fbpx

Di era pandemi seperti saat ini banyak sekali aktivitas yang dapat kita lakukan seperti halnya bermain game asah otak. Tidak sekedar untuk menghibur semata, bermain game juga dapat mengasah otak kita. Kita akan tetap produktif dan terhindar dari tekanan serta stress yang meliputi kita.

Pada dasarnya bermain sebuah game dapat membantu mengasah kemampuan otak seseorang. Mereka juga dapat meningkatkan kreativitasnya dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam game. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari bermain game. Namun, terdapat beberapa game yang dapat lebih meningkatkan kemampuan otak kita.

Sebelum membahas permaianan apa saja yang dapat mengasah kemampuan otak kita, penting untuk diketahui apa saja sih manfaat dari game asah otak itu sendiri. Oleh karen itu, simak terus ulasannya di bawah ini ya!

Manfaat Bermain Game Asah Otak

Meskipun bermain game dapat mengasah kinerja otak kita, tidak semua game dapat memiliki manfaat tersebut. Terdapat beberapa jenis game tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan otak kita seperti berhitung dan menghafal. Permainan yang mengasah kemampuan otak juga dapat meningkatkan mentalitas seseorang.

Nah, sebab itu simak beberapa manfaat permaianan yang dapat mengasah kinerja otak seseorang di bawah ini!

1. Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan daya ingat seseorang
Meningkatkan daya ingat seseorang

Banyak sekali permainan yang membutuhkan kemampuan daya ingat untuk menyelesaikan permasalahannya. Seperti layaknya game Puzzle yang mengharuskan pemainnya mengingat bentuk utuh dari suatu gambar sebelum gamber tersebut diacak. Dikutip dari sahabatnestle, anak lebih suka dan senang terhadap permainan yang memiliki aspek edukatif seperti Puzzle tersebut.

2. Dapat Memecahkan Masalah

Mampu meningkatkan pemecahan masalah
Mampu meningkatkan pemecahan masalah

Bermain game asah otak sedikit banyak membuat pemainnya dapat memecahkan masalah dengan baik. Permainan tersebut menawarkan segudang teka-teki yang harus diselesaikan dengan cepat dan tepat sehingga pemainnya dapat mengasah kemampuannya. Contohnya seperti game Teka Teki Silang yang pemainnya harus menyusun kata-kata dengan tepat dan benar.

Semakin banyak teka-teki yang diselesaikan oleh para pemainnya, semakin baik kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Kemampuan ini sangat penting khususnya bagi perkembangan karir seseorang, apalagi hanya dengan bermain game melatihnya.

3. Melatih Konsentrasi

Melatih konsentrasi
Melatih konsentrasi

Memecahkan masalah dalam game asah otak dapat mempertajam konsentrasi dan fokus seseorang. Jika seseorang sedang berusaha untuk menyelesaikan teka-teki yang terdapat di dalam game tersebut, maka secara otomatis fokus dari pemain tersebut akan meningkat. Pemain akan terbiasa melupakan permasalahan lain yang ada di dalam otaknya untuk terus fokus dan konsentrasi terhadap masalah yang mereka hadapi di dalam game asah otak.

4. Melatih Kesabaran

Meningkatkan kesabaran dalam menghadapi tantangan
Meningkatkan kesabaran dalam menghadapi tantangan

Sudah tentu bagi siapapun yang bermain permainan asah otak akan menemukan kesulitan dan masalahnya sendiri. Hal ini membuat seseorang dilatih untuk tetap sabar meskipun masalah yang mereka hadapi cukup sulit. Namun, semua teka-teki yang diberikan oleh game tersebut pada dasarnya dapat diselesaikan dengan baik jika pemain telah mengetahui caranya.

Melatih kesabaran di era digital seperti saat ini rasanya cukup mudah karena terdapat banyak sekali game asah otak yang kalian dapat unduh dan mainkan. Selain itu, melatih kesabaran sangat penting karena seseorang dapat lebih tangguh dan berpikir jernih ketika menghadapi masalah yang cukup sulit di dunia nyata.

5. Meningkatkan Kreatifitas

Game asah otak meningkatkan kreatifitas seseorang
Game asah otak meningkatkan kreatifitas seseorang

Game dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi seseorang karena begitu banyaknya masalah yang harus diselesaikan. Tentunya hal ini membutuhkan kemampuan seseorang untuk berusaha berkreasi semaksimal mungkin dalam penyelesaiannya. Jenis permainan seperti TTS, Catur, Sudoku sangat membutuhkan strategi dan imajinasi pemain yang mumpuni.

