fbpx

Banyak orang masih belum sadar bahwa kini aplikasi edit video juga bisa didapatkan pada HP android. Hal ini dikarenakan banyak orang mengedit video melalui aplikasi-aplikasi yang digunakan pada PC. Secara umum, tentu mengedit video pada PC atau komputer akan memberikan hasil yang lebih baik, namun secara penggunaan tentu tidak ramah bagi semua pengguna. Selain itu, tidak semua orang memiliki perangkat yang memadai untuk mengedit video pada PC atau komputer. Sehingga sering di temukan orang-orang kesusahan dalam memilih dan menggunakan aplikasi edit video.

Seiring dengan perkembangan teknologi, melakukan proses editing video mulai bisa dilakukan pada HP android. Hal ini di akibatkan oleh banyaknya aplikasi yang bisa menjadi pilihan pengguna untuk melakukan edit video. Terlebih, kini banyak orang yang membutuhkan aplikasi-aplikasi untuk memudahkan produksi video dalam berbagai tujuan, entah itu tugas, komersil, atau hanya sekedar hobi.

Secara umum, edit video atau video editing adalah kegiatan memanipulasi dan pengaturan pengambilan gambar video. Biasanya mengedit video bertujuan untuk mengatur, menyusun, dan menyajikan sesuai dengan kehendak dan selera pelaku video editing.

Saat ini, memiliki skill edit video adalah kemampuan yang banyak diminati dan berguna dalam karir profesional. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan atau lembaga yang membutuhkan seseorang yang mahir dalam video editing atau yang disebut Video Editor. Bisa jadi hal ini berhubungan dengan marketing dan promosi yang kini penggunaan media audio visual menjadi menarik dan trend dalam masyarakat.

Illustrasi Video Editing Aplikasi Edit Video
Illustrasi Video Editing

Namun permasalahan terkait aplikasi edit video apa yang harus digunakan menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang karena adanya keterbatasan akan satu dan lain hal, terutama perangkat yang mumpuni. Namun, kini ada beberapa aplikasi edit video di android yang memberikan kemampuan itu sehingga kini semua orang bisa melakukan edit video di smartphone masing-masing.

Namun sebelum mengenal lebih jauh tentang aplikasi edit video di HP android, kita juga harus paham beberapa kelebihan dan kekurangan jika memilih untuk melakukan proses edit video di smarphone.

Kelebihan Aplikasi Edit Video di Android

Praktis

Tentu mengedit video di smartphone adalah sebuah kegiatan yang praktis, karena perangkat yang digunakan adalah smartphone yang bisa di bawa kemana saja tanpa ribet jika dibandingkan dengan laptop. Jadi dengan hal tersebut, kamu bisa melakukan edit video di mana saja dan kapan saja. Proses mengunduh aplikasi juga terbilang praktis karena sudah bisa di download di play store secara gratis.

Singkat

Selain itu, proses edit video di smartphone juga terbilang singkat. Hal ini disebabkan karena fitur yang diberikan juga tidak terlalu banyak sehingga memaksa pengguna untuk membuat atau memproduksi video sederhana. Selain itu, karena tidak banyaknya fitur yang diberikan, maka hal ini akan menjadi ramah bagi pengguna karena tidak perlu pusing akan fungsi dan penggunaan setiap fitur.

Rendering

Rendering adalah salah satu tahap akhir yang biasanya dilalui saat mengedit video. Rendering bagi sebagian orang adalah kegiatan yang membosankan karena biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun rendering di smartphone akan membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat, namun hal ini juga masih mempertimbangkan durasi video.

Baca juga: No Worry! 5 Aplikasi Edit Video Awesome Ini Cocok Untuk Pemula

Kekurangan Aplikasi Edit Video di Android

Fitur

Seperti yang sudah di jelaskan, bahwa salah satu permasalahan jika mengedit video di smartphone adalah fitur yang diberikan tidak sebanyak fitur pada aplikasi edit video di PC. Ini membuat pengguna tidak bisa berkreasi secara bebas dan luas karena kemampuan yang diberikan juga terbatas.

