fbpx

Apakah anda pernah mendengar istilah Mobile Learning? Di era digital ini, teknologi telah berkembang secara pesat. Salah satunya, dalam bidang teknologi komunikasi dimana, berbagai perangkat dapat saling terhubung satu sama lain melalui internet. Oleh karena itu, beberapa tahun belakang ini para pelajar pun mulai menerapkan metode pembelajaran baru, yaitu mobile learning. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran mobile? M-learning merupakan media dalam pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi internet. Metode pembelajaran ini memungkinkan learner untuk belajar di smartphone pribadi atau perangkat lainnya.

Konsep pembelajaran M- Learning dinilai dapat memberi manfaat bagi pelajar. Mengapa demikian? ya,karena pengaruh positif dari penggunaan mobile . Smartphone atau pun perangkat lain diberdayakan sehingga, mampu menjadi supporting media dalam kegiatan pembelajaran.

Baca juga : Strategi Mobile Marketing Powerful Untuk Bisnis Anda

Pengertian Mobile Learning :

Berdasarkan definisi Clark Quinn, mobile learning adalah suatu proses pemanfaatan teknologi dan komunikasi. Adapaun beberapa manfaat M-learning yaitu:

– Akses unlimited

– Penyajian materi secara menarik

Namun, anda perlu tahu juga bahwa, metode ini tidak cocok untuk diterapkan di semua materi pengajaran.

Hal Important Terkait Mobile Learning :

1. Karakteristik Unik Mobile Learning :

Portability (mobile devices dibawa kemana saja)

Fast Connectivity (mobile devices dapat diakses kapan pun dan dimana saja)

Context Sensitivity (dalam penggunaan, mobile devices dapat mencari dan meng- collect real data atau simulation)

Menurut pembahasan di atas, terdapat beberapa keunikan M-learning. Sekarang, Bootsol ingin membahas mengenai beberapa keunikan M-learning dibandingkan dengan E- Learning. Dalam penggunaannya ,pembelajaran melalui perangkat mobile cenderung lebih fleksibel dan mudah karena portability serta fast connectivitynya. Sedangkan, E-learning bersifat lebih formal dan terperinci sehingga, metode belajar ini mengikat waktu. Oleh karena itu, M-learning lebih cocok untuk digunakan ketika anda berpergian namun, tidak memungkinkan membawa perangkat lain seperti komputer.

Nah, kalau menurut anda metode pembelajaran mana nih yang anda biasa gunakan? Komen di bawah ya!

2. M-Learning System :

Sistem/ konsep pembelajaran Mobile yang efektif dan inovatif diharapkan, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih baik lagi. Sehingga, para pelajar dan juga pengajar semakin termotivasi lagi dalam menjalankan kegiatan belajar- mengajar.

Sistem pembelajaran Mobile merupakan suatu rangkaian proses, yaitu di antara lain :

– Mudahnya untuk mengakses internet, menjadikan handphone maupun perangkat lainnya, sebagai media dalam pembelajaran. Kebanyakkan, smartphone memilliki capability untuk mengoperasikan konten- konten di media/ software untuk mendukung proses M-learning.

– M- Learning adalah bagian dari e- learning karena memanfaatkan teknologi digital.

– Konten M- learning masih terus dikembangkan berdasarkan jenis-jenis nya yang berbeda.

– Berkaitan dengan konsep M-learning , proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan memiliki biaya yang tergolong murah.

3. Contoh Aplikasi M- Learning

Kali ini Bootsol, akan membahas mengenai tiga aplikasi M- Learning gratis. Penasaran? simak semua contohnya ya!

1. Sevima Edlink

Edlink merupakan aplikasi pertama yang akan dibahas. Aplikasi ini, memudahkan kegiatan pembelajaran di jenjang Universitas. Anda dapat mengakses materi, sharing infromasi, mengerjakan tugas secara mudah, hanya dengan genggaman tangan.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini di playstore. Untuk para dosen, Edlink juga dapat diakses via situs. Sehingga, akan lebih mudah untuk mengatur kegiatan pembelajaran.

2. Moodle

Moodle merupakan salah satu contoh aplikasi mobile learning. Awalnya, aplikasi ini merupakan M-learning offline yang dapat diakses melalui website. Namun, setelah teknologi berkembang, Moodle sudah tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis Android dan IOS. Lalu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di Moodle? Pelajar dapat mengakses materi pelajaran, mengerjakan kuis dan lainnya.

3. Google Classroom

Ruang kelas Google merupakan channel pembelajaran campuran yang telah dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Sehingga, penggunanya dapat menemukan solusi sesuai kebutuhannya.

Nah, anda dapat menikmati layanan integrated dengan beberapa layanan Google lainnya seperti email, google drive. Selain mempermudah pengguna, hal ini bertujuan, untuk mewujudkan sistem paperless. Lalu, tersedia juga layanan Google Calendar dimana semua kegiatan pembelajaran dimulai dari:

Penjadwalan kelas, tugas

Sesi tatap muka antara pengajar dan pelajar

Pemberian tugas dan pengumpulan tugas

dapat dilakukan dalam satu aplikasi. Bukankah itu menarik?

4. Manfaat M-Learning :

– Praktek kegiatan belajar dapat dilihat dari perspektif baru

– Kemudahan M-Learning berkat perkembanga teknologi, menciptakan peluang baru dimana masyarakat selain pelajar, juga dapat menambah pengetahuan. Di sela- sela aktivitas sehari-hari mereka.

– Pembelajaran Mobile diyakini dapat menjadi metode pembelajaran di masa depan. Selain, masih mengalami perkembangan, metode ini akan mempermudah pengajar dalam memantau kegiatan belajar pelajar. Lantaran, pengajaran formal di ruang kelas seperti biasanya.

5. Jenis Pendekatan Pembelajaran yang dapat didukung oleh Mobile Devices :

– Pendekatan Individual

– Pendekatan Long distance

– Pendekatan Collaborative

– Pendekatan Informal

Berdasarkan pembahasan di atas, dalam implementasinya ada beberapa hal yang seharusnya di pertimbangkan. Seperti, efficiency, effectiveness dan attractiveness dari pembelajaran mobile. Hal- hal tersebut memilki pengaruh cukup besar dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, ada baiknya jika M-Learning dapat terus berkembang dan dievaluasi secara berkala. Sehingga, metode pembelajaran ini dapat berjalan secara optimal dan mempermudah pelajar dan pengajar dalam kegiatan belajar-mengajar.

Bootsol harap artikel mengenai Mobile Learning ini dapat bermanfaat bagi anda, terus semangat untuk belajar hal baru ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top