fbpx
Ilustrasi Fitur WhatsApp Bisnis
Ilustrasi Fitur WhatsApp Bisnis

Sudahkah familiar anda dengan WhatsApp Bisnis? Jangan sampai ketinggalan informasi masih, ketahui dan pahami fitur WhatsApp bisnis yang sangat membantu. Berikan penjelasan selengkapnya :

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp. Dikenal sebagai salah satu media sosial chat, WhatsApp kini disinyalir memiliki banyak pengguna. WhatsApp atau yang biasa disebut WA ini memungkinkan penggunanya mengirim pesan atau telpon tanpa menggunakan biaya, namun cukup dengan koneksi internet yang stabil.

Terutama di zaman yang serba canggih ini, orang-orang tidak lagi berkabar menggunakan surat. Dengan segala kecanggihan yang disediakan, WhatsApp memungkinkan penggunanya berkomunikasi jarak jauh dengan sangat fleksibel. Media sosial tersebut bisa digunakan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun asal memiliki perangkat yang mendukung dan tentu konektivitas internet.

Hebatnya pada tahun 2018, WhatsApp tak hanya memberikan fasilitas chatting, tetapi mulai merilis fasilitas chat khusus untuk pelaku usaha. Aplikasi tersebut bernama WhatsApp Bisnis, sesuai dengan namanya seluruh fitur yang tersedia berfungsi mendukung jalannya bisnis terutama bisnis online. Tentu saja kabar rilisnya WhatsApp bisnis mendapatkan antusiasme masyarakat Indonesia, terutama para pelaku bisnis.

Hadirnya WhatsApp Bisnis diharapkan bisa menjadi alternatif untuk menghubungkan para pemilik bisnis dengan calon pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan bisa dengan mudah bertanya seputar produk maupun jasa, hingga bernegosiasi harga. Pada akhirnya calon pelanggan tersebut bisa yakin membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan, sebelum benar-benar bertransaksi.

Di era yang serba online ini, WhatsApp Bisnis menjadi pilihan yang cocok untuk digunakan. Sebenarnya di Indonesia sendiri, pengguna WhatsApp sudah sangat banyak. Hal tersebut membuat calon pelanggan tak harus menginstal aplikasi lain untuk berkomunikasi dengan pedagang.

Pengertian WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi berupa media sosial yang diciptakan sedemikian rupa khusus untuk para pemilik bisnis. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di PlayStore atau AppStore. WhatsApp Bisnis sangat cocok untuk pemilik bisnis kecil maupun menengah alias UMKM.

WhatsApp Bisnis menyediakan fitur-fitur luar biasa yang akan memudahkan pemilik usaha berkomunikasi dengan calon pelanggan. Anda dapat dengan mudah membalas pesan secara otomatis setelah disetting, sortir hingga menandai pesan penting yang diterima. Dengan begitu anda bisa menjawab dengan cepat segala pertanyaan yang diajukan calon pelanggan. Hal tersebut memberikan kesan profesional dan lebih disukai calon pelanggan.

Fakta menarik seputar WhatsApp Bisnis, mengutip dari artikel di Niagahoster, ternyata Indonesia menjadi negara di Asia yang pertama kali bisa menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa saat kemudian, baru negara lain mulai mengikuti seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 6 Tips Brilliant Mencari Topik Blog Menarik, bagi Website Anda

Fitur WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis disebut-sebut memiliki beragam fitur yang istimewa. Meski pada dasarnya serupa dengan WhatsApp Messenger pada umumnya, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yang membuat keduanya tidak sama. Ada beberapa fitur yang hanya bisa dijumpai di WhatsApp Bisnis. Dimana fitur-fiturnya lebih mengedepankan komunikasi antara pemilik busaha dengan para calon pelanggan. Adapun berikut fitur-fitur WhatsApp Bisnis yang dimaksud, yaitu sebagai berikut :

1. Nama Akun Pengguna

Ilustrasi nama akun pengguna
Ilustrasi nama akun pengguna

Fitur yang sangat membedakan antara WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger ialah pengaturan ubah nama akun. Pada WhatsApp Messenger, para pengguna bisa dengan bebas merubah nama akun sesuai keinginan. Berbeda dengan fitur WhatsApp Bisnis, ada ketentuan nama akun yang harus dipenuhi. Memang terkesan kurang leluasa, tapi kenyataannya dengan begitu nama toko online anda akan terdengan lebih profesional.