Layar

Mengedit video memang akan lebih mudah dan nyaman jika layar perangkat besar. Ini juga berkaitan dengan detail-detail yang ingin di tambahkan dalam video sebagai wujud kreasi pengguna. Maka tak jarang, mengedit video di smartphone tidak begitu nyaman karena layar yang tidak begitu besar sehingga kesusahan dalam beberapa hal

Baterai

Selanjutnya adalah baterai, mengedit video di smartphone tentu beresiko membuat baterai HP cepat habis, karena proses edit video yang membuat HP berkerja keras, serta penggunaannya yang cenderung lama, sehingga ini akan mempengaruhi ketahanan baterai.

Nah setelah menyimak beberapa kelebihan dan kekurangan mengedit video di HP, yuk intip beberapa aplikasi edit video di HP android yang cocok buat kamu!

FilmoraGO

FilmoraGo Aplikasi Edit Video
FilmoraGo

Yang pertama adalah FilmoraGO. FilmoraGo adalah aplikasi edit video gratis yang memberikan pengalaman dalam penggunaan yang mudah. Selayaknya aplikasi edit lain, FilmoraGo juga memberikan fitur-fitur dasar seperti pemangkasan, pemotongan, penambahan, tema, musik, dll.

Selain itu, fitur-fitur lain yang diberikan pada aplikasi ini seperti transisi, slow motion, menambahkan teks, yang bisa didapatkan secara gratis. Selain itu, di FilmoraGo juga terdapat beberapa fitur yang bisa didapatkan secara berbayar, dan tentunya bermanfaat untuk menunjang produksi videomu.

KineMaster

KineMaster Aplikasi di Android
KineMaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi yang cukup populer sebagai aplikasi edit video di android. KineMaster juga termasuk aplikasi dengan ukuran yang relatif rendah, yakni di bawah 100 mb. Sehingga ramah bagi smarphone, meskipun memiliki keterbatasan spek.

KineMaster terdapat dua versi, yakni gratis dan berbayar. Untuk KineMaster Premium menawarkan edit video tanpa watermark serta tanpa iklan. Keunggulan yang diberikan oleh KineMaster selain penggunaannya yang mudah adalah di aplikasi ini juga bisa melakukan proses cutting dan trimming, menambahkan multitrack audio, LUT Filter, serta menariknya menghadirkan efek transisi 3D sehingga bisa membuat video tampak lebih profesional.

VivaVideo

VivaVideo di android
VivaVideo

Selanjutnya adalah VivaVideo. VivaVideo adalah aplikasi edit video yang banyak di gunakan. Hal ini disebabkan penggunaannya yang di rasa mudah. Tentu mudahnya penggunaan aplikasi, khususnya aplikasi editing, akan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.

Baca juga: 5 Mobile Apps Terkini yang Simple Tapi Berfaedah

Aplikasi yang dibuat oleh developer QuVideo Inc ini memberikan fitur-fitur seperti glitch effect, menambahkan musik, emoji dan teks, transisi, dan pengaturan kecepatan serta slow motion. Dengan hal ini, VivaVideo mendapatkan rating bagus di Play Store dan telah diunduh lebih dari 100 juta.  

Capcut

Capcut di android
Capcut

Capcut adalah salah satu aplikasi edit video yang cukup trend saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi ini sempat viral beberapa waktu belakangan saat banyak digunakan di TikTok. Selain itu, aplikasi Capcut memang pada dasarnya mudah dalam digunakan.

Selain memberikan pengalaman untuk melakukan edit secara manual, capcut juga memberikan beberapa template yang tentu akan memudahkan pengguna dalam mengedit video, dan capcut aplikasi yang tergolong memiliki size kecil jadi recommended untuk kalian yang memiliki stok penyimpanan terbatas namun tetap produktif dalam mengedit video.

VN Video Editor

VN Video Editor di android
VN Video Editor

Dan yang terakhir adalah VN Video Editor. VN memberikan pengalaman edit video secara gratis dan tanpa watermark. Menariknya, sama seperti capcut, VN juga salah satu aplikasi edit video yang beberapa waktu lalu sempat viral di TikTok. Sehingga banyak orang-orang mencoba untuk menggunakan VN dalam mengedit video

Secara umum, VN hampir sama dengan capcut, khususnya terkait kemudahan dalam penggunaannya, namun fitur yang di tawarkan relatif lebih lengkap sehingga cocok digunakan buat kamu yang ingin berkreasi lebih.

Gimana? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi dalam memilih aplikasi edit video di android!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top