fbpx

Google Analytics merupakan tool essential bagi para situs owner. Alat yang satu ini, memiliki banyak manfaat loh. Lalu, kira-kira apa saja ya fungsi google analytics? Salah satunya adalah fitur yang dimiliki alat ini. Melalui fitur basic yaitu traffic monitoring, anda dapat mengamati traffic situs anda. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur-fitur useful lainnya dengan tujuan supaya, meningkatnya potensi situs anda.

Nah, untuk fitur-fitur lain yang dimaksud seperti traffic source, popular content dan sebagainya. Melalui fitur-fitur google analytics, anda dapat membuat decisions yang sesuai dengan kebutuhan situs anda. Sehingga, kualitas situs anda dapat menjadi lebih baik.

Baca juga : Ternyata ini Enam Mitos Seputar SEO

Google Analytics kerap kali dinilai sebagai sesuatu yang rumit untuk dicoba, khususnya bagi para beginners. Oleh karena itu, Bootsol akan menyajikan berbagai macam informasi seputar proses kerja dan sebagainya. Kali ini, Bootsol akan berbagi informasi mengenai istilah, fungsi Google analytics dan fitur-fitur Google analytics untuk diaplikasikan di situs anda sendiri.

Sebelum kita mengulas lebih lanjut mengenai fungsi Google analytics, ada baiknya jika anda sudah paham terlebih dahulu terkait pemahaman dasarnya.

Mengenal Istilah Google Analytics :

– Session : The amount of interaction between sites and visitors

– Bounce Rate : Number of visitors yang keluar dari situs anda setelah mengunjungi satu halaman

– Property : Defined as situs, aplikasi maupun other devices yang di-track oleh Google Analytics

– Views : Fitur berupa group of data yang ingin anda amati

3 Fungsi Google Analytics Beneficial :

1. Mampu Mengukur Metriks :

Anda dapat memanfaatkan tool ini untuk mengukur metriks situs anda. Misalnya, untuk mengetahui visitors situs anda secara lebih mendalam. Seperti, faktor demografik, ketertarikan dan devices apa yang anda biasanya digunakan untuk mengakses situs anda. Selain itu, Google analytics tentunya juga mampu menganalisa semua metriks yang ada. Sehingga, kualitas situs anda dapat diperbaiki melalui informasi tersebut.

2. Collecting SEO Data Perfomance

Salah satu fungsi Google analytics lainnya adalah, collecting data SEO dari sumbernya, yaitu mesin pencari Google. Seperti contoh data mengenai keywords yang paling banyak dicari pengunjung, web user behavior, devices milik pengunjung dan lainnya. Melalui seluruh informasi yang diperoleh, tentunya akan memudahkan anda dalam membuat report secara lebih cepat dan efisien.

3. Tracking Source Pengunjung

Anda dapat memanfaatkan menu Acquisition untuk tahu asal pengunjung situs anda. Nah, fitur yang satu ini dinilai sangat bermanfaat untuk meruntut kesuksesan iklan, ataupun proses website optimization .

Contoh- contoh traffic source pengunjung :

– Overview : Ringkasan jumlah pengunjung dari organic search, email links
– Google Advertising : Ringkasan jumlah pengunjung dari ads Google
– Social : Ringkasan jumlah pengunjung dari media sosial

Selain itu, melalui fitur ini anda juga dapat mengamati sumber traffic, tanpa harus memiliki campaign path untuk melakukan promosi bagi situs anda. Secara keseluruhan, melalui informasi yang anda peroleh anda dapat tahu path mana yang memiliki dampak paling besar bagi trafik situs anda.

Manfaat Google Analytics :

Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur Google analytics bagi development bisnis anda. Terlebih lagi, jika anda memiliki bisnis yang berhubungan dengan search engine seperti Google. Tentunya, melalui fitur-fitur yang anda, anda akan lebih mudah dalam memperoleh informasi terkait performa situs.

Bootsol akan mengulas beberapa fitur yang dapat anda manfaatkan dalam menggunakan tool ini.

Analytics Intelligence

Selain, dapat menyajikan data yang dibutuhkan, fitur ini juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu dapat melakukan modelling advanced information. Sehingga, semua data yan telah diperoleh, dapat anda pahami secara menyeluruh.

Berikut adalah beberapa contoh datanya : real time data, trend changes dan potensi lain yang patut anda tahu.

Reporting

Melalui data yang anda, dapat membuat berbagai report. Contoh laporan lengkap yang dapat anda peroleh, berkat fungsi Google analytics :

Visitors Report

Advertising Report

Customer Behavior Report

Conversion Report

– Pengumpulan Data dan Pengelolaan

Anda dapat melakukan data importing dari berbagai aplikasi third party yang ter-connect dengan Internet. Hal ini dapat terjadi, karena adanya Open Measurement Protocol di Google Analytics. Lalu, data tersebut juga dapat dicombine dengan collected data dari Google analytics sendiri. Maka, anda dapat menganalisa data yang lengkap.

Cara Menggunakan Google Analytics :

Sekarang, anda tentu sudah paham terkait fungsi google analytics, nah mari kita ulas cara penggunaannya yuk!

– Menu Audience untuk mengenal para visitors

Terdapat sekitar 14 sub-menu untuk mendukung informasi mengenai para pengunjung situs anda.

– Menu Acquisition untuk mengetahui Visitor Sources

Anda dapat mengetahui bermacam-macam sumber pengunjung

-Menu Conversion Tracking untuk menelusuri performa pemasaran

Terdapat empat jenis penelusuran konversi yang dapat anda peroleh

Baca juga : Tiga Strategi Seo untuk E-commerce

Apakah anda rasa, Google Analytics wajib anda punyai sebagai seorang pebisnis? fungsi Google Analytics mana yang anda nilai paling penting? tulis jawabannya di bawah ini ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top