fbpx

Apakah Anda pernah atau bahkan sering mendengar kata-kata brand value? Mungkin bagi segelintir orang yang memiliki bisnis telah familiar dengan hal ini. Pada dasarnya brand value merupakan sebuah nilai dari suatu merek dagang yang telah Anda atau seseorang kembangkan.

Nilai dari suatu merek kini kian penting karena sebuah merek yang memiliki nilai yang tinggi akan lebih disegani dan diketahui banyak orang. Baik perusahaan baru maupun yang sudah lama masing-masing terus mengembangkan nilai dari suatu brand itu. Oleh karena itu penting untuk memahaminya agar bisnis yang Anda jalankan lebih baik ke depannya.

Apa itu Brand Value?

Ilustrasi brand value
Ilustrasi brand value

Menurut Qualtrics, brand value atau nilai merek adalah nilai yang dapat diukur dengan uang dari suatu merek. Namun tidak hanya terbatas pada nilai uang, suatu merek harus dapat memberikan sebuah harapan, pengalaman, perasaan, serta janji yang nantinya juga dapat dirasakan oleh konsumen-konsumennya.

Untuk memiliki nilai merek yang tinggi pada umumnya sebuah perusahaan selalu membangunnya melalui brand equity atau kekuatan merek/brand. Kekuatan brand ini didapat pada umumnya melalui kepuasan dan kesetiaan konsumen terhadap produk yang dikeluarkan dari suatu brand tersebut.

Agar suatu brand memiliki kekuatan merek yang cukup dilirik masyarakat maka perusahaan harus mempertimbangkan hal-hal seperti logo, ikon, atau bahkan slogan yang membuat masyarakat memiliki harapan pada merek tersebut. Selain itu, perusahaan yang sedang mengembangkan kekuatan brandnya akan lebih sering mempromosikan produknya melalui event-event di kalangan masyarakat luas.

Oleh karena itu nilai merek dan kekuatan merek tidak dapat dipisahkan dan selalu terus berhubungan. Bagi Anda yang sedang ingin mengembangkan brand value dari merek Anda, simak terus ulasannya di bawah ini!

Pentingnya Brand Value bagi Bisnis

Mengapa nilai brand selalu dianggap penting bagi keberlangsungan bisnis? Satu-satunya jawaban yang paling mudah adalah karena nilai dari sebuah merek itu berada pada setiap pikiran konsumen. Nilai itulah yang nantinya akan mempengaruhi harga dari suatu merek jika pemiliknya ingin menjualnya.

Maka dari itu setiap pelaku bisnis selalu berusaha untuk membangun nilai brandnya lebih baik di masyarakat bagaimanapun caranya. Value yang telah dibangun itu nantinya akan dikomunikasikan kepada masyarakat dengan beberapa bentuk. Lalu apa saja hal penting yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan brand value?

Baca juga: 4 Jenis Segmentasi Pasar yang Effective untuk Bisnis Anda

1. Tingkatkan Pengalaman Konsumen Anda

Pengalaman pengguna sangat penting
Pengalaman pengguna sangat penting

Pernahkah Anda memperhatikan brand-brand yang sudah sangat terkenal begitu baik dalam melakukan pelayanannya kepada konsumen? Ya, mereka sedang mengembangkan dan menjaga pengalaman konsumen yang baik. Hal ini menjadi salah satu kunci vital bagi perusahaan untuk dapat mendapatkan nilai merek yang baik di masyarakat.

Bagi konsumen, memiliki pengalaman yang baik pada suatu merek akan meningkatkan loyalitas dan sangat memungkinkan mereka membeli/berlangganan kembali pada suatu merek. Sementara itu, Anda harus memastikan bahwa pelayanan yang Anda berikan merupakan yang terbaik dan efektif.

Jika Anda menginginkan brand value yang terbaik maka Anda harus memastikan apakah pelayanan yang Anda berikan sudah baik? Apakah aplikasi yang Anda sediakan sudah berjalan dengan baik? Apakah konsumen memiliki masalah yang belum terpenuhi?

Beberapa pertanyaan di atas mungkin akan membantu Anda untuk mengembangkan brand value yang lebih baik lagi ke depannya.

2. Jadilah yang Unik

Ilustrasi dari keunikan
Ilustrasi dari keunikan

Selain memperkaya pengalaman konsumen Anda, untuk meningkatkan nilai dari suatu brand juga dibutuhkan keunikan. Keunikan ini merupakan salah satu pembeda brand Anda dengan kompetitor yang ada. Jangan terlalu fokus pada zona nyaman, Anda disarankan untuk terus melebarkan sayap kepada calon konsumen yang belum pernah terjangkau.

