fbpx

Konten merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari upaya pemasaran. Lalu, apakah anda tahu istilah Content Marketing? Konten Marketing adalah pendekatan pemasaran strategik yang befokus dalam menciptakan dan menyajikan konten yang bernilai, relevan dan konsisten dengan tujuan, untuk menjaring dan mempertahankan audiens/ target audiens yang tepat. Dan yang terpenting adalah untuk mendorong konsumen dalam bertindak sesuai harapan pembuat konten.

Para Marketer pun mulai beralih ke pendekatan digital, yaitu salah satunya Konten Marketing. Pendekatan pemasaran ini, tidakh hanya digunakan oleh brand-brand besar bahkan, bisnis dalam kecil pun juga menggunakannya. Mengapa demikian? karena seiring perkembangan zaman pemasaran tradisional menjadi kurang menarik dan efektif.

Instead of pitching your products or services, you are providing truly relevant and useful content to your prospects and customers to help them solve their issues.

– Content Marketing Institute

Baca juga : Tips Brilliant Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Content Marketing Strategy :

Menurut data, Indonesia telah menjadi salah satu pasar digital yang menarik di Asia Tenggara berdasarkan jumlah populasi internet di tahun 2017 lalu. Peluang ini, seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para content marketer di Indonesia, dengan berkeskperimen mencari strategi pemasaran konten yang tepat. Hingga, sekarang di Indonesia sendiri, potensi peluang ini masih bisa ditelusuri. Nah, sebenarnya marketer pun mampu menyajikan konten yang menarik, karena telah memiliki wawasan terkait hal tersebut.

Namun, yang masih menjadi kendala bagi Marketer adalah kebanyakkan masih tidak tahu bagaimana untuk menjadikan Konten Marketing sebagai tools untuk mencapai target. Nah, apakah anda juga mengalami hal yang serupa? Jika iya, mungkin artikel ini dapat membantu. Dalam pembahasan kali ini, Bootsol akan mengulas beberapa contoh Content Marketing outstanding dari brand-brand di Indonesia.

Content Marketing di Indonesia :

Beberapa tahun belakangan ini khususnya sekarang, konten marketing seringkali dijadikan salah satu cara untuk mencapai target perusahaan. Menurut statistik, jenis pemasaran ini mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen di antara marketing approach lainnya. Seperti contohnya penyajian konten yang tertata dan menarik. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak melewatkan kesempatan ini. Selain itu, konten marketing juga dinilai cocok dengan musim digital business Indonesia karena membutuhkan biaya yang relatif lebih murah.

Simaklah! keenam contoh konten marketing brand yang outstanding di Indonesia sebagai inspirasi anda.

Contoh Pemasaran Konten Brand yang Outstanding di Indonesia :

1. Strategi Berdasarkan Tradisi – Teh Botol Sosro

Anda tentunya tahu, brand teh kemasan seperti gambar di atas sebelumnya. Strategi pemasaran yang digunakan brand ini berfokus pada kontennya yang berkaitan dengan ketiga tradisi masyarakat Indonesia saat meminum teh. Nilai-nilai dalam tradisi itu telah menjadi tagline hingga sekarang. yakni :

Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.

2. Influencer Marketing – Wardah Beauty

Apakah anda pernah mendengar istilah Influencer? secara singkatnya, influencer merupakan seseorang yang dapat memberi pengaruh di masyarakat. Contohnya seperti beberapa profesi yang sudah tidak asing anda dengar. Yaitu : Blogger, Youtuber, Selebritas dan lainnya. Biasanya, seroang influencer memiliki pengikut yang banyak di media sosial.

Wardah merupakan contoh brand kosmetik dan kecantikan wajah yang menggunakan strategi content marketing secara optimal. Lalu, seperti apa ya contohnya?

– Wardah merekrut beberapa influencer untuk meningkatkan brand awareness

dimana para influencer ini lah yang menyampaikan informasi, mempromosikan brand Wardah khususnya di media sosial kepada customer.

Jika anda, ingin mencoba strategi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalkan, memilih influencer yang tepat sehingga, masyarakat dapat mempercayai message brand anda yang disampaikan oleh sang influencer.

Oleh karena itu, anda perlu menentukan kriteria yang sebaiknya dimiliki oleh seorang influencer yang akan mewakili nilai-nilai dari brand anda.