Adapun ketentuan nama akun pada fitur WhatsApp Bisnis yaitu :

  • Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi dengan keseluruhan huruf kapital.
  • Tidak boleh ada spasi tambahan di antara kata.
  • Tidak menambahkan tanda baca.
  • Tidak menggunakan emoji, simbol, dan karakter spesial apapun (~!@#$%^^&*()_+:;{}[]/?’”,.<>)
  • Tidak menambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang bukan berupa angka atau huruf).

Jangan sampai keliru menentukan nama akun untuk WhatsApp Bisnis anda.

Baca Juga : Ini 4 Langkah Pertolongan Pertama untuk Ponsel yang Terkena Air

2. Profil

Ilustrasi profil
Ilustrasi profil

Profil menjadi salah satu fitur WhatsApp Bisnis yang istimewa. Fitur tersebut dapat memuat informasi lengkap terkait bisnis anda, mulai dari nama, alamat, , deskripsi toko, kategori bisnis, email, situs website, dan masih banyak lagi. Anda dapat membuat profil toko online sekreatif dan selengkap mungkin melalui fitur profili. Dimana fitur tersebut tidak terdapat pada fitur WhatsApp Messenger.

Calon pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi lengkap terkait toko anda. Informasi tersebut mudah terlihat saat ada yang mengunjungi profil WhatsApp Bisnis anda. Adapun cara mengedit profil toko bisnis anda dengan sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

  • Buka WhatsApp Bisnis > klik Opsi Lainnya atau > Setelan > nama bisnis Anda
  • Klik Edit
  • Ketuk bidang mana saja untuk memperbarui > Simpan.

Anda bisa dengan bebas menambah informasi tertentu mengenai produk apa yang anda jual atau jasa apa yang anda sediakan.

3. Pesan Otomatis

Ilustrasi pesan otomatis
Ilustrasi pesan otomatis

Fitur WhatsApp Bisnis lainnya yang menjadi pembeda dengan WhatsApp Messenger ialah pesan otomatis. Aplikasi tersebut memungkinkan pesan dibalas secara otomatis dengan template pesan tersebut. Adapun pesan otomatis yang disediakan terdapat tiga jenis, diantaranya :

  • Away Message merupakan fitur WhatsApp Bisnis untuk membalas pesan masuk dari oelangga di luar jam operasional.
  • Greeting Message merupakan fitur WhatsApp Bisnis untuk membalas pesan yang pertama kali dikirimkan oleh calon pelanggan, selain itu juga berfungsi sebagai sapaan.
  • Quick Replies merupakan fitur WhatsApp Bisnis untuk menjawab pertanyaan umum yang paling sering ditanyakan.

Pesan otomatis tersebut dapat digunakan dengan mudah, hanya perlu mengetik simbol “/”, diikuti dengan kata kunci yang sudah anda buat.

4. Katalog

Ilustrasi katalog
Ilustrasi katalog

Katalog menjadi hal yang penting bagi para pelaku usaha. Hebatnya, gitu WhatsApp Bisnis yang canggih memungkinkan penyediaan katalog untuk menampilkan produk apa saja yang dijual atau jasa apa saja yang ditawarkan. Biasanya katalog tersebut lengkap memuat dengan keteranga dan harga yang telah ditentukan. Fitur tersebut berfungsi sebagai etalase produk, dimana bisa dilihat oleh calon pelanggan ketika berkunjung ke profil toko anda. Adapun menggunakan fitur Katalog WhatsApp Bisnis adalah buka menu Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Katalog.

Anda bisa dengan bebas mengatur mana saja foto yang menarik untuk dijadikan katalog. Jangan lupa juga untuk melengkapi keterangan dan harga agar lebih menarik. Hebatnya fitur latalog ini bisa menampilkan foto produk hingga 500 foto.

5. Statistik Pesan

Ilustrasi statistik pesan
Ilustrasi statistik pesan

Anda selaku pemilik usaha bisa dengan mudah memantau jalannya sistem bisnis. Melalui fitur WhatsApp Bisnis, anda dapat memantau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur tersebut dapat membantu anda memantau pesan dimana saja dan kapan saja, sehingga lebih fleksibel. Adapun cara untuk memeriksa statistik yaitu,  Anda cukup buka WhatsApp Bisnis > klik Tombol Menu > Setelah > Setelan Bisnis > Statistik

Itulah lima fitur WhatsApp Bisnis yang sangat istimewa. Dengan adanya WhatsApp Bisnis dapat membantu mengembangkan usaha anda dengan lebih fleksibel.

Baca Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top