Selain itu juga keunikan dapat dikembangkan melalui produk yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini memerlukan riset yang mendalam dan ketepatan dalam memasarkan produk. Dengan begitu, maka brand value suatu perusahaan akan terlihat serta dirasakan oleh masyarakat.

3. Pahami Target Anda

Pahami target audiens
Pahami target audiens

Memahami siapa target atau calon konsumen Anda juga membantu menaikkan brand value sebuah perusahaan. Banyak brand-brand terkenal telah membuktikan dengan cara menyentuh perasaan para audiensnya dengan satu atau dua kalimat pemasaran yang tepat.

Dilansir dari latana.com, memahami target audiens juga mengharuskan perusahaan membuat sesuatu yang unik dan orisinil. Semakin kreatif produk yang dikenalkan kepada masyarakat, maka semakin tinggi value yang akan dirasakan oleh masyarakat.

Namun dalam membuat produk dan iklan yang unik, perushaan harus mengetahui kepada siapa produk atau jasanya akan dijual. Oleh karena itu, brand value berkembang tepat pada target audiens yang pas. Mereka adalah orang-orang yang menyadari dan membutuhkan produk Anda.

Setelah Anda menemukan dan menentukan target audiens yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah memberikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Pesan tersebut dapat melalui produk, layanan, dan lain sebagainya untuk meningkatkan brand value sebuah merek.

4. Membuat Terobosan

Menjadi yang paling menonjol dibandingkan yang lain
Menjadi yang paling menonjol dibandingkan yang lain

Untuk membangun brand value yang baik, dibutuhkan sebuah terobosan produk yang paling menonjol di masyarakat. Tidak hanya membedakan dari para kompetitor, membuat suatu terobosan juga berarti menjadikan brand Anda yang paling dikenal.

Lalu bagaimana caranya? Anda harus memperhatikan hal-hal seperti keunikan produk, kualitas, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Selain itu, Anda juga harus membuat produk atau menyajikan pelayanan yang benar-benar berbeda dengan brand lainnya. Hal ini seperti yang telah dikatakan sebelumnya, memerlukan riset yang cukup mendalam.

5. Konsisten

Konsistensi sangat diperlukan
Konsistensi sangat diperlukan

Menjaga produk Anda tetap konsisten menjadi salah satu hal yang penting untuk meningkatkan nilai merek. Hal ini berorientasi agar masyarakat tetap mengingat produk Anda meskipun terdapat banyak produk-produk yang serupa dengan merek Anda.

Sangat disarankan bagi pelaku usaha untuk tetap memberikan pesan, nada, dan bahasa yang sama kepada konsumen. Brand value perusahaan Anda akan meningkat dan diingat banyak orang jika Anda konsisten menyampaikan tiap keunikan yang dimiliki dari brand Anda.

Agar kekonsistenan itu tercapai, buatlah sebuah perimeter yang akan menentukan konsistensi dari brand Anda. Pastikan juga artikel blog yang ada posting, email, dan lainnya agar memiliki suara yang bulat sehingga brand value dari perusahaan Anda akan meningkat.

6. Memiliki Standar Desain Tinggi

Desain yang menarik akan meningkatkan nilai merek Anda
Desain yang menarik akan meningkatkan nilai merek Anda

Biasanya sebuah brand/merek terlebih dahulu dikenal dengan sebuah logonya. Desain logo ini menjadi hal yang sangat penting bagi keberlangsungan merek Anda ke depannya. Brand value akan terlihat baik jika masyarakat dapat memahami serta menerima desain yang Anda tampilkan.

Namun sebaliknya, meskipun Anda memiliki produk dan layanan yang berkualitas tinggi tetapi tidak diimbangi dengan desain visual yang komunikatif, maka brand value Anda menjadi berkurang. Oleh karena itu, memaksimalkan desain pada logo, website, aplikasi, dan lainnya akan secara tidak langsung membantu menaikkan nilai merek bisnis Anda nantinya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pentingnya brand value yang perlu kalian tahu. Selain itu, kalian juga sekarang telah mengetahui apa saja hal penting yang perlu kalian kembangkan dalam bisnis agar mendapatkan nilai merek yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat!

2 thoughts on “Important 6 Hal Penting Brand Value bagi Bisnis Anda!”

  1. Pingback: Interesting! 3 Logo Brand Famous ini Punya Cerita Tersendiri

  2. Pingback: Important Pahami 5 Strategi Bisnis Cerdas di Tahun 2022

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top