fbpx

Tidaklah sulit untuk menemukan alasan kenapa video sangat populer hari ini. Salah satunya adalah karena formatnya yang mudah dicerna, memberikan mata kita sesuatu yang baru dan memberikannya waktu istirahat dari banyaknya teks yang ada di platform media online. Jelas hal ini sedikit membuktikan bahwa lebih banyak orang yang suka menonton dibandingkan membaca. Hal ini juga menjelaskan kenapa banyak orang yang menghabiskan jutaan jam setiap harinya menonton video di YouTube.

Bukankah ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk memasarkan produk melalui teknologi tersebut? Iya kan? Nah buat kamu yang sedang berada di perjalanan menuju karir digital marketing harus memiliki pemahaman yang lengkap mengenai kekuatannya sebagai alat pemasaran atau marketing yang tepat. Tentu saja ini bukan hanya karena mereka sebagai customer mungkin tertarik dengan hal ini, tapi semata-mata dilakukan juga supaya kamu masih bisa berkompetisi dengan perusahaan lainnya alias supaya kamu nggak ketinggalan di era globalisasi ini.

Nah berikut ini, kami akan menguraikan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh digital marketer untuk membuat video dan membagikannya. Selain itu, kami juga akan menggaris bawahi tentang 3 alasan utama mengapa hal ini sangat penting untuk marketing strategy kamu.

Kenapa Harus Video?

Ilustrasi

Mungkin kalian bertanya, dari sekian banyak format digital yang ada, kenapa harus format video. Asal kalian tahu saja, itu adalah content format yang serbaguna dan menarik perhatian. Dia tidak hanya memberi kita sebuah gambaran yang nyata tentang apa yang sebenarnya terjadi, tetapi juga format tersebut sangat mudah untuk dibagikan melalui beragam platform media.

Konsumen akan menyukainya karena isinya akan langsung straight to the point, entertaining dan engaging. Selain itu, kamu sebagai marketers atau pemasar juga akan menyukai hal ini karena akan memberikan sebuah potensi yang besar pada Return on Investment (ROI) alias laba atas investasi melalui beberapa channel.

Ini juga merupakan format yang mudah diakses oleh semua orang menggunakan internet, baik untuk menonton maupun membuat. Ya memang perlu diakui terdapat sebuah tren ke arah video yang berkualitas tinggi pada level professional, namun siapapun dapat menggunakan laptop mereka dan membuat karyanya sendiri dalam waktu kurang dari satu jam. Serius. Sekarang sudah bermunculan aplikasi sederhana yang ringan untuk keperluan editing.

Jenis-jenis Video

Ilustrasi

Ada banyak jenis video diluar sana yang bisa kamu gunakan. Namun sebelum itu, perlu diketahui bahwa membuat content marketing strategy yang efektif memerlukan sebuah pengetahuan yang solid dari tujuan produk kamu, sebelum kamu duduk manis dan membuat konten. Artinya kamu harus tahu dulu produk kamu itu ditujukan untuk siapa, segmentasinya dan lain-lain. Untuk itu, kamu harus memastikan jenis-jenisnya dan platform yang dipilih (jika kamu memposting di media sosial) sesuai dengan tujuan video itu sendiri.

Yang pertama ada video explainers atau penjelasan, Jenis ini mengedukasi masyarakat terhadap produk yang dibuat. Di dalamnya kamu bahkan bisa menjelaskan petunjuk atau instruksi, aktivitas layanan pelanggan (customer service) dan masih banyak lagi. Pokoknya, jenis ini seperti kamu sedang melakukan presentasi ketika siding skripsi, hehe.

Selanjutnya ada jenis interviews atau wawancara. Jenis ini membuat dua pihak saling bertemu untuk mendeksiripsikan produk atau pembahasan lainnya, atau kamu bisa menampilkan bintang tamu hingga orang yang memiliki pengaruh (influencer). Jika kamu kerepotan untuk membuatnya, kamu bisa merekam hasil wawancara tersebut dan bisa dijadikan sebuah podcast. Saat ini, banyak kok aplikasi yang menyediakan fitur podcast seperti anchor.fm hingga noise.

