fbpx
8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Inspirasi Desain Feed Instagram

Saat ini, kebutuhan untuk membuat konten yang bagus bukan hanya menjadi persoalan akun bisnis, tapi juga mulai dirasakan oleh akun pribadi. Akun bisnis tentunya ingin menarik perhatian customer, sedangkan akun pribadi dapat diperuntukan sebagai media personal branding. Hal ini tentu penting, terutama untuk Anda yang mengincar pekerjaan di industri kreatif. Namun membuat konten yang bagus merupakan sebuah tantangan. Mulai dari ide, topik, tampilan, caption, hingga desain harus dipikirkan dengan seksama. Hal ini dikarenakan konten yang baik haruslah penting, relevan, dan konsisten, selain itu desainnya juga harus menarik.

Untuk artikel kali ini, Bootsol akan menghadirkan informasi & inspirasi desain feed instagram yang eye-catching dan impressive!

Mengapa desain feed Instagram harus eye-catching?

Dalam keseharian kita, kita telah dibombardir oleh berbagai informasi dan konten. Hal ini mengakibatkan kita hanya dapat mengkonsumsi konten dan informasi-informasi tersebut secara singkat dengan perhatian yang minim. Fenomena ini dapat disebut sebagai micro-attention. Menurut buku Hook Points karya Brendan Kane, hanya butuh waktu kurang dari 3 detik untuk menarik perhatian audience. Maka dari itu, Anda harus membuat konten yang menarik, sehingga saat melihatnya audience Anda akan berpikir “Tunggu, apa?”. Lalu mereka akan mengkonsumsi isi konten Anda secara detail dan lebih spesifik. Jika hasilnya maksimal, audience akan melakukan aksi yang dipersuasikan konten Anda (membeli produk, menggunakan layanan, atau menyerap ilmu yang didapat).

Lalu bagaimana prosesnya?

Sebelum kita beranjak ke desain feed instagram, ada baiknya Anda mengetahui tahapan pembuatan konten yang baik. Berdasarkan buku Hook Point karya Brendan Kane, berikut adalah tahapan untuk membuat konten yang berhasil untuk Anda:

  • Teliti kriteria apa yang membuat sebuah konten bagus dan berhasil
  • Teliti juga kriteria konten yang tidak bagus dan tidak berhasil
  • Buat kriteria konten yang akan Anda buat berdasarkan pengamatan sebelumnya
  • Lakukan berbandingan antara kriteria konten yang akan Anda buat dengan kriteria konten yang berhasil dan tidak
  • Lakukan percobaan, koreksi, dan ulangi

Baca Juga: Super Helpful, 4 Website Desain Grafis yang Praktis dan Mudah Digunakan

8 Inspirasi Desain Feed Instagram

Di artikel Bootsol sebelumnya mengenai social media marketing, kami telah membahas mengenai bagaimana brand-brand ternama biasa menggunakan tema ke dalam desain konten mereka. Hal ini dapat Anda tiru, baik untuk akun pribadi maupun akun bisnis. Berikut ini adalah 8 tema desain feed instagram berdasarkan layout dan teknik pewarnaan yang dapat Anda jadikan inspirasi.

1. Same Style in Lines

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Jika ingin tampilan feed Instagram Anda terlihat rapih, Anda dapat menggunakan desain same style in lines. Terdapat berbagai contoh tema ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Quotes di Tengah, yakni gambar berisi quotes dengan latar simpel seperti putih polos, diapit oleh foto di kedua sisinya
  • Style yang sama per baris
  • Pelangi

2. Tiles

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Hampir serupa dengan same style in lines, desain feed Instagram jenis tiles juga memadukan foto dan quotes dalam tampilan per baris, namun bedanya warna senada diatur selang-seling sehingga menampilkan kesan seperti tampilan ubin (tiles). Desain ini dapat menjadi pilihan Anda yang menginginkan desain feed Instagram yang rapih tapi tidak terlalu monoton.

3. Puzzle

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Inspirasi desain feed Instagram selanjutnya adalah desain puzzle. Untuk desain ini, Anda perlu usaha yang sedikit ekstra. Hal ini disebabkan desain jenis ini saling yang terhubung satu-sama lain. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan dan membuat desain secara menyeluruh terlebih dahulu. Namun hasil yang akan ditampilkan dari desain feed jenis puzzle akan terlihat benar-benar unik dan menarik.

4. Border

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Untuk desain ini, Anda hanya perlu menambahkan frame atau bingkai pada foto yang akan Anda post sebagai feed. Biasanya frame yang digunakan adalah warna netral seperti putih dan hitam, tapi Anda dapat coba bereksperimen dan memadu-padankan warna-warna yang dirasa cocok untuk Anda.

5. Rectangle

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Desain selanjutnya adalah rectangle. Konsepnya sederhana, Anda hanya perlu membuat posisi foto yang akan Anda post menjadi portrait, landscape, atau keduanya. Lalu posisikan di background polos, kebanyakan pengguna desain ini menggunakan background bernuansa putih.

6. Same Filter

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Penggunaan filter yang sama untuk semua post di feeds Instagram juga cukup populer. Selain penggunaan filter, desain ini juga dapat bermain di tint dan saturation sehingga menghasilkan atmosfer yang seragam pada semua foto yang diposting.

7. Dark & Bright

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Jika Anda ingin tampilan feeds Anda terlihat bersih dan menarik, penggunaan tema berwarna cerah dapat Anda coba. Sedangkan bagi Anda yang ingin menampilkan gambar dan tampilan yang intens pada feeds Anda, bagaimana dengan tema dark?

Feed bertema dark mode yang hanya menggunakan warna hitam dan putih pada setiap gambar dapat menjadi pilihan yang unik. Untuk menggunakan tema ini, Anda perlu memiliki kemampuan editing dan intuisi yang tinggi karena penggunaan tema ini cukup beresiko. Tanpa kreatifitas yang cukup penggunaan tema dark dapat menghasilkan tampilan feeds yang membosankan dan monoton.

9. Colorful

8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive
Source: Pinterest

Seperti namanya, feeds dengan tema colorful akan menampilkan warna-warna cerah dan vibrant. Untuk Anda yang sering bosan dengan penggunaan warna yang itu-itu saja dan filter bernuansa lembut, Anda dapat mengekspresikan ide Anda dengan warna-warna colorful yang berani.

Itulah 8 inspirasi desain feed instagram berdasarkan layout dan teknik pewarnaan. Mana yang ingin Anda coba? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Game Mobile Gratis Buatan Indonesia yang Super Challenging!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top