fbpx
5 Ide Konten Ramadhan untuk Social Media Marketing yang Super Engaging
Inspirasi Ide Konten Ramadhan yang Menarik dan Super Engaging

Tidak terasa, kita telah menyambut bulan suci ramadhan. Harus Anda ketahui, bulan ramadhan adalah bulan yang penting bagi para pelaku usaha. Mengapa? Karena pada bulan ini perilaku konsumen juga berbeda dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hal ini dilatarbelakangi berbagai faktor yang berkaitan dengan ramadhan itu sendiri mulai dari perubahan pola makan dan tidur, beraktivitas, hingga suasana yang lebih religius. Maka sangat penting untuk melakukan strategi marketing plan yang spesial pada media content marketing Anda.

Salah satu media digital marketing yang paling lazim dan paling diminati adalah media sosial. Maka dari itu, Anda perlu melakukan planning konten dan strategi media sosial yang lebih spesial. Selain aktivitas promosi, Anda dapat menghadirkan beragam konten yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan, lho. Berikut ini, Bootsol akan menghadirkan ide konten ramadhan yang tidak hanya menarik tapi juga menarik engagement audience.

Baca Juga: 5+ Ide Konten Youtube yang Menarik dan Super Bermanfaat untuk Bisnis Anda

Daftar Ide Konten Ramadhan untuk Media Sosial

1. Menu Praktis untuk Berbuka dan Sahur

5 Ide Konten Ramadhan untuk Media Sosial
Menu Praktis Berbuka dan Sahur

Momen kebersamaan saat berbuka dan sahur memang menjadi momen favorit selama ramadhan serta menjadi momen yang kerap kali dirindukan. Tak aneh jika makanan yang dihidangkan saat berbuka dan sahur adalah makanan yang lezat dan bernutrisi. Hal ini penting karena tubuh membutuhkan nutrisi yang tinggi agar dapat menunjang aktivitas harian dan ibadah selama berpuasa.

Jadwal yang padat serta perubahan pola istirahat dan makan juga membuat waktu luang terasa seolah-olah lebih singkat. Oleh karena itu, menu makanan yang praktis dan memerlukan waktu masak sebentar dapat menjadi ide konten ramadhan yang menarik dan tentunya bermanfaat. Selain itu, kita kerap kali kebingungan dan tidak tahu menu yang pas untuk kedua waktu makan tersebut sehingga ide konten seperti ini tentunya dapat menarik banyak audience serta engagement.

2. Atur Keuangan Selama Bulan Puasa dan THR

ide konten ramadhan atur keuangan dan THR
Ide Konten Ramadhan Mengenai Tips Atur Keuangan dan THR

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perilaku konsumen berubah selama bulan puasa. Contohnya, alokasi budget pengeluaran untuk makanan akan lebih besar. Untuk itu, konten mengenai tips mengatur keuangan selama bulan ramadhan adalah sebuah ide konten yang menarik untuk dibuat. Selain tips keuangan saat bulan ramadhan, Anda juga bisa membuat konten mengenai tips mengatur uang Tunjangan Hari Raya (THR).

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, para pegawai pasti sangat bersemangat dan bergembira akibat hadirnya THR. Meski begitu, masih banyak orang yang belum bisa mengaturnya dengan baik. Tahu-tahu THR sudah habis padahal lebaran belum tiba akibat berbelanja macam-macam barang. Terlebih lagi, saat ini kemudahan berbelanja melalui eCommerce semakin membuat orang kalap berbelanja. Untuk itu, konten mengenai tips mengatur uang THR adalah sebuah ide konten ramadhan yang menarik dan bermanfaat.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Feed Instagram yang Eye-Cathing dan Impressive

3. Hiburan Menjelang Berbuka

ide konten ramadhan yang menghibur
Ide Konten Ramadhan yang Menghibur

Selain waktu berbuka dan sahur, terdapat waktu yang sangat khas dan spesial lain yang hanya ada saat bulan suci ramadhan yakni waktu ngabuburit. Berasal dari Bahasa Sunda, ‘burit’ berarti sore sehingga ngabuburit diartikan sebagai waktu sore menjelang berbuka. Nah di waktu-waktu ini, tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet atau media sosial. Ini adalah kesempatan Anda untuk menghadirkan konten yang menghibur di saat audience Anda sedang ‘ngabuburit’. Anda dapat menghadirkan quiz menarik seputar bulan ramadhan, konten informatif, kumpulan gambar atau meme lucu, hingga cerita singkat atau anekdot menggelitik sekaligus mengajak kebaikan. Menarik bukan?

4. Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa

Menjaga kesehatan selama berpuasa lebih dari 12 jam adalah sebuah tantangan. Terlebih lagi, kita mesti dihadapkan dengan berbagai aktivitas yang lebih padat dibanding hari-hari biasa. Ditambah pandemi COVID-19 yang belum juga mereda serta membutuhkan perlakukan dan pencegahan ekstra. Untuk itu, ide konten ramadhan mengenai tips menjaga kesehatan adalah salah satu ide konten yang dapat Anda buat.

5. Promo Spesial Ramadhan

Jika Anda membuat promo atau sale khusus bulan ramadhan, Anda harus mengemasnya menjadi sebuah konten yang menarik. Gunakan beberapa teknik copywriting yang kreatif serta menuntut partisipasi audience. Hal ini dapat Anda contoh dari kampanye beberapa eCommerce seperti Tokopedia, Lazada, dan JD.ID

Baca Juga: Top 7 Diet App Gratis yang Harus Anda Download untuk Turunkan Berat Badan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top