fbpx

Hari gini, digital marketing udah jadi salah satu medium untuk menghasilkan cuan yang menjanjikan. Soalnya siapa sih yang gak punya akun media sosial? Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat sebagian besar orang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget. Belum lagi kenyataan menunjukkan bahwa anak-anak sekarang lebih suka “bermain secara online” daripada menghabiskan waktu diluar rumah. Kecenderungan untuk segera membuat akun menjadi lebih tinggi.

Hal diatas bisa menjadi kesempatan buat kamu untuk menambah penghasilan loh. Serius, kamu bisa menghasilkan cuan dengan hanya duduk di rumah sambil makan, minum kopi, bahkan rebahan. Enak banget kan? Bukankah itu sebuah pekerjaan yang diimpikan oleh semua orang? Jika kamu tertarik, yuk kenalan dulu dengan digital marketing.

APA ITU DIGITAL MARKETING?

Ilustrasi

Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Sama seperti kegiatan jual beli, hanya saja yang satu ini dilakukan secara online, membutuhkan koneksi internet sehingga penjual dan pembeli kemungkinan besar tidak bertatap muka secara langsung.

Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian konsumen dan calon konsumen, serta mendongkrak penjualan produk atau brand dengan lebih cepat. Jika kamu pernah melihat orang yang menjadikan akun facebooknya untuk berjualan, itu sudah termasuk kedalam kegiatan bisnis lewat media sosial berbasis digital marketing, loh. Namun terkadang tidak menggunakan strategi yang tepat.

Nah, secara spesifik, strategi tersebut diantaranya adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan berbasis daring seperti Facebook Ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, email dan mobile marketing, billboard elektronik dan sebagainya.

KELEBIHAN DIGITAL MARKETING

Jika kamu perhatikan, sekarang ini banyak banget perusahaan atau UMKM yang memasarkan brand / produknya di dunia digital. Bukankah ini mengindikasikan bahwa digital marketing ini memiliki banyak kelebihan sehingga dipakai oleh banyak perusahaan? Kira-kira apa aja ya manfaatnya? Yuk simak baik-baik, dijamin jadi langsung pengen bisnis, hehe.

Luasnya Jangkauan

Dengan memasarkan produk di dunia digital, brand atau produk kamu tidak hanya dikenal di kampung atau lokasi tempat tinggal kamu saja, satu Indonesia bahkan dunia bisa notice apa yang ditawarkan. Dunia digital dan internet tidak mengenal batasan. Kamu bisa menemukan seorang teman dari Amerika melalui Facebook, begitupun digital marketing yang bisa mendatangkan konsumen dari luar negeri. Semakin luas jangkauannya, semakin besar peluang produk dikenal dan tentu saja semakin cuan deh, hehe.

Penyebaran yang Cepat

Ibarat bertukar pesan lewat WhatsApp, berjualan menggunakan strategi digital marketing juga secepat itu loh guys. Beneran. Hal ini disebabkan karena dunia digital tidak mengenal kata ruang yang bisa menjadi penghalang kegiatan berbisnis kita. Selain itu, digital marketing juga bisa diukur secara realtime dan tepat. Keren banget ya. Satu hal yang mungkin cukup penting untuk diperhatikan adalah kualitas koneksi jaringan internet kamu.

Murah dan Efektif

Mendengar kata murah, siapa sih yang gak tertarik? Dibandingkan dengan pemasaran tradisional alias traditional marketing, tentu saja digital marketing lebih menghemat biaya pengeluaran karena secara garis besar yang kamu butuhkan adalah smartphone dan koneksi internet saja. Bahkan, Gartner’s Digital Marketing Spend Report mengatakan bahwa kegiatan ini bisa menghemat biaya pengeluaran hingga 40%. Wow. Hal ini dirasa masuk akal ya karena kamu tidak perlu membeli tanah, membeli toko, property dan sebagainya. Gimana? Udah tertarik belum?

Nah guys, untuk jenis digital marketing sendiri itu bermacam-macam, diantaranya ada website, Search Engine Marketing (SEM), Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang gak mau repot bikin website, atau pusing sama SEM dan SEO, kamu bisa menggunakan jasa dari Bootsol. Kepoin dulu aja guys dengan cara mengunjungi websitenya. Klik disini. Nah sekarang mari kita masuk ke topik yang paling kalian tunggu yaitu Social Media Marketing.

Baca Juga: 5 Jenis Konten Visual dalam Marketing Campaign. Best Way to Know!

SOCIAL MEDIA MARKETING

Ilustrasi Sosial Media

Secara sederhana, social media marketing bisa dikatakan sebagai teknik pemasaran lewat media sosial. Kenapa media sosial? Karena seperti yang telah disebutkan diatas bahwa hari ini hampi semua orang memiliki akun media sosial di gadgetnya. Lagipula, gadget dipakai buat apa sih? Hehe. Jadi kegiatan ini adalah proses marketing menggunakan media sosial seperti Facebook, Inatagram atau Twitter. Namun, sebernanya maknanya jauh lebih luas daripada itu. Seperti yang diutarakan oleh Hubspot bahwa social media marketing adalah sebuah aksi pembuatan konten untuk menarik perhatian konsumen. Maka dari itu, kegiatan ini tidak hanya menjual produk kamu secara langsung tapi diperlukan konten supaya bisa lebih menarik. Lanjutin dulu yuk bacanya.

STRATEGI DALAM SOCIAL MEDIA MARKETING

Social Media Facebook
  • Ketahuilah selera audiensmu supaya konten yang kamu buat bisa menarik perhatian mereka. Dengan hal ini, engagement yang didapat bisa lebih besar.
  • Tentukan platform yang akan dijadikan sebagai lapak. Kamu bisa memilih Instagram, Facebook, Twitter bahkan YouTube. Kenapa step ini penting karena setiap platform memiliki fitur dan segmentasinya masing-masing. Misalnya Instagram. Kamu harus membuat konten gaya millennial karena kebanyakan pengguna Instagram adalah generasi millennial sehingga relevan dengan customer.
  • Membuat konten yang menarik supaya orang bisa tergerak untuk menggunakan produk yang dipasarkan. Misalnya kamu berjualan baju di Instagram, maka kamu bisa membuat konten tentang OOTD atau mix and match menggunakan produk yang kamu jual. Mereka bisa melihat langsung pakaian yang sedang ditawarkan.
  • Postinglah konten secara teratur karena hal ini berpengaruh pada engagement yang kamu ciptakan. Konsumen kamu akan tahu kapan kamu akan mengupload konten dan mereka pasti tahu kapan harus membeli produknya. Kamu bisa membuat semacam trailer atau teaser atau desain yang dibagikan ke storygram dan platform lainnya.
  • Lakukan evaluasi untuk melihat hasil dari kinerja yang kamu lakukan. Perbaiki yang kurang dan tingkatkan kualitas konten.

Gimana? Udah siap berbisnis di media sosial berbasil digital marketing?

Baca Juga: No Worry! 5 Aplikasi Edit Foto Super Ini Cocok Banget Bikin Kamu Jadi Selebgram

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top