Baca Juga: Super Interesting! 5 Arti Warna Logo Berdasarkan Psikologi Warnanya

Kemudian ada jenis product reviews dan demo videos. Keduanya bisa dibuat oleh seorang brand ambassador dan imbalannya bisa dengan sebuah produk gratis. Jika kamu dapat menemukan orang-orang di lingkungan sekitar yang menginginkan kenaikan followers di sosial media, mereka adalah orang yang tepat. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan iklan gratis. Siapa sih yang gak mau sesuatu yang gratis?

Melakukan hal ini juga dapat membantu kamu untuk mengetahui informasi tentang produk jika brand ambassador yang dipiih adalah orang yang followersnya aktif. Biasanya mereka sering komentar terhadap produk yang sedang dibahas. Kamu bisa melakukan evaluasi dari berbagai komentar tersebut. Dalam arti tertentu, itu bisa dikatakan sebagai riset pasar loh.

Terakhir adalah live videos. Jenis satu ini memungkinkan kamu lebih dekat dengan pelanggan secara personal karena mereka akan mengutarakan secara langsung apa kelebihan, kekurangan, hal yang perlu dikembangkan atau dipertahankan. Biasanya dilakukan di beragam sosial media.

3 Data Statistik yang Membuktikan Bahwa Marketers Memerlukan Video

Ilustrasi

Pengaruh Search Engine Optimization (SEO)

Lebih dari 80% dari semua traffic biasanya akan berisi video (Cisco). Search engine seperti google dan bing menyukai video karena mereka melihatnya sebagai sebuah konten yang memiliki kualitas yang tinggi. Untuk itu, menggunakan format ini dalam beragam konten akan sangat bermanfaat untuk laju traffic SEO mu (selama video tersebut juga teroptimisasi). Ini artinya bukan hanya video yang berpengaruh tetapi juga penggunaan keyword yang tepat, meta description yang solid dan juga judul yang kuat serta memunculkan sentiment.

Menginformasi dan Mengedukasi

97% pemasar atau marketer mengaku bahwa mereka merasa terbantu dengan video untuk menjelaskan produknya (Hubspot). Sebagian besar pemasar saat ini tidak lagi mengambil jenis pendekatan pitching. Alasannya jelas bahwa ada terlalu banyak pilihan di luar sana. Mereka bisa dengan mudah melakukan pencarian secara cepat di internet untuk menemukan produk terbaik di lingkungan mereka atau bahkan di dunia. Mereka bisa memesannya secara online.

Nah untuk itu, pemasar perlu pendekatan yang baru, alih-alih “melakukan penjualan” secara langsung yang harus melakukan tatap muka. Dan video unggul dalam memberikan pelanggan terhadap pandangan yang sangat dekat tentang produk, layanan hingga pengaruh.

Meningkatkan Penjualan

90% kosumen mengaku bahwa sebuah video akan membantu mereka dalam melakukan keputusan pembelian (Social Media Today). Data lainnya yaitu dari Wyzowl mengklaim bahwa ada 74% orang yang mendapatkan kesempatan untuk melihat produk akan melakukan aksi (membeli produk) melalui video penjelasan yang telah mereka tonton.

Alasan lain mengapa video adalah format yang tepat untuk digital marketing adalah membuat para pembeli tetap stay di halaman website yang sedang membahas produk tersebut. Hal ini terutama sangat berlaku pada mereka yang bukan pembaca besar alias yang tidak suka membaca. Selain itu, terlalu lama menatap layar putih dengan membaca deskripsi produk dan sebagainya membuat mata akan terasa lebih lelah. Seharusnya, orang orang yang menonton video akan bertahan selama sekitar satu hingga dua menit lebih lama jika di website tersebut terdapat video.

Nah, itu dia tiga hal penting tentang video dalam digital marketing. Jadi, sudah siap untuk membuatnya?

Baca Juga: 5 Helpful Tips Membuat Reels Instagram Yang Menarik

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top