fbpx

Pemasaran melalui digital semakin banyak dipilih oleh para pemilik usaha karena memang zamannya sudah hampir semua serba online. Dimana bisnis pun harus bisa mengikuti perkembangan “dunia” tersebut. Banyak pemasaran digital yang bisa kamu coba salah satunya adalah dengan Email Marketing.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu pemasaran melalui email beserta jenis-jenisnya dan juga manfaatnya bagi kelangsungan bisnismu!

Yuk simak penjelasan dibawah ini.

EMAIL MARKETING

Topik: Email marketing serta manfaatnya bagi bisnis (sumber: Tek.id)

Pengertiannya

Pemasaran email adalah penggunaan email untuk mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis sambil mengembangkan hubungan dengan pelanggan atau klien potensial. Seperti yang kita tahu, pada dasarnya email (electronic mail) adalah merupakan kegiatan surat menyurat langsung yang dilakukan secara elektronik, bukan melalui layanan pos. Dimana dengan melalui surat elektronik ini memudahkan manusia untuk menjangkau lebih banyak orang diseluruh penjuru hanya dengan mengirimnya melalui smartphone atau perangkat gadget lainnya.

Setiap kali sebuah perusahaan mengirimkan email, selain konfirmasi pesanan dan tanggapan langsung terhadap pertanyaan pelanggan, itu dapat dianggap sebagai bentuk pemasaran email. Pemasaran jenis ini adalah salah satu segmen pemasaran internet, yang mencakup pemasaran online melalui situs web, media sosial, blog, dan lainnya.

Email marketing memungkinkan suatu bisnis untuk memberi informasi kepada pelanggan mereka dan menyesuaikan pesan pemasaran mereka dengan audiens mereka. Namun, pemilik usaha harus bisa mengatur strategi yang tepat, karena pemasaran semacam ini dapat mengusir pelanggan dengan email spam yang terus-menerus mengganggu.

Manfaatnya Bagi Bisnis

Dengan kepopuleran email marketing, tentu terdapat banyak manfaatnya bagi bisnis. Berikut ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan sebagai pemilik usaha jika menjalankan pemasaran melalui email, seperti:

Biaya Pemasaran yang Rendah

salah satu keuntungan yang paling jelas dari menjalankan email marketing adalah biayanya yang lebih rendah dibandingkan dengan media pemasaran lainnya. Tidak ada biaya cetak atau ongkos kirim dan tidak ada biaya yang dibayarkan sebagai imbalan atas penayangan di papan reklame, majalah, atau saluran televisi tertentu. Hanya ada satu hal yang harus difokuskan bagi pemasar, dimana mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak khusus untuk mengotomatisasi, melacak, dan mengevaluasi email bisnis mereka.

Dampak Pemasaran yang Instan

Sebagai media pemasaran elektronik, email memiliki banyak manfaatnya bagi bisnis. Para pemilik usaha tersebut dapat mulai melihat hasil hanya dalam beberapa menit setelah email dikirim. Penjualan 24 jam adalah taktik pemasaran cerdas yang dapat digunakan melalui email, karena menciptakan rasa urgensi dan meyakinkan pelanggan untuk mengambil tindakan segera (membeli produk/layanan yang ditawarkan).

Mudah untuk Dibagikan Kebanyak Orang

Dalam hal ini, pelanggan loyal kamu akan senantiasa membagikan kembali kepada teman-teman mereka mengenai penawaran yang ditawarkan bisnismu. Mereka dapat secara mudah membagikannya hanya dengan mengklik tombol “share/bagikan” yang telah tersedia dalam email marketing tersebut. Jadi, secara tidak langsung bisnis kamu mendapatkan pemasaran tambahan dari para pelanggan untuk memperkenalkan bisnismu ke target pasa baru yang lebih luas.

Mendorong Pendapatan Lebih Cepat

Manfaatnya bagi bisnis yang lainnya ialah email marketing sangat bagus untuk memanfaatkan pembelian impulsif dari audiens. Tidak banyak platform pemasaran lain yang memungkinkan pelanggan beralih dari hanya melihat penawaran menarik dari sebuah bisnis hingga pada akhirnya membeli barang tersebut hanya dalam mengklik tombol “shop” yang ada. Dengan ajakan untuk membeli secara menarik dan inovatif serta adanya tautan yang langsung mengarahkan ke laman pembayaran inilah yang membuat pemasaran melalui buletin email dapat mendorong penjualan lebih cepat dari media lainnya.

Cara Mengotomatisasi Pemasaran Email dengan Baik

Meskipun proses otomatisasi bervariasi dari satu ESP dengan lainnya, Menurut Neil Patel ada beberapa langkah umum yang bisa kamu coba untuk mengotomatisasi pemasaran bisnismu melalui surat elektronik tersebut, diantaranya yaitu:

  • Kelompokkan Segmen Audiens-mu:

Untuk mendapatkan email marketing yang efektif dimulai dengan segmentasi daftar. Gunakan data yang kamu miliki tentang pelanggan/audiens kamu untuk mengelompokkannya. Hal ini memungkinkan kamu membuat kampanye pemasaran yang lebih dipersonalisasi sesuai dengan ketentuan yang telah kamu buat, sehingga ketika mengirim surat tersebut, sudah terorganisir dengan baik. Hal ini juga untuk mengurangi adanya spam yang mengganggu.

  • Merancang Alur Kerja Pemasaran:

Setelah mengelompokkan daftar audiens kamu untuk sebuah pemasaran email, saatnya merancang alur kerja. Langkah ini adalah rangkaian email untuk memenuhi tujuan kampanye.

