fbpx

Anda mungkin bertanya-tanya saat ini, bagaimana mungkin kita dapat membuat aplikasi mobile tanpa harus ribet berurusan dengan coding dan segala macam? Tentu saja bisa, meskipun dengan fitur yang cukup terbatas, paling tidak dapat membuat rasa penasaran anda hilang.

Anda pastinya pernah mencoba aplikasi pada smartphone atau tablet bukan? Ya, aplikasi mobile adalah aplikasi yang memang didesain untuk penggunaan mobile atau selain perangkat komputer. Misalnya, seperti aplikasi pln mobile, aplikasi bri, maupun aplikasi mobile lainnya yang memang dapat digunakan pada smartphone anda.

Bootsol kali ini akan memberi tips mudah untuk membuat aplikasi berbasis mobile, berikut caranya:

Buatlah konsep yang jelas untuk aplikasi anda

Aplikasi mobile
Source: Konsep

Pembuatan konsep yang jelas sangat membantu anda untuk mendesain aplikasi yang akan dibuat, dengan langkah tersebut akan memberikan anda gambaran mengenai fitur, konten, interface maupun faktor lainnya. Anda dapat membuat gambaran konsep untuk aplikasi yang ingin dibuat dengan beberapa metode, seperti mind mapping ataupun list.

Konsep yang anda buat nantinya dapat membantu kinerja tim atau anda sendiri ketika sedang mengira-ngira terkait pembuatan aplikasi mobile. Buatlah sedetil mungkin untuk menghindari kebingungan pada saat proses pembuatan aplikasi mobile.

Gunakan google site untuk membuat rancangannya

aplikasi mobile
Source: Google Site

Kemudahan lainnya yang didapat pada google site adalah anda dapat mengkustomisasi halaman yang nantinya digunakan sebagai dasaran aplikasi anda. Karena artikel ini membahas khusus untuk pembuatan website dalam bentuk aplikasi mobile, maka google site menjadi situs yang direkomendasikan untuk pembuatan halaman aplikasi mobile.

Gunakan beberapa fitur yang disediakan oleh google site, misalnya tema, sisipan kata atau gambar maupun pemempatan tombol-tombol. Pilih fitur yang menurut anda penting, jika anda menggunakan cukup banyak fitur nantinya akan berpengaruh pada kecepatan loading aplikasi mobile anda.

Pilih website penyedia pembuatan aplikasi secara gratis

aplikasi mobile
Source: App Gesyer

Bootsol merekomendasikan pembuatan aplikasi mobile melalui appsgeyser, selain karena kemudahan pilihannya, anda hanya perlu menaruh link pada tempat yang disediakan. Hal ini tentu cukup mudah mengingat pembuatan aplikasi mobile pada umumnya terbilang cukup rumit.

 Karena website ini memberikan penawaran yang cukup menarik meskipun gratis, anda hanya memiliki durasi terbatas untuk penyimpanan aplikasi pada website. Anda harus cepat-cepat mengupload atau memindah file yang telah anda buat, entah dengan membuat mirror link ataupun mungkin mengunggahnya di playstore.

Konsep ini hanya seperti menggunakan website asli kita namun melalui aplikasi mobile, sehingga anda harus mempertimbangan website anda supaya tetap mobile friendly, karena akan memudahkan pengguna aplikasi mobile yang anda buat. berikut beberapa alasan kenapa website anda harus mobile friendly meskipun berbentuk aplikasi mobile

1. Pengguna Perangkat Mobile yang Banyak Digunakan untuk Mengakses Website

Tidak dapat dipungkiri jika banyak sekali pengguna smartphone yang mengakses sebuah website, entah karena masalah fleksibilitas maupun kemudahan dalam mengoperasikan meskipun pada saat sibuk. Anda hanya perlu membuka smartphone dan mencari apa yang sedang dicari dan menyeleksi situs mana yang mau dilihat, Bayangkan jika website yang ingin diakses cukup berat dan lambat, pastinya ini berpengaruh pada impresi yang justru sebagai bumerang untuk website tersebut. Namun apabila sebuah website mementingkan pengguna mobile, impresi yang dihasilkan pastinya akan jauh berbeda, visitors akan dimanjakan dengan fitur, artikel, maupun produk yang sedang ditawarkan tanpa harus khawatir lemot.

2. Kemudahan saat mengakses website kita

Banyak diantara kita yang berbelanja sesuatu secara online, dengan alasan kemudahan dalam proses pembelian tanpa harus ribet untuk pergi ke toko offline memberikan sebuah gap bagi website, dimana mereka dapat menawarkan produk secara digital atau online. Anda hanya perlu memilih produk yang diinginkan lalu checkout melalui pembayaran digital yang tentunya terdapat pada perangkat mobile anda, seperti M-Banking, transfer tunai melalui pihak ketiga, dan lain sebagainya. Dengan alasan kemudahan inilah yang menjadikan alasan penting dalam membuat website yang mobile friendly.

3. Berpengaruh besar pada output

Aplikasi mobile
Source: Output

Alasan terakhir tentunya hasil dari semua proses yang kita lakukan, dengan optimalisasi website yang kita buat, kita tentunya mengharapkan output yang kita inginkan. Dengan melakukan berbagai macam evaluasi, seperti mementingkan fitur ketimbang hal lainnya yang memberatkan proses loading website, kemampuan copy writing untuk produk yang kita tawarkan, dan lain sebagainya. Website yang menekankan hal-hal seperti ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri bagi pemilik website maupun visitors atau calon konsumen.

Pastikan website anda memberikan sesuatu yang konsumen atau visitor butuhkan, dan tentu saja faktor lain seperti pemilihan template, fitur yang bervariasi, maupun deskripsi produk yang mengesankan menjadi pertimbangan yang dapat diandalkan untuk meningkatkan rank dan insight website kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top