fbpx

Semakin bertambahnya usia tentu semakin kompleks permasalahan yang dihadapi. Kata-kata mutiara kehidupan di sisi lain sangat berguna untuk meningkatkan movitasi hidup seseorang. Meski masih banyak sekali orang yang menyepelekan hal ini.

Biasanya seseorang akan mulai merenung ketika mereka mendapatkan kesulitan dalam hidup dimana mereka harus berhenti dan merenung. Disaat seperti itulah kata-kata mutiara baik dari orang yang terknal dan berpengalaman maupun dari kerabat dekat akan sangat membantu dalam motivasi.

Namun, jangan khawatir karena banyak sekali cara untuk menemukan berbagai macam kata-kata bijak melalui media dan gadget kalian. Anda tidak perlu lagi mencari buku fisik yang memuat berbagai kumpulan kata-kata bijak maupun majalah, melainkan hanya perlu mencarinya di mesin pencari.

Sebelum itu, Anda pasti penasaran kan apa saja sih manfaat dari membaca kata-kata mutiara itu? Oleh karena itu simak terus ulasannya berikut ini!

Manfaat Positif dari Kata-kata Mutiara

Ilustrasi kebahagiaan membaca kata-kata mutiara kehidupan
Ilustrasi kebahagiaan

Membaca kumpulan kata-kata bijak sangat berguna sekali khususnya ketika Anda berada pada titik terendah dalam kehidupan. Bagi mereka yang sedang senang, tak ada salahnya untuk terus merenungkan hal-hal yang perlu disyukuri selama hidup ini terus berjalan.

Kadangkala kita juga memerlukan suatu motivasi diri untuk mengingatkan pada diri sendiri akan betapa berharganya kehidupan ini. Bersyukur atas pemberian Tuhan dan menolong sesama juga merupakan suatu kebutuhan tiap manusia. Hal tersebut setidaknya dapat kita dapatkan setelah membaca beberapa kata-kata bijak untuk terus memotivasi diri sendiri bahkan orang lain.

1. Meningkatkan Kesabaran

Meningkatkan kesabaran

Pada dasarnya kata-kata mutiara merupakan self reminder bagi Anda yang sedang dalam keadaan emosional. Ada baiknya untuk menenangkan diri dengan berpikir lebih jauh dan lebih jernih. Mungkin sekali jika seseorang sedang dalam keadaan marah akan mengambil tindakan yang gegabah dan buruk.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk terus bersyukur dan mengingat kepada hal-hal yang jernih. Kata-kata mutiara kehidupan ini juga dapat membuang jauh-jauh emosi yang kita rasakan. Hal ini penting bagi kita semua agar segala hal yang akan kita lalui menjadi lebih baik.

2. Mampu Menyelesaikan Masalah dengan Bijak

Bijak dalam menyelesaikan masalah
Bijak dalam menyelesaikan masalah

Membaca kata-kata bijak secara otomatis akan membuat diri Anda menjadi lebih termotivasi dan optimis. Kedua hal inilah yang sangat dibutuhkan ketika Anda sedang mengalami masalah. Semakin optimis seseorang terhadap suatu hal, maka akan lebih bijak dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupannya.

Menurut popmama.com, orang yang sering membaca kata-kata mutiara kehidupan akan lebih dapat menata dirinya serta dapat mengahadapi permasalahan hidup dengan lebih bijak. Jika kita bandingkan dengan orang yang jarang atau tidak pernah membaca kata-kata bijak, mereka akan lebih cenderung meledak emosinya. Sebab itu kita sangat sekali membutuhkan self reminder bagi diri sendiri agar tidak menimbulkan kerugian baik baik diri kita maupun orang lain.

3. Lebih Bersikap Dewasa

Bersikap lebih dewasa dalam mengahadapi suatu masalah
Bersikap lebih dewasa dalam mengahadapi suatu masalah

Kata-kata mutiara yang bijak meskipun dianggap klise namun pada nyatanya dapat membuat seseorang lebih bersikap dewasa. Sikap yang demikian sangat membantu seseorang untuk tidak mengambil kesimpulan yang tergesa-gesa. Mereka akan cenderung untuk selalu memikirkan hal berulang kali sebelum akhirnya mengambil suatu tindakan yang berarti.

Seseorang yang suka membaca kata-kata mutiara akan lebih bersifat tenang dalam menghadapai sesuatu di masa depan. Apakah itu suatu kesenangan ataupun kesulitan mereka akan cenderung lebih dapat bersikap dewasa karena telah terbiasa melihat sesuatu melalui sisi yang berbeda.

