fbpx

Laju arus globalisasi yang semakin cepat memungkinkan dunia semakin menyatu ke arah digital. Tak terkecuali dalam bidang bisnis. Munculnya bisnis digital saat ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi informasi yang dapat menghubungkan setiap individu dalam dunia maya. Hal ini juga menawarkan kepraktisan serta kefektifan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan.

Perkembangan tekonologi juga membuat orang tidak lagi berbisnis secara konvensional. Jika dibandingkan beberapa waktu silam, kita harus bertemu secara tatap muka bila ingin melakukan transaksi jual-beli. Meskipun hal tersebut masih ada hingga saat ini, namun semakin banyak bisnis yang dilakukan secara digital. Bisnis digital tersebut meliputi jual-beli melalui e-commerce, menjual jasa secara digital, menjual produk digital, dan lain-lain.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kalian perlu tahu bagaimana perkembangan bisnis digital itu sendiri. Oleh karena itu, simak terus penjelasan Bootsol di bawah ini ya!

Perkembangan Bisnis Digital di Indonesia

Menggambarka ilustrasi bisnis digital
Ilustrasi Bisnis Digital

Sejatinya bisnis merupakan sebuah jaringan dimana terdapat pertukaran barang atau jasa dengan berorientasi pada keuntungan. Biasanya kita menjumpai kegiatan bisnis ini secara langsung atau tatap muka, dimana kita bertemu dengan penjual atau pembeli secara langsung. Semakin cepatnya perkembangan zaman, hal tersebut dirasa tidak cukup praktis dan menghabiskan banyak tenaga maupun biaya. Oleh karena itu berkembang juga bisnis digital di kemudian hari.

Masuknya internet di Indonesia pada dekade 1990-an menjadi tonggak penting bagi perkembangan bisnis di Indonesia. Dilansir dari kompas.tv, salah satu negara di Asia yang paling pertama terhubung ke dalam jaringan internet global yaitu Indonesia. Kemudian pada tahun 1996, mulai dikenal warung internet dimana merupakan bisnis yang berbasis internet pertama kali di Indonesia. Hal tersebut dapat dikatakan menjadi titik awal perkembangan dunia digital di Indonesia.

Sejak memasuki tahun 2000-an, mulai muncul beberapa toko online yang memungkinkan para penjual dapat memasarkan produknya secara digital. Pemerintah juga mulai membuat aturan Undang-undang terkait e-commerce pada 2001. Namun sayangnya, pada awal tahun 2000-an bisnis digital seperti itu masih belum familiar di kalangan masyarakat luas.

Perlahan tapi pasti, pada 2007 dimulainya tercipta sebuah dompet elektronik yang memungkinkan pengguna menyimpan uang secara digital. Hal ini diperlukan mengingat kepraktisan dan keamanan yang terjamin bagi penggunanya jika menyimpan uang secara digital. Selain itu juga mereka dapat melakukan transaksi secara digital melalui dompet elektronik tersebut. Kemudian, pada 2009 dan 2010 muncul sebuah e-commerce yang hingga sampai saat ini paling terkenal yaitu Tokopedia dan Bukalapak.

Tidak hanya sampai di situ, perkembangan bisnis digital meluas hingga ke penyediaan jasa secara online. Seperti halnya Go-Jek yang dibentuk pada tahun 2010, memungkinkan masyarakat memesan layanan ojek dengan mengandalkan sistem call center pada saat itu. Didirikan oleh Nadiem Makarim, ia melihat perlunya memperluas jangkauan usaha digital dengan cara mempertemukan penumpang dengan pengemudi ojek dalam layanan call center.

Setahun kemudian, dikutip dari finance.detik.com, muncul layanan penjualan tiket secara online yang dipelopori oleh tiket.com. Pada 2012, juga muncul traveloka.com untuk menyediakan jasa penjualan tiket pesawat, hotel, dan lainnya dengan fokus utamanya perjalanan domestik Indonesia.

Hingga saat ini, banyak sekali perkembangan bisnis digital dengan segala bentuknya. Dimulai dari semakin menjamurnya penggunaan media sosial pada smartphone kita hingga munculnya produk-produk baru dari usaha digital itu sendiri. Seperti contohnya, terdapat pekerjaan baru yang disebut influencer yang mana menawarkan jasa untuk mengiklankan produk-produk tertentu di platform media sosial tertentu. Hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai affiliate marketing.

