fbpx

Web portal termasuk dalam salah satu jenis website. Adanya, Website portal bertujuan untuk mengarahkan pembaca agar dapat berinteraksi dengan informasi yang dimuat dalam situs tersebut. Selain itu, sebagai penyedia layanan informasi portal juga memudahkan pembaca dalam menemukan informasi yang diminati. Sama halnya, dengan situs pada umumnya, website portal dapat diakses dengan perangkat apa saja. Nah sekarang, Bootsol akan perkenalkan beberapa contoh website portal menarik.

Baca juga Pengertian dan Jenis Website

Jenis Web Portal :

– Horizontal

– Vertikal

Contoh Website Portal:

– MSN

– Yahoo

– Go

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak website portal juga loh! Selain itu, untuk bidangnya pun juga variatif seperti bidang teknologi, kesehatan, berita dan lainnya.

Kali ini Bootsol akan membahas fokus terkait beberapa website portal berita terbaik di Indonesia.

Seiring dengan kemajuan teknologi internet, website portal portal sudah ada sejak tahun 1990 an. Salah satu jenis website yang berupaya untuk memanfaatkan opportunity ini adalah website portal berita. Lalu, bagaimana cara website portal berita memanfaatkan peluang ini?

– Di era digital ini, pembaca cenderung memperoleh informasi melalui media digital

– Konten portal berita bervariasi (sesuai fakta, inovatif dan informatif)

– Pemasangan iklan di halaman situs

– Mudah dan dapat diakses dengan perangkat apapun

Di bawah ini, Bootsol mengumpulkan enam website portal berita menarik yang cocok untuk menjadi rekomendasi sumber informasi bagi anda. Berita- berita ini berasal dari suatu daerah dan nasional.

Jika anda memiliki referensi website portal berita lainnya, anda dapat komen di bawah ini ya!

Fitur Web Portal Berita

Bagi anda yang suka membaca berita di situs, anda tentunya menyukai situs dengan tampilan desain yang menggugah bukan? selain itu, hal-hal apa saja sih yang menjadi pertimbangan anda dalam menilai “baiknya” suatu situs?

Sebuah web berita juga harus bisa diakses cepat, mudah diupdate, dan free SEO ready setup.

-Sekawanmedia.co.id

Berikut fitur-fitur yang penting dalam Web Portal Berita :

– Headline (Pemilihan kata yang tepat sebagai judul)

– Lead (paragraf awal, dapat disebut juga Intisari)

– Body

– Penambahan Call to Action (subscribe button, newsletter)

Bootsol menawarkan solusi digital termasuk pembuatan website. Jika anda membutuhkan bantuan kami and dapat klik di sini.

Selanjutnya, mari simak enam contoh Web Portal berita yang sangat bermanfaat.

Enam Web Portal Berita di Indonesia :

1. Tribunnews.com

Tribunnews.com merupakan salah satu web portal berita yang tidak asing lagi di Indonesia. Tribunnews memperoleh informasi dari sumber-sumber yang terpercaya karena memiliki networks yang tersebar di Indonesia. Selain itu, sumber informasi Tribun juga berasal dari komunitas online “Tribunners” dengan member yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tribunnews.com percaya jurnalisme yang baik adalah :

1. Tahu lebih dalam, karena dekat dengan sumber cerita.

2. Unik, karena mengabarkan dari sudut pandang pemilik cerita.

3. Merepresentasikan keberagaman, untuk tetap menguatkan dan mempersatukan.

Selain hadir dalam bentuk situs, Tribun juga hadir dalam aplikasi yang dapat diunduh dengan mudahnya. Nah untuk format berita di kedua platform berupa E-paper (versi digital dari koran). Sama halnya dengan koran, berita di situs pun juga diperbaharui setiap hari, bahkan jam. Oleh karena itu, pembaca dapat membaca dan mengunduh informasi di Tribun dimana saja dan kapanpun.

2. Kompas.com

Kompas.com merupakan salah satu pelopor media online Indonesia

Kompas.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia ketika pertama kali hadir di Internet pada 14 September 1995 dengan nama Kompas Online.  Awalnya situs ini bertujuan untuk menjangkau pembaca setia Kompas, di daerah yang berada di luar network distribution. Selain itu, harian Kompas di luar negri pun juga semakin populer.

Melihat adanya perkembangan dan peluang bagi Kompas untuk terus maju. Maka, Kompas Online dikembangkan menjadi web portal. Dimana, para pembaca dapat memperoleh informasi berita secara up to date.

Hingga sekarang Kompas masih terus berinovasi untuk menambah layanan namun, tetap berpegang pada acuan jurnalisme yang baik. Sehingga, dapat terus menyajikan berita berkualitas dan aktual. Hal tersebut dibuktikan melalui pencapaian Kompas dalam meraih banyak awards.

Contoh Awards yang telah dimenangkan oleh Kompas :

– Kompas.com – WOW Brand Award (News website)Kompas.com

– Kompas. com – Superbrands Award (Trusted Online Media)

3. Liputan 6.com

Situs portal yang telah berdiri dari 2000 ini menyajikan informasi yang bervariasi bagi pembacanya. Nah, untuk topik-topik menariknya meliputi politik, bisnis, kuliner dan masih banyak lagi. Selain, diakses melalui situs anda juga dapat mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi Liputan 6.

4. Merdeka.com

Nah, untuk web portal berita yang satu ini merupakan bagian dari situs berita lain. Keduanya menyajikan informasi terkait beragam topik. Untuk penjelasan lebih lengkapnya anda dapat mengunjungi situs Merdeka. Lalu, apakah anda penasaran dengan makna dari logo Merdeka? Simak penjelasan menariknya langsung di situsnya ya.

5. Detik.com

.Selain aktif menyajikan beragam informasi di situsnya, Detik juga aktif di akun media sosialnya. Menurut Bootsol, hal ini merupakan strategi yang tepat bagi media online . Karena para pembaca dapat berinteraksi langsung dengan media tersebut ataupun pembaca lainnya. Selain itu, pembaca dapat mudah untuk memperoleh informasi di berita secara up to date.

6. Okezone.com

Situs portal terakhir yang Bootsol rekomendasikan untuk anda adalah Okezone. Okezone sudah hadir sebagai media Online di Indonesia sejak tahun 2007. Sampai sekarang, situs portal ini masih terus berkembang untuk menampilkan berita berkualitas bagi para pembacanya.

Nah, dari keenam Web Portal berita di atas situs mana yang paling sering anda kunjungi? Anda juga dapat membagikan informasi terkait situs beritas favorit melalui komen di bawah ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top