fbpx

Diakui atau tidak, nama Indonesia dalam dunia per-hacking-an cukup mendapatkan perhatian dari dunia luar. Walaupun bukan sebagai kuda hitam yang diperhitungkan secara berlebihan, namun para peretas dari Tanah Air sering berlalu lalang dan menunjukkan eksistensi mereka melalui ‘hasil karyanya’ secara langsung atau tidak langsung.

Dalam dunia hacking, ada banyak kategori yang digunakan sebagai pembeda antara peretas satu dengan yang lain tergantung dari kemampuan sampai dengan tujuan sang peretas melakukan aksinya. Mulai dari black hat, white hat, grey hat sampai dengan lamer.

Nah, khususnya untuk urusan yang lebih tinggi levelnya, Indonesia memiliki segudang peretas yang ada beberapa di antaranya terkenal dan beberapa lainnya tetap berada di balik layar tanpa diketahui identitas atau keberadaannya. Berikut ini adalah beberapa peretas dari Indonesia yang namanya cukup terkenal baik di lingkup nasional maupun secara internasional.

1. Hmei7

Mungkin bagi orang awam, nama Hmei7 adalah suatu identitas asing yang tidak pernah terdengar sebelumnya. Tapi tahukah Anda bahwa seseorang di balik inisial Hmei7 ini cukup diperhitungkan kelihaiannya dalam melakukan peretasan dalam level atas.

Hmei7 [image source]
Hmei7 [image source]

Dia merupakan seorang defacer handal yang pernah mengacak-acak situs blogging, WordPress beberapa tahun lalu. Bahkan di tahun 2001 silam, Hmei7 pernah melakukan defacing terhadap lebih dari 5000 website hanya dalam waktu 2 hari saja. Oleh karenanya, dia dianggap sebagai Master of Mass Defacer.

Menurut perkiraan banyak orang yang berkecimpung dalam dunia hacking, Hmei7 adalah seorang peretas yang pernah kuliah di salah satu universitas negeri di Malang, Jawa Timur di jurusan Diskomvis. Dia kerap aktif di berbagai forum dan group chat mIRC dengan nick name berbeda. IBM merupakan situs pertama yang berhasil dia lumpuhkan.

2. XsvsHacker

Seperti halnya Hmei7, seorang peretas handal dari Tanah Air lainnya, berinisial XsvsHacker juga pernah melakukan aksi yang membuat banyak pemilik website kelabakan, seperti meretas database NYPD di tahun 2011, melakukandefacing lebih dari 430 ribu situs di seluruh dunia, meretas database game Zynga sampai dengan membobol server situs kepresidenan Israel.

Stealing online information
Ilustrasi XsvsHacker [image source]

Walaupun identitas asli XsvsHacker belum diketahui sampai sekarang, namun pihak FBI terus mencarinya dari tahun 2011 hingga kini karena telah mengambil data-data penting di server CIA dan NYPD.

Menurut beberapa forum bawah tanah, XsvsHacker adalah salah satu anggota hacktivist terkenal dunia, Anonymous, yang kabarnya bernama asli Sandy Afrian. Akan tetapi, kebenaran mengenai namanya tersebut masih menjadi simpang siur.

3. Pegasus

Pemain legenda dan pemain lama di dunia underground yaitu Pegasus. Sudah berkecimpung sejak tahun 2000an sejak zaman IRC. Pemain yang kerap meretas semua situs besar dari KFC, Mcdonald dan hingga microsoft ini ternyata sudah diketahui publik. Pegasus sendiri berulang kali mengganti nama agar tidak diketahui sosoknya. Pegasus dulu diketahui sebagai Falcon, Sharko dan Mani4k K4sur S ini kerap menunjukkan sensasi dan skillnya yang papan atas. Memiliki banyak write up dan kerap menimbulkan masalah. Sosok pegasus dikenal dengan nama Muhammad Sobri Maulana.

Diketahui Pegasus mengganti haluan menjadi seorang Dokter dan Pengusaha. Namun, Pegasus masih aktif dalam dunia underground dengan terbukti banyak hasil retasan yang sudah di retas. Pegasus konon bisa menyebabkan hal yang kacau jika dia bergerak.

Untungnya pegasus sudah mulai menjadi white hacker. Uniknya, Pegasus tidak pernah belajar atau kursus secara resmi bagaimana cara untuk melakukan peretasan. Dia belajar secara otodidak dengan membaca berbagai sumber yang didapatkannya dari Google.

Jika pemerintah Indonesia jeli akan perkembangan dunia teknologi informatika, sebenarnya banyak ahli atau pakar IT dan komputer di Tanah Air yang memiliki kemampuan atau keahlian di atas rata-rata. Namun sayangnya, banyak di antara mereka belum terekspos dan diberdayakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top