fbpx

Advertising merupakan faktor pendukung dalam keberhasilan suatu perusahaan/bisnis seseorang, terutama bagi para pebisnis kecil yang baru merintis. Pastinya dengan tujuan agar cepat mendapatkan pelanggan yang dapat meningkatkan penghasilannya untuk memulai ke langkah selanjutnya. Setidaknya, para pemilik bisnis tersebut harus berani berinvestasi dalam iklan digital di beberapa kategori, menyesuaikan pada jenis produk yang dijual. Hal ini untuk melihat dan menentukan jenis iklan seperti apa yang paling banyak menarik berbagai prospek tersebut, agar tidak salah langkah juga. Begitupun bagi para perusahaan atau bisnis yang lebih besar, mereka terus mengasah satu jenis iklan yang tampaknya sudah bekerja dengan baik pada usahanya serta dapat menarik ROI lebih banyak.

ADVERTISING

advertising
Ilustrasi Periklanan

Advertising merupakan cara pemasaran suatu bisnis seseorang untuk meningkatkan penjualan atau membuat calon konsumen mengetahui produk atau layanan yang ada pada perusahaan tersebut. Perusahaan harus menetapkan target pasar mereka sebelum memulai kampanye iklan apa pun. Menentukan target pasar sangat penting karena tidak hanya membantu membuat upaya periklanan lebih efektif, tetapi juga memungkinkan Anda mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan produk dan membantu kesuksesan bisnis Anda.

Tujuan dari diadakannya suatu pengiklanan bisnis yaitu agar calon pelanggan dapat secara langsung tertarik dan benar-benar membeli produk atau layanan yang tersedia, hal ini juga dapat membantu membentuk kesan pertama mereka terhadap bisnis Anda.

Pentingnya Dalam Dunia Bisnis

Advertising: Dunia Bisnis
Atur Target Pasar Anda Sebelum Memulai Advertising

Dunia pasar global akan terus menerus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, perusahaan dan para pemilik bisnis harus selalu berinovasi untuk menghadapi berbagai macam adaptasi baru pada perubahan dan kemajuan global agar tetap relevan dan kompetitif di bidang usahanya.

Advertising sangat penting dalam dunia bisnis karena memungkinkan suatu bisnis seseorang mendapatkan lebih banyak pelanggan, sehingga meningkatkan perputaran dan reputasi bisnis tersebut.

Iklan membantu target pasar atau para calon konsumen untuk membuat keputusan mengenai produk dan layanan mana yang akan dibeli. Dengan bantuan iklan, konsumen mendapatkan pilihan terbaik. Di sisi lain, konsumen tidak akan pernah tahu tentang produk dan layanan apa yang bisnis Anda tawarkan jika tidak dibantu dengan adanya iklan.

Saat ini, industri periklanan telah menjadi salah satu industri besar karena banyaknya produk dan layanan yang ditawarkan. Akibatnya, persaingan pun semakin meningkat, dimana menuntut setiap pengusaha untuk mempromosikan produk dan jasanya dengan sebaik mungkin agar tetap berada di hati para pelanggannya.

Manfaatnya Bagi Suatu Bisnis

Ilustrasi Advertising
Ilustrasi Keuntungan dari Advertising pada Bisnis Seseorang

Dalam menjalankan pengiklanan tentu harus diselaraskan dengan tujuan pemasaran keseluruhan bisnis Anda. Dimana iklan tersebut harus berisikan pesan dan ajakan menarik mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan untuk para audiens yang ditargetkan.

Berikut adalah beberapa manfaat Advertising bagi bisnis:

Memperkenalkan Produk Baru Kepada Pangsa Pasar

Periklanan memainkan peran penting dalam pengenalan produk baru kepada target pasar. Hal ini untuk mendorong audiens agar membeli produk/jasa yang ditawarkan. Serta mereka tidak akan ketinggalan informasi mengenai suatu produk baru yang akan datang.

Meningkatkan Penjualanan

Suatu iklan dapat memfasilitasi produksi massal barang dan meningkatkan volume penjualan. Dengan kata lain, penjualan dapat ditingkatkan dengan tambahan biaya pengeluaran untuk iklan dengan setiap peningkatan hasil penjualan, yang mana biaya penjualanan pun akan berkurang. Maka dari itu, para pemilik usaha harus bisa memiliki banyak cara agar bisnisnya tetap dapat berjalan.