Baca juga : Butuh Passive Income? Kenali 5 Kelebihan Affiliate Marketing sebagai Solusi Keuangan

Oleh karena itu, penting untuk kita memahami bagaimana era digital ini mentransformasi dunia kita ke arah digital. Seiring perkembangan waktu, kita juga akan mencari solusi bisnis digital agar kita tetap relevan terhadap tantangan zaman. Perusahaan-perusahaan yang telah cepat tanggap terhadap perubahan itulah yang akan sukses di kemudian hari. Namun, sebelum membicarakan solusi bisnis digital, simak ulasan tentang pentingnya transformasi digital sebagai berikut.

Pentingnya Transformasi Digital

Perubahan teknologi yang kian cepat seakan memaksa bahwa kita telah harus meninggalkan dunia yang lama ke arah digital. Dunia bisnis telah menikmati keuntungan dari transformasi ke arah digital tersebut. Adanya layanan e-commerce, aplikasi ojek online, penjualan produk digital, dan lainnya terbukti kian efektif serta dapat menghemat biaya-biaya lainnya yang mungkin masih harus dikeluarkan oleh bisnis konvensional.

Di akhir tahun 2019 kita dihadapkan pada terjadinya pandemi Covid-19 yang memaksa seluruh masyarakat di dunia untuk saling berada di dalam rumah. Bahkan, banyak sekali orang yang harus kehilangan pekerjaan akibat kerugian yang tak terhindar yang dialami banyak perusahaan. Oleh karena itu, seluruh negara di dunia ini seakan mempercepat transformasi dunia ke arah digital.

Saat ini juga banyak pengusaha yang terus mencari cara untuk bertahan di kala situasi yang tidak menentu. Beberapa di antaranya membuka bisnis digital untuk memasarkan kembali produk atau jasa layanannya. Namun hal tersebut juga harus didukung oleh atmosfer bisnis yang baik.

Dilansir dari indonesiabaik.id, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) sedang mempercepat proses transformasi digital. Mulai dari infrastruktur yang akan mendukung perluasan layanan internet di beberapa desa hingga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidang digital.

Oleh karena itu terdapat beberapa alasan penting mengapa transformasi digital itu penting khususnya dalam bidang bisnis. Pertama, perubahan ke arah digital tidak dapat dihindari lagi. Banyak perusahaan harus melakukan bisnis digital jika mereka ingin tetap relevan dan unggul dalam persaingan. Hal ini sudah terbukti ketika pandemi Covid-19 yang memaksa banya perusahaan konvensional tidak memiliki ruang yang cukup untuk berkembang.

Alasan kedua yaitu bisnis yang dilakukan secara digital akan semakin efisien dan lebih hemat biaya. Banyaknya pilihan platform media sosial yang tersedia dapat dimanfaatkan sebagai solusi bisnis digital karena akan lebih mudah mendapatkan traffic dan pelanggan. Selain itu, pemasaran menggunakan website juga dapat memperluas jangkauan pasarnya sehingga perusahaan tidak repot-repot lagi memikirkan biaya operasional yang berlebih.

Ketiga, dikutip dari binus.ac.id, bisnis digital dapat menaikkan kepuasan serta kesetiaan pelanggan. Hal ini karena produk yang ditawarkan oleh penjual di berbagai platform media sosial lebih mudah ditemukan dan dijangkau. Selain itu juga penjualan secara digital dinilai lebih cepat dan praktis sehingga para pelanggan umumnya lebih senang.

Lalu, bagaimana cara kita dapat bertahan serta bertransformasi dalam era dunia digital kini? Tenang, bootsol mempunyai beberapa solusi bisnis digital Anda agar dapat menjalankan bisnis secara maksimal. Berikut beberapa solusi bisnis digital yang Bootsol sajikan.

4 Solusi Bisnis Digital Saat Ini

Transformasi digital yang tidak terelakkan membuat bisnis bergerak ke arah digital yang membawa sederet nilai efisien dan hemat biaya. Namun, belum semua bisnis saat ini dilakukan secara digital. Oleh karena itu, simak 4 solusi bisnis digital yang saat ini sedang marak di bawah ini.