Dengan begitu banyaknya cara dan strategi yang diterapkan oleh pemain, maka secara tidak langsung imajinasi dan kreatifitas seseorang akan berkembang. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengembangkan kreatifitas diri melalui bermain game asah otak.

6. Mengasah Kemampuan Motorik

Mengasah kemampuan motorik
Mengasah kemampuan motorik

Banyak sekali permainan asah otak yang mempertajam kemampuan motorik kita. Seperti layaknya game 2048 yang membutuhkan kemampuan berpikir cepat dan bertindak cepat untuk mendapatkan skor yang tinggi. Dengan terbiasa mengambil keputusan yang cepat dan tepat maka kemampuan motorik seseorang akan lebih meningkat tanpa ia sadari.

Lalu apa saja game asah kemampuan otak yang wajib dimainkan untuk mengasah kemampuan otak kalian? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Asah Otak Gratis Yang Seru dan Super Challenging!

Daftar Game Asah Otak

Setelah kita mengetahui manfaat dari game yang dapat mengasah kemampuan otak kita, saatnya untuk mengetahui permainan-permainan apa saja yang tersedia bagi kita untuk mempertajam kemampuan otak. Berikut beberapa daftar permaianan yang dapat meningkatkan kinerja otak kita.

1. Teka-Teki Silang (TTS)

Permainan Teka-teki Silang
Permainan Teka-teki Silang (Sumber: Wikipedia)

Teka-teki silang atau yang biasa dikenal TTS merupakan sebuah permainan kata dimana pemainnya harus mengisi serangkaian ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih. Untuk menyelesaikan permainan ini, pemain harus melengkapi kotak-kotak berwarna putih dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata atau frasa. Bagian kotak hitam berfungsi untuk memisahkan antara kata atau frasa yang berbeda.

Pada umumnya game asah otak yang satu ini dapat ditemui di koran-koran cetak harian. Namun seiring berjalannya waktu, TTS dapat kita mainkan melalui gadget seperti smartphone, tablet, bahkan laptop dan komputer. Game TTS membutuhkan konsentrasi dan fokus yang cukup untuk dapat melengkapi bagian-bagian kotak yang kosong. Game ini juga dapat membuat pengetahuan umum seseorang meningkat sering berjalannya permainan.

2. Duel Otak

Duel Otak
Duel Otak (Sumber: Maxmonroe)

Duel Otak merupakan salah satu game asal Indonesia yang memungkinkan pemain bersaing satu sama lain untuk saling menguji pengetahuannya. Terdapat beberapa kategori yang dapat dipilih setiap pemain. Para pemain game ini juga dapat bermain bersama teman dan seseorang secara acak. Sudah tentu game ini dapat mengasah otak bagi siapapun yang memainkannya.

Terdapat beberapa tips dalam bermain Duel Otak seperti mengetahui kemampuan lawan sebelum bertanding, mengetahui kemampuan kategori yang dikuasai, penggunaan bantuan, dan lain-lain. Dalam game asah otak ini kalian akan memadukan antara kecepatan, ketepatan, serta pengetahuan. Duel Otak menjadi salah satu game yang dapat mengasah otak terbaik untuk saat ini. Game ini dapat diunduh bagi pengguna smartphone Android maupun iOS.

3. Sudoku

Permainan Sudoku
Permainan Sudoku (Sumber: IDN Times)

Sudoku merupakan game klasik yang terkenal unik dalam memainkannya. Pemain harus mengisi setiap kotak yang kosong dengan pilihan angka 1 hingga 9 ke dalam kotak berukuran 3×3. Meskipun demikian, pemain tidak boleh mengisi baik baris maupun kolom dengan angka yang sama. Oleh karen itu game ini akan mengasah otak kalian dengan menggunakan logika.

Saat ini Sudoku dapat dimainkan secara tradisional seperti menggunakan kertas fisik maupun secara digital. Game ini dapat diunduh bagi pengguna Android dan iOS. Sudoku memiliki banyak teka-teki di dalamnya. Kemampuan seperti penggunaan angka, logika, serta kecepatan menjadi kunci dalam memainkan game asah otak ini.

