fbpx
Ilustrasi aplikasi lockscreen
Ilustrasi aplikasi lockscreen

Masalah terkait pelanggaran privasi masih sering terjadi. Tak jarang pelakunya merupakan orang terdekat seperti keluarga maupun teman. Contohnya pelanggaran privasi pada smartphone. Mungkin terkesan sepele, namun privasi sudah seharusnya dijunjung tinggi, sehingga orang yang tidak dikehendaki, tidak berhak membuka dan memeriksa smartphone anda tanpa izin. Demi mengatasi hal tersebut, anda sebagai pemilik bisa menggunakan aplikasi lockscreen terbaik.

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi lockscreen terbaik untuk smartphone. Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di AppStore maupun Playstore. Pada dasarnya memang smartphone memiliki fitur lockscreen bawaan. Hanya saja dengan mendownload aplikasi smartlock, anda bisa memilih banyak cara untuk mengunci layar, mulai dari password, pola, pin, gambar, wajah, dan masih banyak lagi. Hebatnya lagi sudah banyak aplikasi smartlock yang memungkinkan memberikan pengamanan bukan hanya untuk kaya ponsel, tetapi juga pengaman dari baterai habis sia-sia. Pasalnya, kerap kali ketika smartphone sedang tidak digunakan, ternyata banyak aplikasi di smartphone berjalan secara otomatis tanpa kendali.

Perlu disadari bahwa memasang aplikasi lockscreen menjadi hal yang sangat penting. Bukan hanya menjaga privasi tetapi juga menjaga data-data penting di dalam smartphone. Hal tersebut membuat pemasangan aplikasi lockscreen terbaik di smartphone merupakan suatu keharusan.

Baca Juga : Super Amusing! Inilah Top 5 Media Sosial Terpopuler di Dunia

Pengertian Lockscreen

Menurut wikipedia, layar kunci alias lockscreen adalah komputer user interface elemen yang digunakan oleh berbagai sistem operasi . Mereka mengatur akses langsung ke perangkat dengan mengharuskan pengguna melakukan tindakan tertentu untuk menerima akses, seperti memasukkan sandi , menggunakan kombinasi tombol tertentu, atau melakukan gerakan tertentu menggunakan layar sentuh perangkat . Ada berbagai metode otentikasi untuk melewati layar kunci, dengan yang paling populer dan umum menjadi nomor identifikasi pribadi (PIN), kunci pola Android, dan biometrik (misalnya Sentuh ID danpengenalan wajah ).

Bergantung pada sistem operasi dan jenis perangkat, layar kunci dapat berkisar dari layar masuk sederhana , hingga layar ikhtisar dengan tanggal dan waktu saat ini, cuaca, pemberitahuan terbaru , kontrol pemutaran untuk media yang diputar di latar belakang (biasanya musik), pintasan ke aplikasi (seperti kamera), dan secara opsional, informasi kontak pemilik perangkat (yang dapat digunakan jika perangkat hilang atau dicuri, atau selama keadaan darurat medis).

Rekomendasi aplikasi lockscreen terbaik untuk Android

Berikut merupakan rekomendasi aplikasi lockscreen terbaik untuk android yang bisa anda coba :

1. Gesture Lock Screen

Ilustrasi Gesture Lock Screen
Ilustrasi Gesture Lock Screen (Sumber : apkpure.com)

Rekomendasi aplikasi lock screen terbaik yaitu Gesture Lock Screen. Aplikasi lockscreen yang dikembangkan oleh developer Q Locker. Gesture Lock Screen diciptakan sedemikian rupa dengan fitur-fitur yang cukup unik. Sesuai dengan namanya, anda bisa menciptakan gambar atau gesture agar bisa membuka kunci layar smartphone. Hebatnya lagi, anda juga bisa mengatur atau membuat gesture sesuai keinginan untuk bisa membuat layar yang terkunci terbuka kembali.

Fitur yang dimiliki Gesture Lock Screen membuat sistem keamanannya pun cukup baik. Tak heran aplikasi yang satu ini menjadi salah satu aplikasi lockscreen terbaik khususnya untuk android. Aplikasi lockscreen ini mampu memotret langsung siapa saja yang mencoba membuka lockscreen di smatphone anda. Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur fingerprint yang juga bisa digunakan untuk mengunci layar.