Tentunya manfaat yang satu ini sangat penting bagi Anda yang mungkin saja ingin meningkatkan sikap kedewasaan diri.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan kepercayaan diri
Meningkatkan kepercayaan diri

Kepercayaan diri seringkali menghilang jika seseorang berpikir negatif dalam jangka waktu yang panjang. Namun, hal itu akan teratasi jika Anda sering membaca kata-kata mutiara yang dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri.

Berbeda dengan orang yang jarang mendapatkan motivasi dari kata-kata mutiara bijak itu yang mungkin dapat menjerumuskan seseorang itu pada krisis kepercayaan diri. Hal ini biasanya didapatkan dari sugesti yang didapatkan dari kata-kata bijak sehingga motivasi hidup seseorang akan terangkat.

5. Mengembangkan Karakter

Mengembangkan karakter menjadi lebih positif
Mengembangkan karakter menjadi lebih positif

Menurut jojonomic.com, membaca kata-kata bijak dapat meningkatkan karakter seseorang ke arah yang lebih baik. Hal ini lantaran sesuatu positif yang datang akan membuat perubahan positif juga pada diri seseorang. Kualitas diri seseorang juga dapat ditentukan dari banyaknya hal yang masuk ke dalam pikirannya.

Oleh karena itu, penting kiranya untuk terus mengembangkan karakter yang baik dengan memotivasi diri membaca hal-hal yang baik pula. Kata-kata mutiara ini sangat mudah didapatkan di berbagai platform seperti media sosial, mesin pencari, atau bahkan buku kumpulan kutipan-kutipan.

Baca juga: 10 Quotes Motivasi Buat Kamu di Fase Quarter Life Crisis

Kata-kata Mutiara Kehidupan Terbaik

Seperti layaknya kutipan atau quote, kata-kata bijak ini merupakan sebuah kalimat yang memiliki makna mendalam dengan tujuan untuk memotivasi seseorang. Pastinya kalian pernah mengalami rasa senang dan sedih dalam menjalani kehidupan ini. Oleh karena itu, kata-kata bijak ini dapat dijadikan alternatif penambah motivasi Anda ketika baik menghadapi kesulitan maupun hal yang menyenangkan.

Apa saja kalimat-kalimat mutiara yang perlu kalian baca untuk memotivasi diri? Simak beberapa ulasannya di bawah ini!

1. Helen Keller – Penulis Terkenal Amerika Serikat

“Hal-hal terbaik dan terindah di dunia tidak dapat dilihat atau bahkan disentuh. Itu harus dirasakan dengan hati.”

Helen Keller

Helen Keller seorang penulis terkenal Amerika Serikat pernah mengatakan bahwa kebahagiaan tidak dapat dilihat secara kasat mata maupun disentuh, melainkan hanya dapat dirasakan dengan hati. Hal ini merefleksikan bahwa selama kita mencari yang namanya kesenangan atau kebahagiaan, kita akan hanya mendapatkannya bila kita merasakannya.

Oleh karenanya, motivasi hidup kita seharusnya adalah merasakan tiap hal yang perlu kita syukuri. Karena dari situlah kebahagiaan dapat kita rasakan.

2. Albert Einstein – Fisikawan

“Berusaha keras untuk tidak sukses, melainkan untuk menjadi bernilai.”

Albert Einstein

Fisikawan terkenal Albert Einstein memiliki kata-kata mutiaranya bahwa kita seharusnya tidak mengejar hanya kesuksesan, melainkan apa yang kita lakukan dapat bernilai. Kata-kata ini sangat bermakna dan menjadi renungan kita semua bahwa melakukan sesuatu yang bernilai bagi orang lain atau kehidupan semesta lebih penting daripada mengejar kesuksesan semata.

3. Mark Twain – Penulis Amerika Serikat

“Setiap kali kamu menemukan dirimu berada di pihak mayoritas, inilah saatnya untuk berhenti dan merenung.”

Mark Twain

Kata-kata mutiara Mark Twain ini memberikan refleksi diri bahwa meskipun kita berada pada posisinya dominan, bukan berarti hal itu merupakan sebuah kebenaran. Oleh karenanya penting bagi kita untuk berhenti sejenak dan merenungkan apa yang telah kita lakukan itu benar atau tidak. Kata-kata mutiara kehidupan yang satu ini mengingatkan kita pentingnya untuk merenung.