3. Strategi pemasaran konten yang solutif – Modalku

Salah satu jenis pemasaran konten yang digemari adalah konten yang informatif. Dimana, tidak hanya mempromosikan produk atau jasa brand tersebut. Namun, juga dapat memberikan solusi. Misalnya, berfokus pada penawaran produk atau jasa yang tepat untuk menjawab permasalahan dari target market anda.

Sama halnya dengan, perusahaan Fintek di Indonesia, Modalku. Modalku adalah contoh platform P2P Lending yang berusaha untuk menawarkan solusi permasalahan finansial serta, memberikan edukasi kepada customer dan pengunjung web fintek. Melalui, jenis strategi ini, brand anda dapat memiliki brand image positif seperti Modalku, yang diasosiasikan dengan P2P Lending yang baik.

4. Penggunaan Media Sosial sebagai Media layanan Customer

Strategi jenis Content Marketing ini, dimanfaatkan oleh brand Nike di Twitter dalam meresponi pertanyaan atau cuitan para pelanggan. Hal tersebut merupakan contoh content marketing yang menarik. Nike menggunakan akun Twitter supportnya sebagai bentuk upaya dalam membina hubungan dan berinteraksi dengan pelanggan meskipun, karakter yang disajikan terbatas.

Selain itu, akun Twitter Nike pun berbeda-beda. Hal ini bertujuan supaya setiap akun dapat memiliki fokus dan menanggapi suatu hal sesuai dengan fungsi akun tersebut. Oleh karena itu, perusahaan ini dikenal karena kehangatannya.

give us a shout if you need help

-Nike

Sekarang Bootsol, ingin merekomendasikan beberapa hal hebat yang bisa anda terapkan di bisnis anda.

– Pemisahan akun layanan pelanggan (sesuai fungsinya)

– Penggunaan bahasa yang hangat, interaktif saat berinteraksi dengan pelanggan

5. Video Content – Hermes

And tentunya tahu nama brand ini yang identik dengan para sosialita? kisaran harga tas Hermes dimulai dari harga sekitar $1000 USD hingga mencapai miliaran rupiah. Hermes adalah contoh brand yang menggunakan strategi pemasaran konten berupa video. Hermes mampu menuangkan citra rasa sempurna dalam pemasaran kontennya. Selain video, anda juga dapat menjumpai konten- konten menarik di blog Hermes yang di update secara berkala.

Lalu, strategi content marketing menarik apa ya yang berhasil diciptakan oleh brand ini?

Melalui, konten-konten ciptaannya pelanggan dapat merasa lebih dekat dengan brand pencipta konten. Selain itu, konten yang menarik juga berpengaruh terhadap tindakan pelanggan dalam membeli suatu barang. Sebagai contoh video singkat Hermes yang menceritakan koleksi terbaru mereka. Video tersebut hanya berdurasi sekitar dua menit namun, meninggalkan kesan yang unik bagi siapa saja yang menontonnya. Nah, hal ini lah yang membuat pelanggan terdorong membeli barang di video tersebut sekaligus, merasakan pengalaman belanja yang menarik.

6. Campaign – Coca-Cola

Coca- Cola merupakan contoh brand yang berhasil menggunakan jenis content marketing berupa iklan. Lalu pesan menarik apa yang disampaikan Coca-Cola melalui kampanye Share-a-Coke ya?

– Terdapat nama-nama orang di kaleng dan botol Coca -Cola

Hal ini bertujuan, untuk membangun personal interaction antar pelanggan. Coca-Cola berharap, jika ada seseorang yang melihat minuman dengan nama yang dikenal oleh orang tersebut, akan diberikan ke orangnya. Nah, melalui aksi saling berbagi minuman brand ini juga berhasil meningkatkan brand awareness Coca-Cola melalui produknya.

Berdasarkan keenam contoh di atas, tentunya setiap jenis pemasaran konten ini berbeda-beda. Tetapi, satu hal yang sama adalah tujuannya. Anda dapat menangkap konsep, penerapan dan keunikan yang berbeda dari masing-masing jenis. Namun, pada dasarnya brand- brand tersebut berusaha untuk menyajikan konten yang dapat diterima dengan baik oleh para pelanggan.

Apakah anda sudah mendapatkan inspirasi dari contoh pemasaran konten di atas? Bootsol, berharap anda dapat memilih jenis content marketing yang tepat, yaitu sesuai dengan target bisnis anda. Sehingga, anda dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Baca juga : Ternyata ini Jenis Digital Marketing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top