  • Tentukan Faktor yang Tepat untuk Pemasaran Selanjutnya:

Setelah merancang alur kerja untuk pemasaran tersebut, langkah selanjutnya ialah menentukan faktor apa saja yang akan menjadi pemicu untuk pengiriman pemasaran berikutnya secara berurutan. Contoh pemicu tersebut dapat mencakup jumlah pelanggan yang membuka email kamu, mengklik tautan, atau bagi mereka yang tidak membukanya sama sekali dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dalam hal ini, kamu bisa mengatur kembali segmentasi audiens pemasaran kamu agar tetap on track.

4 Jenis Email Marketing yang Sukses Menaikkan Bisnismu

Email, kini juga merupakan alat yang ampuh yang dapat digunakan suatu bisnis untuk memperoleh, melibatkan, dan mempertahankan para pelanggannya.

Di bawah ini, kita akan bahas empat jenis kampanye pemasaran email paling populer dan bagaimana kamu dapat menggunakannya untuk membantu perkembangan bisnismu.

1. Email Newsletter (Buletin Email)

Contoh Newsletter Email – Welcoming Audiens (sumber: Econsultancy)

Salah satu kampanye pemasaran email yang paling umum dan populer adalah Buletin Email. Jika kamu adalah pemilik bisnis kecil, kamu dapat menggunakan email jenis ini untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pelanggan mengenai produk/layanan yang bisnismu tawarkan.

Penting untuk menambahkan nilai ke kotak masuk pelanggan kamu; untuk melakukannya, buat konten yang menarik, sertakan mengenai petunjuk, dan pengumuman tentang layanan/produk baru. Untuk mengukur efektivitas buletin kamu, kamu bisa memantaunya sendiri apakah konten tersebut sudah dapat membantu membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan retensi dan keterlibatan, dan memperkuat loyalitas pelanggan atau belum. Jika sudah memenuhi target, kamu bisa lanjutkan dengan strategi lainnya.

2. Acquisition Emails (Perolehan Awal)

Contoh Acquisition Email pada Platform Medium (sumber: Really Good Emails)

Email Akuisisi, merupakan jenis pemasaran email sebagai perolehan awal. Dimana pada jenis ini dapat membantu bisnis kamu mendapatkan calon pelanggan yang telah memilih untuk menerima email kamu pada saat mereka mengklik tautan bisnismu pada platform lainnya tetapi belum dikonversi menjadi pelanggan (email subscriber). Untuk menarik dan meyakinkan calon pelanggan tersebut, kamu bisa dengan membuat penawaran menarik dan konten informatif, serta penawaran lainnya kepada mereka jika mereka bergabung menjadi pelanggan aktif.

Email akuisisi adalah cara yang bagus untuk memindahkan prospek target pasar dengan mudah dan cepat, sehingga bisa membantu mengembangkan bisnis kamu dan mendorong pendapatan tambahan, dan menargetkan para pengguna yang telah menyatakan minatnya pada apa yang ditawarkan bisnis kamu pada saat menjalankan kampanye pemasaran tersebut.

3. Retention Emails (Sebagai Pengingat)

Retention Email sangat berpengaruh untuk menarik kembali perhatian pelanggan (sumber: Chameleon)

Jika kamu telah memiliki pengalaman dalam menjalankan email marketing, pasti email jenis ini akan cocok untuk digunakan disetiap bisnis, terutama bagi kalian yang sedang memulai bisnis kecil. Cara kerja email ini adalah sebagai reminder (pengingat) serta komunikasi awal antara bisnis dengan audiensnya yang belum pernah menjalin interaksi sebelumnya. Seperti dengan mengirimkan pesan berupa permintaan feedback (saran masukan) hingga memberikan penawaran khusus kepada mereka, dengan harapan akan menjadi pelanggan loyal kedepannya.

Manfaatnya bagi bisnis tertuju pada ajakan untuk para pelanggan agar terus mau untuk menerima setiap kampanye email marketing bisnismu dan juga tetap mengandalkan produk/layanan tersebut.

4. Promotionals Emails (Email Promosi)

Contoh Promotional Email yang ditujukan bagi pelanggan yang sedang berulangtahun (sumber: Vend)

Email Promosi adalah cara yang bagus untuk mendorong penjualan, pendaftaran, dan memasarkan penawaran produk baru dari bisnis kamu. Email marketing jenis ini mencakup penawaran yang memikat dan mendorong target audiens untuk membeli produk/layanan baru. Kamu juga bisa menggunakan email promosi ini untuk memberi penghargaan kepada pelanggan loyal dengan penawaran eksklusif seperti promo potongan harga bagi mereka yang sedang berulangtahun dan lainnya, serta mengumumkan hal-hal apa saja yang mencakup kelangsungan bisnismu seperti peluncuran produk/layanan baru sehingga mereka akan berpikiran bahwa bisnis kamu selalu mengedepankan pelanggan.

Baca juga: Superb 5 Strategi Bisnis di Tahun 2022 yang Wajib Kamu Pahami.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, email marketing adalah media yang ampuh yang dapat digunakan untuk mendapatkan, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan suatu bisnis. Dengan menerapkan kampanye pemasaran email yang sukses, banyak pula manfaatnya bagi bisnis yang akan didapat. Pastikan untuk memilih kampanye pemasaran email yang benar untuk mencapai tujuan bisnismu. Perlu diingat pula bahwa ketika pelanggan/target kamu menganggap setiap email dari bisnismu sangat berharga, mereka akan otomatis meneruskannya dan/atau membagikannya dengan orang lain (pastikan untuk selalu menyertakan tombol berbagi media sosial bisnismu). Jadi, tetap utamakan kenyamanan dan suara dari audiensmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top