4. Winston Churchill – Mantan Perdana Menteri Britania Raya

“Keberanian adalah apa yang diperlukan untuk berdiri dan berbicara. Keberanian juga diperlukan untuk duduk dan mendengarkan.”

Winston Churchill

Motivasi hidup yang dikatakan Winston Churchill mengingatkan kita pada pentingnya mendengarkan pendapat orang lain. Meskipun keberanian identik dengan berbicara dan mengutarakan pendapat, namun kita sering lupa bahwa keberanian juga dibutuhkan untuk tetap tenang dan mendengarkan.

5. Jimmy Johnson – Pelatih American Football

“Perbedaan antara biasa dan luar biasa adalah sedikit ekstra.”

Jimmy Johnson

Meskipun sedikit ekstra, menurut Jimmy Johnson hal itu dapat membedakan antara suatu yang biasa dan luar biasa. Memang kita kadang perlu sedikit dorongan dari rasa takut dan nyaman kita untuk berani melakukan suatu hal yang luar biasa. Meskipun dorongan itu hanya ‘sedikit’.

Kata-kata mutiara yang satu ini sangat penting untuk selalu diingat dan diterapkan.

6. Judy Garland – Aktris & Penyanyi Amerika Serikat

“Jadilah versi kelas satu dari dirimu, bukan versi kelas dua dari orang lain.”

Judy Garland

Kata-kata mutiara ini memotivasi kita akan pentingnya menjadi diri sendiri yang utuh. Meskipun kita dapat melihat orang lain memiliki tingkat kesuksesan tertentu, bukan berarti kita harus menjadi seperti diri ‘mereka’ namun bukan menjadi pribadi yang sebenarnya. Hal ini tentu dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai pengingat diri.

7. Mahatma Gandhi – Politikus India

“Hiduplah seolah-olah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah-olah kamu akan hidup selamanya.”

Mahatma Gandhi

Motivasi hidup yang diberikan oleh seorang Mahatma Gandhi memiliki makna bahwa kita seharusnya jangan perna membuang-buang waktu dalam kehidupan ini. Selain itu, kita juga dihimbau untuk terus belajar seumur hidup karena ilmu pengetahuan tidak akan pernah menemui titik akhirnya.

Kata-kata mutiara ini sangat baik kita contoh dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga kata-kata mutiara kehidupan ini dapat membuat Anda menjadi lebih bijaksana dalam memanfaatkan waktu.

8. Leo Tolstoy – Penulis Rusia

“Setiap orang berpikir untuk mengubah dunia, tetapi tidak ada yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri.”

Leo Tolstoy

Kata-kata mutiara yang Leo Tolstoy katakan ini sangat berarti bahwa kita seharusnya berpikir untuk mengubah diri sendiri sebelum berpikir unruk mengubah hal-hal besar. Penting bagi kita untuk selalu mengingat bahwa diri sendiri lah utama dari permasalahan kita sebelum kita dapat bertindak yang lebih besar.

9. Stephen Hawking – Fisikawan

“Betapapun sulitnya hidup, selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan dan berhasil.”

Stephen Hawking

Motivasi yang diberikan oleh seorang Stephen Hawking ini mengingatkan kita untuk jangan pernah menyerah. Sebanyak apapun percobaan kita yang gagal, ia mengatakan bahwa akan ada hal yang Anda lakukan dengan berhasil. Inilah kata-kata mutiara yang akan memotivasi Anda dikala mendapatkan banyak cobaan dalam hidup.

10. Jim Rohn – Pengusaha dan Motivator

“Ketika kamu bekerja, bekerjalah. Ketika kamu bermain, bermainlah. Jangan mencampuradukkan keduanya.”

Jim Rohn

Dalam kutipannya seperti yang di atas, Jim Rohn mengatakan bahwa betapa pentingnya kita harus fokus dalam melakukan sesuatu. Apakah itu untuk bermain atau bekerja, kita haruslah melakukannya dengan fokus. Jika keduanya dicampuradukkan, maka hasil yang Anda dapat pun tidak akan maksimal.

Oleh karena itu penting kiranya untuk tetap terus mengingat perkataan Jim Rohn ini dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Orang yang selalu dapat fokus lah orang yang akan menjadi sukses. Dan tidak mencampuradukkan antara bermain dan bekerja.

Itulah beberapa kata-kata mutiara kehidupan yang mungkin kita dapat pelajarin dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu banyak manfaat dari membaca apalagi menerapkan kata-kata bijak dari orang yang telah sukses khususnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top