fbpx

HP yang ada NFC merupakan simbol dari pesatnya kemajuan dalam bidang teknologi. Kelebihan dari fitur ini, pengguna dapat lebih praktis melakukan sejumlah aktivitas hanya melalui HP dalam waktu yang relatif singkat, mulai dari cek saldo hingga terkoneksi ke mobil otomatis.

NFC kepanjangan dari Near Field Communication, merupakan komunikasi medan dekat pada teknologi nirkabel dengan cara mendekatkan HP atau gawai yang memungkinkan perangkat berbagai informasi. NFC ini biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa kontak, namun tak jarang juga banyak digunakan untuk mentransfer foto ataupun dokumen.

Hp yang ada NFC.
NFC pada Hp.

Hal tersebut didukung dengan pemaparan David GadgetIn yang membeberkan tiga contoh paling umum dari kecanggihan atau keunggulan NFC. “Disini kita pake contoh Vivo V21 yang udah pake NFC. Fungsi pertama dari NFC buat cek saldo e-money dan kawan-kawan. Tinggal tap aja kartunya di belakang HP dan NFC akan ngebaca informasi dari si kartu. Mulai dari nomor seri, saldo, sampai ke history pemakaiannya.” Tutur David pada akun Tiktok @GadgetIn yang dikutip pada Selasa (2/11/2021).

Kedua, beliau menjelaskan bahwa selain berfungsi untuk membaca informasi pada saldo di kartu ATM dan e-money, NFC juga bisa melakukan top up saldo dengan cara menempelkan kartu yang akan ditransfer melalui aplikasi top up yang mendukung di HP.

“Tinggal tempelin kartunya ke HP buat update saldo. Enggak perlu repot ke ATM lagi.” David menambahkan. Pernyataan ini sejalan dengan gaya perubahan masyarakat yang mulai terbiasa melakukan pembayaran secara non tunai. Penelitian yang dilakukan oleh Ipsos in Indonesia pada September 2020 sebagai sebuah perusahaan riset bahkan menyebutkan bahwa pengguna pembayaran Non Tunai naik sebesar 44% selama pandemi Covid-19.

Keunggulan ketiga dari HP yang ada NFC yaitu dapat melakukan koneksi dari earphone ke HP tanpa harus scan bluetooth dengan syarat earphone tersebut harus sudah support. Tidak sampai disitu, NFC juga bisa melihat kode akses pintu, alat pembayaran, sampai terkoneksi ke mobil otomatis. Jadi, HP yang ada NFC bakal punya nilai plus yang lebih praktis dalam aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Important 5 Cara Merawat Baterai Hp Agar Lebih Awet

Walaupun begitu, terdapat sedikit perbedaan penggunaan NFC pada HP di android dan iPhone dalam melakukan cek saldo. Seperti yang dikutip pada akun Tiktok @Kevinrhema di hari yang sama, NFC di iPhone bukan berlokasi di belakang HP seperti android, melainkan terletak pada bagian depan atas HP.

Saat kartu di ditempelkan, NFC tidak akan langsung otomatis muncul. Terdapat tahap yang harus dilakukan untuk mengetahuinya, yaitu dengan cara membuka aplikasi untuk melakukan cek saldo, misalnya di e-commerce. Klik top up atau tagihan dan uang elektronik sampai terdapat tulisan ready to scan pada update saldo.

Ketika sudah selesai, baru NFC siap membaca informasi pada kartu seperti pengecekan saldo dan top up e-money. Menurut Kevin, hal seperti ini bagus adanya sebab HP tidak akan tiba-tiba membuka aplikasi jika ditumpuk dengan dompet yang ada kartunya.

Melihat kelebihan dari NFC tersebut, sayangnya tidak semua HP dapat mendukung fitur ini. Umumnya HP yang ada NFC merupakan produk kelas premium. Beberapa Hp dengan harga relatif murah yang juga menyediakan fitur nan berguna akhirnya diciptakan ini sebab Hp NFC dengan harga terjangkau banyak dicari karena biasanya produsen hanya membenamkannya di seri mahal.

Oleh sebab itu, beberapa tahun belakangan HP yang ada NFC mulai banyak menjamur diperjualbelikan seperti pada merek HP Xiaomi, Samsung, Oppo, Huawei, Vivo, dan Asus yang secara terang-terangan berlomba menawarkan variasi harga ramah kantong guna menjangkau segala pengguna. Tertarik memiliki HP yang ada NFC? Jika jawabannya iya, berikut kami rangkum daftar Hp yang ada NFC dari laman Pricebook mulai dari 2 jutaan.

Daftar Hp yang ada NFC

Rekomendasi Hp yang ada NFC.
  1. Poco M3 Pro 5G
  2. Samsung Galaxy M22
  3. Infinix Note 10 Pro NFC
  4. Realme 8 dan Realme 8 5G
  5. Samsung Galaxy M32
  6. Redmi Note 8 Pro
  7. Redmi Note 9 Pro
  8. Realme 7
  9. Poco X3 NFC
  10. Samsung Galaxy A51

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top