fbpx

Sekarang ini banyak unknown callers yang mencoba menghubungi nomor telepon para pengguna smartphone. Hal ini bisa menjadi sangat mengganggu karena ketidaktahuan tentang siapakah dan apa tujuan sang penelpon tersebut. Beberapa dari mereka mengangkat telepon tersebut hanya untuk mengetahui siapa orangnya, namun banyak juga yang langsung mengabaikannya dengan alasan menghindari penipuan online yang sedang marak saat ini.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini terdapat banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui informasi kontak nomor yang tidak diketahui, seperti dengan Truecaller dan Getcontact yang telah mendapat banyak unduhan melalui laman Google Playstore dan juga App Store. 2 aplikasi pendeteksi nomor ini diklaim bisa memberikan informasi seputar nomor tidak dikenal yang masuk kedalam daftar callers kita, yang mana para pelaku kejahatan online seperti penipuan dan lain halnya dapat langsung terdeteksi jika kita mengunduh aplikasi tersebut.

Lalu, banyak dari kalian mungkin bertanya-tanya mengapa sering mendapatkan pesan masuk spam atau bahkan penelepon yang tidak dikenal yang menawarkan kredit, atau bahkan yang sudah mengarah penipuan. Adanya puluhan spam calls yang masuk ke nomor kita setiap harinya tentu sangat mengganggu, bukan? Hal ini juga dapat berdampak buruk untuk aktivitas lainnya, terutama bagi kalian yang sedang berada di tempat kerja, kuliah, atau bahkan yang sedang menghadiri pertemuan.

Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi. Adanya aplikasi pendeteksi nomor tak dikenal seperti dibawah ini dapat membantu mengurangi kegiatan-kegiatan spamming yang masuk ke nomor kita.

Truecaller

Truecaller
Truecaller: Aplikasi Pendeteksi Nomor Telepon (sumber: Google Play)

Truecaller merupakan sebuah platform global terkemuka berbasis aplikasi smartphone yang memiliki beberapa fitur unggulan yang berfungsi untuk memverifikasi kontak dan memblokir komunikasi yang bersifat mengarah kepada penipuan atau spammer. Aplikasi ini dikembangkan oleh True Software Scandinavia AB, sebuah perusahaan swasta di bidang teknologi yang berpusat di Stockholm, Swedia. Didirikan oleh Alan Mamedi dan Nami Zarringhalam pada tahun 2009 dengan mayoritas pekerja berasal dari India.

Fitur-fitur seperti caller-identification, call-blocking, serta flash-messaging menjadi daya tarik tersendiri dari aplikasi ini. Cukup dengan mengunduhnya melalui laman Google Playstore atau App Store (iOS) di smartphone kamu, lalu masukan nomor telepon aktif yang terhubung dengan ponsel untuk melakukan registrasi.

Truecaller menggunakan informasi kontak yang bersumber dari provider jaringan penggunanya dan data dari pengguna lain dengan tujuan agar dapat mengkategorikan penelepon ke dalam kategori penelepon Spam atau Safe callers. Untuk mengetahui kategori tersebut, kita tidak perlu bingung bagaimana cara membedakannya, karena aplikasi ini sudah langsung dilengkapi dengan warna kontak sang penelepon yang masuk yang dapat memberitahu apakah itu spam atau bukan. Warna biru biasanya tertera pada kontak sang penelepon yang masuk dalam kategori penelepon “Aman”, jika kontak penelepon tersebut berwarna merah, maka ada kemungkinan penelepon tersebut termasuk kedalam kategori Spammer yang bisa saja merupakan seorang penipu.Maka dari itu, jika kamu mendapati penelepon dengan kontak berwarna merah, sebaiknya abaikan saja agar menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh tampilan kontak berwarna merah kategori Spam

Ada 2 fitur utama yang menjadi fokus Truecaller sebagai aplikasi pendeteksi nomor tak dikenal, yaitu:

Fitur “Report a Number as Spam”

