikasi pesan, sehingga lebih mudah disampaikan ke kontak tertentu.

Baca Juga : Trend Aplikasi Clubhouse: Apakah akan Menjadi The Next Hot Social Media di 2021?

4. FiiNote

Tampilan aplikasi FiiNote (Sumber: apkpure)
Tampilan aplikasi FiiNote (Sumber: apkpure)

Dibandingkan dengan aplikasi yang sebelumnya, FiiNote bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri. Pengguna aplikasi note dan memo ini bisa menulis dengan gaya yang berbeda, bukan hanya sekedar mengetik teks tetapi anda diberikan keleluasaan untuk menulis secara langsung di layar ponsel. Fitur seperti ini akan lebih mempermudah ketika catatan anda berupa simbol atau rumus-rumus tertentu.

Selain keunikan teknik penulisan, FiiNote juga menyediakan warna background yang lebih menarik. Warnanya tak selalu monoton, jenis warna yang yang disediakan bisa dibilang mempunyai konsep, contohnya dengan warna ala ala monokrom, warna dengan efek menyala, dan sebagainya. FiiNote juga menyediakan font huruf yang cukup beragam. Hal tersebut memungkinkan pengguna bukan hanya mencatat hal penting, tetapi sekaligus bisa menuangkan kreativitas.

FiiNote dilengkapi juga dengan fasilitas pendukung ketika malas untuk mengetik atau menulis jenis teks. Anda bisa merekam apa yang sebenarnya ingin dicatat, kemudian menyimpannya dalam bentuk catatan suara.

5. Google keep

Tampilan aplikasi Google Keep (Sumber : uptodown)
Tampilan aplikasi Google Keep (Sumber : uptodown)

Google Keep merupakan aplikasi yang cukup banyak dikenal sebagai software yang memfasilitasi pencatatan dengan baik alias salah satu aplikasi note dan memo terbaik . Terhitung hingga saat ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali oleh pengguna android di PlayStore. Seperti namanya, aplikasi yang satu ini dicetuskan oleh pihak Google. Peluncurannya bertujuan untuk memfasilitasi pengguna dalam menulis hal-hal penting melalui telepon genggam. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mempermudah menulis, terutama dalam bentuk list yang kemudian disematkan foto agar lebih detail.

Para pengguna juga diberikan keleluasaan untuk memilih label berwarna sebagai pembeda. Bukan hanya penyematan label berwana, Google keep memiliki fitur untuk menyematkan alamat lokasi tersebut. Fitur semacam ini akan mempermudah anda ketika harus bepergian ke suatu tempat pada jadwal tertentu. Nantinya secara otomatis aplikasi ini akan mengingatkan anda sesuatu setting yang telah dibuat.

Bagi anda yang sering melupakan tugas atau janji penting, kini tak perlu khawatir lagi. Terutama bagi pengguna smartphone, tak perlu lagi repot mencatat secara manual. Anda bisa memasang salah satu aplikasi untuk mencatat sesuai yang telah dibahas tadi. Gunakan aplikasi dan rasakan kemudahannya sendiri.

Baca artikel menarik lainnya hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top