fbpx

Bagaimana ya caranya untuk menaikan rate engagement di Instagram? Simak penjelasannya di artikel ini ya! namun , pertama-tama Bootsol ada pertanyaan nih untuk anda. Apakah anda memiliki aplikasi Instagram di ponsel anda? tentunya ada bukan? Selama beberapa tahun ini, banyak media sosial yang bermunculan dimana semuanya bersaing untuk menjaring User. Namun, platform berbagi foto, video yang memikat hati semua kalangan ini mampu terus berkembang hingga sekarang. Bahkan semakin populer dan memiliki pengguna yang sangat banyak. Nah, karena user di platform ini bebas untuk bereskpresi dan berinteraksi satu sama lain. Maka, anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengoptimalkan tingkat engagement di Instagram. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan bagi anda yang sudah memiliki bisnis maupun, anda yang berniat memulai bisnis di platform ini.

Di era digital ini seiring pertumbuhan jumlah followers. Oleh karena itu, hadirlah suatu tren baru yaitu profesi yang berkaitan dengan pembuatan konten Instagram. Seperti contohnya, Content Creator, Digital Marketer dan Influencer. Selain itu, melihat fakta yang ada para marketer/ pebisnis pun berupaya melalukan berbagai macam cara untuk mendapat perhatian khalayak banyak. Yaitu salah satunya dengan meningkatkan engagement di Instagram. Berikut Bootsol akan membahas lima cara extraordinary untuk meng-Boost engagament di Instagram anda.

Baca juga : Strategi Mobile Marketing Powerful untuk Bisnis Anda

Instagram Untuk Bisnis :

Dengan mendaftar Akun Instagram Bisnis, anda akan dapat merasakan manfaat dari beberapa fitur tambahan. Yaitu salah satu hal crucial nya adalah akses untuk mempromosikan/ mengiklankan produk anda. Selain itu, anda juga dapat memantau performa toko Online anda melalui metriks seperti contohnya Engagament rate yang nantinya akan dibahas secara lebih dalam.

5 Cara Extraordinary untuk Boost Engagement di Instagram

Sebelumnya, apakah anda sudah tahu istilah engagement? secara garis besar, engagement merupakan suatu ukuran terkait pengaruh akun Instagram anda terhadap followers anda. Secara singkatnya, dapat disimpulkan bahwa persentase rate engagament minimal 10%. Lalu, apakah engagement penting? menurut Bootsol sangatlah penting. Karena hal tersebut menunjukkan quality suatu akun.

Manfaat Engagement bagi Anda :

– sebagai salah satu metriks, anda dapat mengevaluasi performa akun anda

– Memperoleh keuntungan berupa : materi, interaksi yang tinggi dan bertambahnya pengaruh

– Mendapat feedback dari audiens yang relatif banyak

– Meningkatkan penjualan dan publisitas

Cara menghitung Engagement :

1. Penggunaan Call to Actions (CAT)

Dengan adanya CAT secara tidak langsung akan membantu anda untuk mendorong followers anda untuk melakukan suatu kegiatan. Misalkan, mengshare informasi dari akun anda terhadap rekannya, membeli produk di online shop anda. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memilih kata-kata persuasif dalam caption ataupun Instagram Story anda. Sehingga, followers akun anda dapat menerima “message” yang ingin anda sampaikan dengan jelas.

Kemudian, anda harus memastikan kelengkapan profil akun Instagram anda. Hal ini bertujuan supaya, para followers yakin jika mereka telah “mengikuti” akun Instagram yang tepat. Selain itu, melalui informasi tersebut followers akan lebih mudah untuk berinteraksi/ menghubungi anda. Nah, dengan begitu terjadilah peningkatan engagement di Instagram.

Contoh Call to Action :

– Tampilkan produk favorit

– Penggunaan the power of FOMO

– Menyentuh sisi emosional/ perasaan

2. Posting Konten yang Trending

Anda dapat menggunakan fitur search Instagram untuk mendapat ide konten trending. Selain itu, anda juga dapat meriset ide konten melalui search engine seperti Google, maupun media sosial lain. Nah, baru setelah itu anda dapat membuat konten berupa foto atau video menarik untuk meng-boost engagement postingan akun anda. Karena, biasanya algoritma Instagram secara automatic akan menampilkan konten trending di bagian explore Instagram. Melalui cara ini, postingan anda yang trending ini akan menyebar seiring dengan tren yang bergulir. Sehingga, hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan rate engagement di Instagram anda.