Sejak 2009, banyaknya jumlah spam numbers yang dilaporkan telah menjadi salah satu faktor kunci dalam aplikasi Truecaller dan menjadi salah satu fitur paling populer. Jika kamu mendapati penelepon dengan warna kontak berwarna merah secara terus menerus, pastinya Report as Spam menjadi hal yang akan kamu lakukan tanpa mempertimbangkan hal lainnya karena sudah menyangkut keamanan dan kenyamanan pribadi yang sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Saat kamu menerima telepon dari seseorang yang sudah jelas termasuk dalam kategori spammer, kamu dapat langsung melihat detail nomor tersebut dengan mencari atau mengklik ikon yang diberikan untuk nomor tersebut. Lalu, akan ada opsi pilihan Block atau Report. Selain itu, dalam aplikasi ini kamu juga dapat menambahkan informasi dalam kontak penelepon tersebut, seperti nama perusahaan atau bahkan tag nama yang sesuai dengan penelepon tersebut. Tujuannya agar memudahkan para pengguna lain mengetahui informasi detail mengenai sang penelepon spammer tersebut sehingga ketika ada telepon masuk, langsung dapat terdeteksi siapakah dan apa tujuannya.

Fitur “Inbox Cleaner”

Fitur “Inbox Cleaner” dapat membantu kamu menghapus semua pesan lama yang tidak diinginkan dalam beberapa detik. Fitur ini dapat diakses di menu utama aplikasi Truecaller Android. Hanya dengan klik pada tombol “Inbox Cleaner” langsung dapat menampilkan berapa banyak pesan OTP dan spam lama yang telah masuk, kemudian klik tombol “Bersihkan” untuk menghapus semua pesan lama tanpa memengaruhi data penting yang ada di smartphone kita.

Baca juga: Very Important : 3 Jenis Aplikasi Mobile Populer dan Contohnya

Getcontact

Getcontacct
Getcontact (sumber: Daily Info)

Sama dengan Truecaller, Getcontact merupakan sebuah aplikasi “pemblokiran spam” dan “identifikasi penelepon” yang dapat digunakan melalui smartphone. Aplikasi ini berfungsi untuk menyaring panggilan yang mengganggu dan hanya mengizinkan orang yang terpilih untuk bisa berkomunikasi dengan kamu. Kamu juga dapat mengidentifikasi panggilan yang diterima dari nomor yang tidak tercantum dalam kontak. Jika kamu menerima panggilan yang tidak diinginkan, aplikasi ini dapat langsung menyaring panggilan “robot”, telemarketer, dan panggilan palsu lainnya

Getcontact dapat kamu unduh melalui laman Google Playstore maupun App Store dengan cara yang sama seperti aplikasi sebelumnya, yaitu cukup melakukan registrasi menggunakan nomor ponsel aktif yang ada di smartphone kamu, kemudian kamu langsung bisa menikmati fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut.

Beberapa fitur yang ada pada aplikasi Getcontact, antara lain:

Fitur “Caller Identification”

Fitur ini dapat mengetahui siapa yang sedang menelepon kamu dan khusus untuk pengguna Android, kamu juga bisa langsung mengidentifikasi kontak sang penelepon yang tidak dikenal secara instan dan gratis melalui perangkat ponsel.

Fitur “#Tags”

Dengan memiliki banyak pengguna dari berbagai negara membuat Getcontact terus mengasah kemampuannya, seperti hadirnya fitur “Add Tags” yang menjadi peningkat database para profil pengguna melalui verifikasi dan konfirmasi kontak sang penelepon.

Contohnya, kamu dapat mengisi #Tags di profil pengguna lain yang berkaitan dengan pekerjaan atau nama perusahaan pengguna tersebut, seperti mencantumkan Nama Pengguna beserta Nama Perusahaannya; “Als – Bootsol”. Kemudian, untuk tetap menjaga privasi penggunanya dari fitur “Add Tags”, maka para pengguna Getcontact dapat mengubah atau bahkan menghapus “Tag” yang ada di profilnya.

Fitur “Trust Score”

Ini merupakan salah satu fitur yang sangat menarik sekaligus berguna. Fitur ini diwujudkan untuk melawan dan menghentikan penipuan melalui telepon yang sedang marak terjadi. Jika kamu ingin memulai bisnis dengan perusahaan atau sedang mencari tahu tentang keabsahan suatu perusahaan/instansi, kamu dapat mengeceknya melalui fitur “Trust Score” ini.

Meskipun sudah dibantu oleh aplikasi pendeteksi seperti ini, kita harus tetap waspada untuk adanya kemungkinan penipuan online yang masih bisa lolos masuk kedalam nomor kita ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top