1. Membuat Website Bisnis

Bagi sebagian pelaku bisnis, mempunyai website bisnis merupakan sebuah keharusan. Namun, sebagian yang lainnya masih belum memilikinya karena tidak tahu membuat atau mengembangkannya. Padahal keberadaan sebuah website dalam dunia bisnis itu sangat penting sekali, lho!

Utamanya, kepemilikan sebuah website dapat meningkatkan kredibilitas bisnis digital kalian. Calon pelanggan akan secara otomatis melihat-lihat profil dan usaha yang sedang kita jalani melalui website bisnis tersebut. Mereka juga akan menilai apakah website bisnis tersebut menarik baginya atau tidak. Jika dianggap menarik, maka kemungkinan calon pelanggan akan membeli atau berlangganan dari apa yang kalian jual.

Selain itu, manfaat memiliki website bisnis yaitu jangkauannya yang luas. Mungkin bagi sebagian orang mereka tidak mencari solusi dengan menuliskan kata kunci di media sosial atau e-commerce. Sebagai gantinya, mereka menuliskan kata kunci di mesin pencarian yang mana dapat dimaksimalkan bagi pemilik website bisnis untuk bisa tampil di halaman pertama pencarian.

Tidak sampai di situ, keuntungan selanjutnya dari mempunyai website bisnis adalah dapat menghemat biaya operasional. Kalian tidak perlu lagi repot-repot untuk memasarkan produk melalui selebaran brosur yang dibagikan di tempat-tempat umum. Bahkan, kalian dapat mengiklankan produk yang kalian jual melalui layanan iklan Pay Per Click (PPC) dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, website bisnis juga dapat menghemat waktu.

Baca juga : Inilah 3 Manfaat Pentingnya Membuat Website untuk Bisnis

Lalu, bagaimana cara membuat website bisnis yang dapat menarik banyak pelanggan? Tenang, jika kalian masih bingung, Bootsol punya solusi bisnis digital. Bootsol menyediakan layanan pengembangan dan design web dengan harga yang sangat terjangkau. Terdapat beberapa varian paket dimulai dari paket Silver hingga Platinum.

Dimulai dari Rp. 999.000 kalian sudah mendapatkan website bisnis yang tentunya sudah mobile serta SEO Friendly, lho. Selain itu juga sudah mendapatkan website speed yang cepat untuk menunjang bisnis kalian. Hal ini sangat diperlukan agar website kalian mendapatkan nilai baik oleh Google dan dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Tabel Harga Produk Web Design & Development Bootsol

2. Membuat Aplikasi Mobile

Ilustrasi Aplikasi Mobile

Selain memiliki website untuk berbisnis, alangkah baiknya untuk membuat aplikasi mobile agar bisnis kalian semakin terdepan dalam persaingan. Membuat aplikasi mobile merupakan solusi bisnis digital yang masih cukup jarang dilakukan para pebisnis. Padahal terdapat beberapa manfaat jika kalian membangun aplikasi mobile.

Pertama, memperluas jangkauan pemasaran. Di era digital saat ini hampir semua orang telah memiliki smartphone sendiri. Hal ini berbuah baik jika kita memanfaatkan itu dengan membangun aplikasi mobile untuk memasarkan produk kita. Oleh karena itu, kalian akan mendapatkan target pasar yang luas.

Kedua, pelanggan akan mendapatkan informasi seputar produk secara langsung. Berbeda dengan pemasaran melalui media sosial, membuat aplikasi mobile merupakan solusi bisnis digital yang lebih mutakhir. Pelanggan akan segera mendapatkan informasi seperti stok barang, status pemesanan, berita terbaru, dan lainnya dari aplikasi mobile yang kalian buat.

Keuntungan ketiga dari membuat aplikasi mobile adalah membangun branding yang lebih menonjol dari pesaing. Jika kalian melihat pesaing bisnis Anda belum melakukan hal serupa, maka saatnya yang tepat untuk segera membangun aplikasi mobile untuk menunjang bisnis kalian.

Bootsol memberikan solusi bisnis digital bagi kalian yang ingin membangun aplikasi mobile. Kalian akan mendapatkan pengembangan aplikasi mobile dan design yang luar biasa dengan harga yang sangat affordable. Dimulai dari Rp. 3.000.000 dijamin membuat bisnis kalian to the next level.