Memperluas Target Pasar

Memungkinkan pemilik usaha untuk memperluas pasarnya. Ini membantu dalam menjelajahi pasar baru untuk kelangsungan produknya dengan tetap mempertahankan pasar yang ada. Biasanya dengan cara menyebarkan selembaran kertas/brosur, serta memanfaatkan media sosial dalam memperluas pemasaran sehingga iklannya tersebut dapat tersampaikan pula kepada calon pelanggan yang tinggal di daerah yang jauh dan terpencil.

Baca juga: Epic! 4 Service Bootsol untuk Perkembangan Bisnis Digital Kamu!

Setelah mengetahui serba serbi dunia pengiklanan, dibawah ini adalah macam-macam dari Advertising yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk/jasa dari suatu usaha yang sedang dijalankan.

4 Macam Digital Advertising di Dunia Bisnis

Ada banyak macam iklan yang berbeda, empat kategori berikut mencakup sebagian besar dari semua iklan digital.

Display Advertising

digital advertising
Contoh Tata Letak Pengiklanan pada Situs Web Tribun News (sumber: Glints.com)

Iklan bergambar, yang juga sering disebut sebagai iklan “banner”, adalah jenis iklan yang terdiri dari papan reklame atau spanduk digital kecil yang ditempatkan di dalam dan di sekitar postingan blog, halaman pencarian kata kunci, situs web, dll. Iklan bergambar dapat berupa gambar 2D maupun animasi. Mereka biasanya cenderung mengambil bentuk spanduk horizontal di bagian atas halaman atau sebagai spanduk vertikal di margin samping halaman.

Video Advertising

Video Advertising
Contoh Iklan Video yang Muncul pada Youtube Video (sumber: OKO Digital)

Iklan video adalah jenis iklan yang cukup populer di lingkungan pemasaran digital saat ini. Mengapa demikian? Karena iklan video sangat menarik, menghibur, dan bagus untuk melakukan pemasaran suatu produk/jasa secara lebih detail dan ekspresif yang kurang bisa diaplikasikan melalui iklan bergambar.

Mobile Advertising

Contoh Iklan yang Muncul pada Platform Sosial Media Facebook (sumber: Arabian Marketer)

Iklan berbasis mobile/digital ini dengan cepat menjadi norma baru karena semakin banyaknya orang yang mengonsumsi konten online melalui perangkat seluler mereka daripada sebelumnya. Iklan mobile, sederhananya, adalah iklan yang dioptimalkan untuk konsumsi seluler. Iklan ini cukup luas jangkauannya dan dapat mencakup iklan video, aplikasi, tampilan, penelusuran, atau sosial. Untuk sebagian besar merek, iklan jenis ini dengan memanfaatkan media sosial berbasis video adalah tempat yang bagus untuk memulai. Bisnis fashion, makanan, dan semua bidang lainnya kini sedang fokus untuk melakukan pengiklanan produk mereka di platform seperti Instagram.

Baca juga: Cool! 5 Alasan Instagram Sebagai Platform Digital Marketing Masa Kini.

Native Advertising

Contoh Tampilan Pada Situs Web yang Menyediakan Iklan Native (sumber: Joinative)

Native Ads merupakan jenis iklan berbayar. Bentuk periklanan ini yaitu dimana konten iklan tersebut diintegrasikan ke dalam sebuah konten lain yang ditampilkan mengikuti format dan layout media platform penyedia konten tersebut sehingga tidak terlihat seperti iklan yang mengganggu. Biasanya iklan jenis ini datang dalam bentuk konten bersponsor, jadi “sponsor” inilah yang menjadi iklan tersebut.

Native Ads dinilai lebih formal dan friendly-to-see dibanding dengan display ads karena biasanya iklan banner berbentuk seperti pop-up ads dan video putar otomatis dimana tidak jarang dari para pengunjung di suatu situs web tersebut merasa terganggu dengan adanya ads seperti itu, sedangkan iklan native “diselipkan” ke dalam konten dengan cara yang tidak mengganggu dan lebih menarik bagi konsumen. Mereka bisa datang dalam bentuk posting blog, video, foto, dll.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top