4. Math Duel

Math Duel
Math Duel (Sumber: Youtube)

Math Duel merupakan game yang berbasis matematika yang memiliki tampilan menyerupai permainan catur dan kartu. Game ini sudah tentu dapat mengasah kemampuan kalian dalam bidang matematika. Para pemain dapat berduel dengan pemain acak maupun dengan teman sendiri. Math Duel cocok dimainkan mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Cara bermainnya seperti catur namun harus menyelesaikan soal-soal matematika agar dapat memenangkan pertandingan. Game asah otak yang satu ini sangat baik dimainkan untuk mengasah kemampuan berhitung, kecepatan, serta logika matematika seseorang. Pastinya game ini memiliki manfaat yang besar karena dapat membantu baik anak maupun orang dewasa meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir kritis.

5. Brain Dots

Brain Dots
Brain Dots (Sumber: Google Play)

Game asah otak yang bernama Brain Dots ini merupakan game yang dibuat oleh Jepang dengan menggabungkan dua kosa kata Inggris antara “Brain” yang artinya otak dan “Dots” yang memiliki arti titik. Inti dai permainan Brain Dots adalah pemain harus menghubungkan dua bola atau titik yang berwarna merah dengan titik yang berwarna biru.

Permaianan ini membutuhkan strategi dan ketenangan dalam memainkannya. Kemampuan otak pemaian akan diasah sering bertambahnya level yang semakin sulit untuk dipecahkan. Game asah otak ini dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store.

6. 2048

Game 2048
Game 2048 (Sumber: Game Online)

2048 merupakan sebuah game yang dibuat oleh Gabriele Cirulli pada 2014. Inti dari game ini adalah menggabungkan kotak-kotak tertentu yang memiliki sebuah angka agar mendapatkan hasil akhir angka 2048. Pada dasarnya konsep dari game ini mudah dipahami, namun sulit untuk dipecahkan. Seringkali pemainnya lupa akan target angka yang telah ditetapkan yaitu 2048.

Game ini sangat mengasah otak dalam hal strategi dan berhitung. Para pemainnya harus mengetahui betul setiap langkah ke depannya agar tidak menimbulkan langkah yang salah. Selain itu, pemain juga seolah-olah dipaksa untuk terus fokus pada bagian-bagian tertentu dari permaianan ini agar mendapatkan hasil yang diharapkan. Game ini dirilis secara gratis dan dapat diunduh di Play Store dan App Store.

7. Plumber

Game Plumber
Game Plumber (Sumber: ApkGK)

Plumber merupakan game asah otak yang berjenis puzzle dimana pemainnya bertindak seolah-olah seperti tukang ledeng. Pemain harus dapat menghubungkan tiap pipa-pipa yang tersedia agar air dapat mengalir dengan benar. Semakin tinggi level yang dimainkan oleh kalian, maka konfigurasi pipa yang diberikan semakin sulit. Pemain harus memutar pipa-pipa tersebut agar dapat mengaliri air dengan baik.

Plumber mengasah otak pemainnya untuk tetap berpikir kritis dimana pemain harus menyelesaikan tantangan yang cukup sulit dengan waktu yang relatif minim. Game Plumber tersedia di Play Store dan App Store.

8. Aa

Aa game
Aa game (Sumber: Touch, Tap, Play)

Game asah otak yang ini memiliki nama yang cukup unik dan sederhana yaitu Aa. Merupakan game yang mengharuskan pemainnya agar tetap fokus dalam menghadapi tantangan. Pemain harus mengetuk layar smartphone agar angka yang berada di bawah lingkaran yang berputar naik dan bergabung ke dalam lingkaran besar. Namun, apabila angka yang diketuk terkena lingkaran angka yang kecil, maka pemain dinyatakan kalah atau harus mengulangnya.

Game asah otak ini sangat menekankan kemampuan konsentrasi dan fokus. Untuk memenangkan setiap level pada permainan ini, pemain harus mengetahui celah mana yang dapat dimanfaatkan agar tidak mengenai lingkaran kecil. Game ini sangat menarik bagi kalian yang ingin meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi di kemudian hari.

Sekian penjelasan Bootsol mengenai game asah otak yang dapat meningkatkan kemampuan otak kalian. Kalian sekarang juga sudah mengetahui kan apa saja manfaat dari bermain game-game tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top