3. Mengembangkan Search Engine Optimization (SEO)

Ilustrasi Pengoptimalisasian SEO

Hal yang tidak kalah penting dari solusi bisnis digital saat ini adalah pengembangan SEO. SEO sejatinya merupakan cara organik untuk kita bisa berada dalam halaman pertama pada mesin pencarian. Dengan memaksimalkan kata kunci tertentu, maka website yang kita miliki akan tampil di halaman pertama sesuai dengan relevansinya.

Mengembangkan SEO dalam website bisnis dapat membantu branding bisnis Anda. Jika semakin sering situs web kalian muncul dalam hasil pencarian mesin pencari, maka semakin banyak pengunjung yang mengenal brand kalian.

SEO juga dapat mendatangkan banyak calon pelanggan ke website kalian. Semakin banyak pelanggan yang berkunjung maka semakin baik nilai penjualan yang kalian bisa peroleh. Oleh karena itu penting sekali untuk mengoptimasi bisnis digital kalian dengan SEO.

Meskipun demikian, banyak pelaku bisnis yang belum paham secara utuh bagaimana untuk mengembangkan SEO dalam bisnis. Terlebih jika mereka yang masih bertransformasi dari bisnis yang konvensional. Padahal keuntungan dari memaksimalkan SEO ini sangat besar.

Bootsol menawarkan layanan optimasi SEO bagi kalian yang sedang ingin menaikkan nilai penjualan melalui pencarian organik. Tenang saja, kalian tidak lagi direpotkan dengan berbagai macam faktor yang menentukan kualitas website Anda. Bootsol menyediakan pengembangan SEO baik On-page maupun Off-page dimulai dari Rp. 999.000. Jadi, tunggu apalagi? Optimasikan website Anda segera.

4. Pemasaran Melalui Media Sosial

Selain untuk menunjang hiburan diri dari masing-masing individu, ternyata media sosial dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis digital, lho. Pemasaran melalui media sosial sangat sering dilakukan saat ini mengingat hampir semua orang yang memiliki smartphone juga mempunyai akun media sosial. Dapat dikatakan pasarnya sangat luas.

Jika kalian memasarkan produk kalian di platform media sosial akan sangat mungkin masyarakat lebih tertarik dibandingkan dengan saluran pemasaran lain. Namun perlu diperhatikan bahwa menarik perhatian masyarakat berarti harus memiliki dan membangun konten yang luar biasa.

Selain itu juga melakukan pemasaran di media sosial memungkinkan kalian mendapatkan feedback secara langsung. Baik melalui kolom komentar maupun pesan langsung. Hal ini penting untuk menjalin hubungan dengan pelanggan agar mengetahui kekurangan atau hal yang sudah baik dari bisnis kalian.

Seperti halnya membangun website pribadi dan mengembangkan SEO, pemasaran melalui media sosial dapat meningkatkan nilai penjualan Anda. Dikutip dari andi.link, data pengguna media sosial di Indonesia yang aktif mencapai 170 juta jiwa atau setara 60% dari total populasi masyarakat Indonesia. Ini merupakan angka yang cukup fantastis jika dilihat dari peluang bisnis digital saat ini di Indonesia.

Namun, sayangnya beberapa pebisnis yang melakukan pemasaran digital melalui media sosial belum memaksimalkan platform tersebut sehingga penjualannya tidak begitu baik. Oleh karena itu, Bootsol menyediakan solusi bisnis digital bagi kalian yang ingin mengembangkan bisnis melalui media sosial.

Bootsol menydiakan beberapa pilihan paket dimulai dari Silver hingga paket Special. Semuanya akan membantu memaksimalkan akun media sosial kalian untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Dimulai dari merencanakan kampanye iklan di Facebook dan Instagram hingga memberikan laporan bulanan yang diperlukan untuk keperluan evaluasi bisnis Anda.

Bootsol menawarkan mulai dari harga Rp. 2.670.000 per bulan untuk varian paket Silver dan Rp. 8.100.000 per bulan untuk varian paket Special. Semua varian paket yang Bootso sediakan akan membantu bisnis kalian to the next level.

Tabel Harga Social Media Marketing di Bootsol

Itulah beberapa penjelasan mengenai bisnis digital dan solusi bisnis digital yang dibutuhkan saat ini. Apakah kalian sudah siap mengembangkan bisnis digital sekarang juga? Bootsol menjadi pilihan yang tepat bagi semua keperluan bisnis digital kalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top