Namun, anda perlu paham juga terkait terms and condititions dalam memosting konten di Instagram. Misalnya tidak mengandung unsur pornografi, SARA dan apalagi kekerasan. Sebaiknya, anda menghindari hal tersebut karena dapat membawa beberapa dampak buruk pada akun anda. Dimana aktivitasnya di restrict, di banned dan yang terburuk dihapus oleh pihak Instagram. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memenuhi kebijakan yang berlaku.

3. Penggunaan Hashtag yang Sesuai

Cara ketiga untuk meningkatkan engagement di Instagram anda adalah pemilihan, penggunaan hashtag yang sesuai. Ada beberapa tips dalam memilih hashtags apa yang baiknya anda gunakan. Sehingga, berpengaruh untuk meningkatkan engagement.

– Pilihlah hashtag yang relevan dengan konten anda

Audiens biasanya akan menggunakan hashtag dalam mencari konten/ produk yang mereka ingini. Anda dapat memanfaatkan pencantuman hashtags di caption/ kolom komen postingan anda. Namun, hal penting yang perlu ada perhatikan adalah relevansi. Karena, hashtags merupakan hal umum di Instagram. Maka, hashtags dapat menimbulkan efek positif maupun negatif bagi akun anda.

– Penggunaan # dalam jumlah sedikit/ secukupnya

Karena pencantuman # dalam jumlah banyak malah, membuat audiens menjadi bingung.

– Memilih # yang unik

Pemilihan hashtag unik akan menjadikan Instagram anda menonjol di antara kompetitor. Selain itu, audiens pun akan lebih mudah untuk mengenali identitas brand anda.

– Penggunaan # Populer

Namun, anda sebaiknya memilih hashtags populer dengan jumlah penggunaan yang masih sedikit.

4. Konten Original dan Bermanfaat

Selanjutnya cara untuk meningkatkan engagement di Instagram yang satu ini lebih befokus pada isi konten. Lalu, konten seperti apa sih yang sebaiknya anda upload di Instagram? Menurut Bootsol, konten yang baik adalah konten yang mampu berisi informasi penting namun tetap terlihat menarik. Selain itu, anda juga dapat mempertimbangkan beberapa hal ini sebagai ide konten. Misalkan, konten yang memberikan solusi bagi pengikut anda dan konten lucu sebagai hiburan.

Namun, perlu anda ketahui bahwa, konten yang bersifat unik/ orisinil merupakan hal yang utama. Mengapa demikian? ya karena dengan begitu, audiens secara tidak langsung akan mengenali jati diri brand anda. Selain itu, audiens pun juga merasa percaya dengan anda. Lantaran, anda mampu untuk menciptakan konten yang berbeda dari akun Instagram lainnya.

Nah, menurut anda apa sih hubungan hal tersebut dengan cara meningkatkan engagement di instagram?

Tentunya, keduanya memiliki hubungan yang cukup erat. Singkatnya, jika konten anda disukai orang lain apa lagi mampu menjadi solusi bagi permasalahan audiens. Maka, akan berpengaruh dengan tingkat engagement di Instagram anda bukan? Audiens dapat bebas berinteraksi, berbagi pengalaman dan memberikan saran yang pastinya bermanfaat bagi kemajuan Instagram anda.

5. Membina dan Mempertahankan Followers anda

Cara terakhir untuk meningkatkan engagement di Instagram anda adalah berfokus pada pengikut. Pengikut di Instagram dapat dikatakan termasuk dalam suatu hal crucial. Melalui interaksi antara anda dengan pengikut akan berpengaruh juga pada tingkat engagement anda. Dimana anda, dapat melibatkan mereka dalam konten-konten ciptaan anda. Seperti contohnya, Poll questions, sharing, survey dan banyak lainnya lagi. Lalu, hal-hal tersebut pun juga didukung oleh adanya fitur-fitur menarik Instagram.

Bootsol, harap artikel ini dapat bermanfaat bagi perkembangan engagement di akun Instagram anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top