fbpx
teknik seo copywriting
teknik seo

Banyak orang sering mendengar tentang SEO. Namun, jarang ada yang paham apa SEO itu.Artikel kali ini akan membahas seputar apa itu SEO, dan copywriting beserta teknik penulisannya agar artikel kamu terbaca oleh mesin pencari semacam Google, Bing, Yahoo dan lainnya.

SEO

SEO atau lebih dikenal sebagai Search Engine Optimization, merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk meningkatkan impresi baik trafik kunjungan atau jumlah klik dari suatu iklan maupun artikel. SEO banyak kamu jumpai ketika kamu berkelut dalam dunia freelance content writing, social media specialist, dan online advertising.

Cara Kerja SEO

Cara kerja SEO tidak begitu rumit, Namun, cara agar membuat konten yang SEO memang sedikit rumit. Pasalnya, tidak semua artikel yang di publish akan terbaca oleh mesin pencari. Lalu bagaimana cara agar konten artikel kita dapat terbaca mesin pencari?

Cara kerjanya yaitu membuat konten artikel yang relevan, artinya sesuai dengan apa yang banyak orang cari dan inginkan. Kemudian, konten artikel juga tidak plagiasi dari karya orang lain.

Cara kerja SEO, seperti yang saya bilang yaitu relevan. Contohnya begini, katakanlah kamu sedang mencari “cara membuat konten SEO” di mesin pencari. Google pertama kali akan mencari keywords yang terkait dengan apa yang diketik, maka keywords ini merupakan salah satu poin penting agar konten SEO.

Cara kerja SEO yang saya jelaskan diatas termasuk cara kerja oraganic alias non-paid. Kalau kamu menggunakan salah satu layanan google maka artikel kamu bakal muncul paling atas di mesin pencari google.

Teknik Dasar SEO

1. Kuasai Keyword Research

Butuh banyak latihan untuk menguasai keyword research, salah satu cara yang baik yaitu lakukan keyword research dengan google keyword planner.

Kamu juga bisa menggunakan website lain seperti anwere the public dan lain lain.

Salah satu alasan dasar mengapa kamu harus menguasai keyword research adalah agar kamu menguasai topik artikel kamu dan yang kemungkinan bakal orang cari nantinya di search engine.

2. Buat Kaitan Dengan Artikel Lain

Tidak semua pengunjung akan membaca konten artikel anda nantinya, maka ad cara yang efektif yaitu mulailah dengan mencantumkan konten yang relevan di tiap artikel yang kita posting.

Contohnya saya membuat konten teknik SEO copywriting. Nah, didalm konten itu, saya akan membuat “read more” bisa tentang copywriting yang sudah saya tulisa sebelumnya atau mengenai SEO yang sudah pernah saya tulis sebelumnya.

Apa itu Copywriting?

Copywriting bahasa lainnya yaitu seni menjual barang ataupun jasa dalam bentuk tulisan. Konten copywriting bakal sering kamu temui ketika berkunjung ke website penyedia jasa ataupun barang seperti Traveloka, Grab, Tokopedia.

Copywriting, termasuk salah satu skill yang banyak di cari oleh perusahaan pada saat ini, karena banyak orang sekarang memanfaatkan konten sebagai sarana untuk menarik pelanggan agar menggunakan produk mereka.

Konten yang ditulis dalam copywriting merupakan bentuk tulisan persuasif.

Teknik SEO Copywriting

1. Research

Lakukan research sebaik dan sedetail mungkin mengenai target audiense dan pasar yang ingin kamu harapkan untuk membeli produk kamu.

Katakanlah kamu ingin mendapatkan banyak pelanggan di tokopedia maka kamu membuat konten artikel di website kamu sesuai seperti apa sih user tokopedia ketika berbelanja atau mencari barang.

2. Judul Menarik

Buatlah konten artikel copywriting dengan judul yang menarik dan menjual, karena judul merupakan kunci dimana orang orang berhenti sejenak memerhatikan dan kemudian membaca konten kita.

3. Tambahkan Gambar

Dengan gambar, maka tulisanmu akan menjadi lebih hidup, Gambar disini adalah masukkan gambar yang relevan dengan apa yang kamu tawarkan.

Misalnya, tambahkan gambar before after pemakaian produk pemutih wajah milihmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top