Baca Juga : Desain Neo-Minimalism: Teknik Desain Grafis yang Super Kekinian

2. Hi Locker

Ilustrasi Hi Locker
Ilustrasi Hi Locker (Sumber :
apkpure.com)

Aplikasi lockscreen terbaik berikutnya yaitu Hi Locker. Aplikasi yang satu ini sudah diakui menjadi salah satu aplikasi lockscreen terbaik di Android pertama yang menawarkan CyanogenMod-style. Dilengkapi dengan fitur tersebut, sehingga memungkinkan anda akan tetap bisa membuka salah satu aplikasi saat layar smartphone masih terkunci layarnya. Jadi tak perlu khawatir akan kerepotan ketika sedang buru-buru membuka suatu aplikasi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menahan lalu menggesekkan ujung jari ke aplikasi yang diinginkan.

Hi Locker menjadi aplikasi yang cukup unik. Terbukti dengan konsep desain klasik yang berbeda dari Lollipop maupun iOS. Berbeda dari aplikasi lockscreen sebelumnya, Hi Locker memungkinkan anda dapat melihat tampilan kalender dengan sangat mudah, saat ingin mengecek jadwal selanjutnya. Anda pun juga dapat melakukan pengaturan kustomisasi di layar saat sedang terkunci, seperti mengganti font, greeting custom, maupun wallpaper sesuai keinginan.


3. CM Locker

Ilustrasi CM Locker
Ilustrasi CM Locker (Sumber : apkpure.com)

Aplikasi berikutnya tak kalah hebat dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi yang dimaksud ialah CM Locker  Dikenal sebagai salah satu aplikasi lockscreen terbaik, CM Locker menawarkan fungsi pengunci layar slide-to-unlock. Fitur ini memungkinkan anda yang menggunakan smartphone android memiliki tampilan layar layaknya  iPhone. Selain itu, aplikasi lockscreen terbaik untuk android ini juga menawarkan fitur penghemat daya yang mampu menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang menyebabkan baterai ponsel jadi drop.

Ketika anda menggunakan CM Locker, makan kondisi keamanan data yang anda miliki bisa terjamin keamanannya. Anda bisa memilih dengan bebas mode lockscreen yang akan dipakai yakni dengan menggunakan pola atau pin. Walaupun tak memberikan pilihan mode sebanyak aplikasi lockscreen lainnya, CM Locker tetap tergolong aplikasi yang hebat. Hal tersebut terbukti dengan fitur unik yang dimiliki CM Lockscreen yaitu fitur yang bisa memperingatkan penggunanya ketika ada stalker yang sedang mencoba untuk membuka layar ponsel Anda dan memotret orang tersebut. Aplikasi lockscreen ini juga akan semakin memudahkan Anda untuk bisa memutar musik ataupun membaca pesan baru dengan sangat mudah.

4. Lockscreen Pattern

Ilustrasi Lockscreen Pattern (Sumber : apkpure.com)

Masih banyak yang beranggapan menerapkan lockscreen akan membuat repot ketika mengakses smartphone. Tak perlu khawatir, Pattern Lockscreen hadir sebagai salah satu aplikasi lockscreen terbaik yang akan meningkatkan keamanan dengan segala kemudahan. Aplikasi ini terbilang cukup simpel, karena untuk membuka atau mengunci layar smartphone, Anda cukup menggambar pattern.

Cara menggunakan aplikasi Pattern Lockscreen sangat mudah. Anda bisa mendownloadnya aplikasi Pattern Lockscreen terlebih dahulu untuk kemudian mengaktifkannya di smartphone dengan tekan tombol enable lock screen. Anda bisa membuat pattern sesuai keinginan untuk kunci layar. Dengan begitu, anda bisa menggunakan pattern tersebut untuk membuka kunci atau unlock screen.

5. Photo Lockscreen

Ilustrasi Photo Lockscreen (Sumber : apkpure.com)

Rekomendasi aplikasi lockscreen terbaik yang terakhir yaitu Photo Lock Screen. Sesuai dengan namanya, aplikasi tersebut memiliki metode kunci layar dengan tombol foto. Bukan hanya mempermudah, fitur yang tersedia juga bisa dibilang cukup menarik.

Ketika kamu membuka layar smartphone, pilihan beberapa gambar atau foto akan muncul di layar. Hal tersebut akan membuat orang lain terkecoh, sehingga membuat orang lain kebingungan ketika mengakses smartphone anda secara sembarangan.

Itulah lima rekomandasi aplikasi lockscreen terbaik khususnya untuk android. Walaupun sebenarnya fitur lockscreen sudah tersedia di smartphone anda, tetapi tak ada salahnya menggunakan aplikasi lockscreen demi meningkatkan keamanan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Baca Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top