fbpx

Apakah anda tahu jenis iklan yang satu ini? jenis iklan PPC tentunya, sering anda jumpai ketika browsing internet. Seiring perkembangan zaman, anda dapat mudah mengakses informasi tanpa harus menuju ke sumbernya. Ya, salah satunya melalui media online yaitu Google. Lalu, apa yang dimaksud dengan Google Ads? Untuk tanda ads tersebut, merupakan hasil dari ikaln pemasaran digital / PPC.

Oleh karena itu, sebelum dibahas lebih lanjut ada baiknya, jika anda paham dulu terkait arti PPC. Pay per click merupakan, suatu model dari pemasaran internet dimana, pemasang iklan akan membayar biaya setiap kali iklan tersebut diklik. Secara singkatnya, hal tersebut adalah cara membeli kunjungan ke situs tertentu. Daripada, mencoba peluang untuk memperoleh trafik kunjungan organik.

Nah, oleh karena itu, anda perlu melakukan perkiraan terlebih dahulu, terkait budget yang harus dipersiapkan untuk menjalankan paid advertising. Mari simak ulasan lengkap Bootsol di bawah ini yuk!

Baca juga : Contoh Content Marketing Brand Indonesia

Cara Kerja Ads PPC :

Pada umumnya, para pemasar akan melakukan “bidding” di kata kunci tertentu. Supaya, kata kunci tersebut dapat berada di posisi atas. Selain itu, iklan tersebut pun akan muncul saat seseorang browsing dengan memasukkan kata kunci tersebut. Nah, dengan begitu, pengunjung sasaran dapat diarahkan untuk mengunjungi situs anda.

Anda dapat mengukur keberhasilan jenis iklan ini, berdasarkan jumlah income yang didapat dari menjalankan PPC.

Hal Penting Dalam Managing PPC :

Anda perlu merencanakan konsep yang matang. Karena mesin pencari sendiri, akan memberikan biaya PPC lebih murah jika iklan yang anda tampilkan memiliki kualitas baik. Oleh karena itu, kualitas iklan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan.

Selain itu, anda juga perlu untuk memantau perfoma dari iklan yang ditampilkan. Simak beberapa hal penting ketika melakukan jenis iklan PPC:

– Menambah Kata Kunci

– Input Kata Kunci Negatif

– Menciptakan Group Campaign

5 Jenis Iklan PPC :

1. Jenis Iklan Pencari

Jenis iklan ini merupakan campaign yang paling populer. Biasanya, anda akan menemukannya di SERP ketika melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google. Untuk bentuknya sendiri, berupa small logo “Ad” di halaman awal hasil mesin pencari. Jika ada pengguna yang menekan ikon iklan tersebut maka, pemasang iklan akan membayar biaya click.

Jenis iklan PPC yang satu ini, dinilai mampu meningkatkan trafik situs dengan cepat loh. Jika anda ingin menggunakan jenis iklan ini, anda dapat memanfaatkan produk Google yaitu, Google Ads. Melalui metode ini, situs anda akan mudah memperoleh trafik pengunjung.

2. Iklan Sosial

Anda akan sering menjumpai jenis iklan ppc ini di aplikasi media sosial. Terkadang, jenis iklan ini dikategorikan sebagai pemasaran media sosial. Akan tetapi, ternyata iklan sosial merupakan salah satu iklan PPC. Nah, untuk proses kerja sama halnya dengan iklan PPC lainnya, dimana anda akan membayar setiap kali pengunjung menekan link yang tertera di iklan.

3. Remarketing

Jenis iklan PPC ini merupakan iklan yang unik dan paling efektif. Biasanya jenis iklan ini, muncul di berbagai platform seperti situs maupun, media sosial. Mengapa dinilai paling efektif ya? ya, karena remarketing bertujuan untuk menjaring pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan produk di situs anda. Remarketing bertujuan untuk me-remind pengunjung. Dimana, pengunjung yang dimaksud adalah para pengunjung yang sebelumnya sudah pernah berkunjung ke situs anda. Nah, melalui jenis iklan ini para pengunjung tersebut, diharapkan dapat kembali ke situs anda dan menyelesaikan transaksi.

Hal penting yang perlu anda pelajari adalah bagaimana cara memanfaatkan fitur tracking. