fbpx

Apa saja ya jenis aplikasi mobile? Di era digital masa kini, kita dapat menemukan berbagai macam aplikasi baik mobile maupun tidak. Wahnya lagi, diperkirakan jumlahnya sudah mencapai jutaan loh. Masing-masing aplikasi memiliki jenis, manfaat yang berbeda sesuai dengan problem based developernya. Sama halnya dengan, tingkat kesuksesan dari aplikasi tentunya, juga berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh segi quality dan quantity usernya. Nyatanya, kedua hal tersebut berhubungan erat satu sama lain. Mengapa demikian? ya, karena kualitas suatu aplikasi menentukan jumlah user. Lalu, jumlah user tersebut juga mempengaruhi jumlah profit dari perusahaan pembuat aplikasi tersebut. Secara singkat, semakin banyak user maka, semakin besar pula profit yang akan diperoleh.

Nah, apakah anda penasaran kira-kira mobile application yang sedang Top dan sukses sekarang ini? lalu, hal apa yang harus dilakukan supaya aplikasi ciptaan anda dapat sukses di market? Yuk, simak ulasan Bootsol terkait jenis-jenis aplikasi mobile, contohnya beserta tips and tricks supaya aplikasi buatan anda dapat unggul dari kompetitor lain.

Baca juga : Cara Mengoptimalkan Mobile Security

Pengertian Mobile-App :

Merupakan aplikasi yang diciptakan untuk perangkat mobile , seperti contohnya : ponsel pintar, tablet dan sebagainya. software yang digunakan adalah hasil rancangan mobile dengan programming language khusus.

Jenis Aplikasi Mobile Populer :

Sekarang ini, ada beragam aplikasi dengan kategori yang berbeda-beda. Nah, dari seluruh ketegori tersebut ada tiga jenis aplikasi mobile yang dinilai sukses nih, khususnya di Indonesia. Penasaran, kategori apa saja yang termasuk? simak ulasannya berikut.

1. E-commerce / Marketplace

Di masa pandemi aplikasi e-commerce ternyata mengalami peningkatan jumlah user yang cukup signifikan loh. Hal tersebut disebabkan karena di masa ini, masyarakat sangat mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan. Lantaran, mengikuti anjuran pemerintah untuk berada di rumah saja. Namun, tidak hanya itu perkembangan usaha kecil, aktivitas penjualan juga ikut terpengaruh. Sehingga, aplikasi online ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Adapun contoh jenis aplikasi mobile e-commerce seperti : Tokopedia, Shopee dan lainnya. Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini, untuk berbagai kebutuhan contohnya membayar tagihan listrik, membeli perlengkapan rumah, pakaian, maupun perangkat elektronik. Sungguh menarik bukan? Bootsol ingin tahun aplikasi marketplace mana nih yang anda sering anda gunakan? komen di bawah ya!

2. Transportasi Online

Selain marketplace, sektor transportasi juga ikut populer di masyarakat selama masa pandemi ini. Aplikasi ini menyediakan beberapa jasa seperti sebutan yang kerap kali anda dengar yaitu, “Ojol”. Bukankah aplikasi ini sangat bermanfaat bagi anda yang tidak memiliki kendaraan sendiri? Selain itu, ada juga dapat menggunakan fitur delivery food untuk membeli makanan untuk anda sendiri ataupun orang lain. Bukankah sangat fungsional?

Di sisi lain, anda masih memiliki peluang yang besar jika ingin men-develop aplikasi di sektor transportasi loh karena, di Indonesia hanya ada dua aplikasi transportasi saja. Nah, namun anda sebelumnya perlu memiliki pemahaman yang dalam untuk membuatnya. Karena hingga sekarang, fitur jasa di sektor ini masih belum lengkap. Sehingga, masih ada peluang untuk dikembangkan lagi.

3. Aplikasi Perbankan

Selanjutnya, jenis aplikasi mobile adalah Mobile-banking. Terciptanya aplikasi ini merupakan solusi untuk menjawab permasalahan masyarakat yang menginginkan proses/ transaksi di bank secara lebih simple, pratical dan save time, energy. Bootsol ingin tahu, apakah anda setuju, jika aplikasi ini sangat membantu? mari komen di bawah ya. Seiring waktu berjalan, aplikasi perbankan sudah berkembang dan menghadirkan berbagai fitur bermanfaat seperti transfer uang, membayar tagihan dan paling menarik transaksi saham. Oleh karena itu, aplikasi jenis ini sangat diminati oleh masyarakat. Nah, apakah anda tertarik untuk menciptakan aplikasi perbankan sejenis ini?

Keunggulan Aplikasi Mobile :

Anda dapat menemukan keunggulan dari penggunaan mobile application jika di-compare dengan aplikasi web yaitu, seperti:

– Aplikasi mobile memiliki tampilan UI dan UX yang menarik dan user friendly

– Beberapa jenis aplikasi mobile dapat diakses ketika offline

– Aplikasi seluler dapat diakses kapan, dimanapun melalui devices seluler

Berikut adalah ulasan lengkap terkait jenis aplikasi mobile populer versi Bootsol. Jika anda berpikir untuk membuat aplikasi seluler sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba loh. Melihat dari potensi pasar yang masih ada di masa kini. Semogaa artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top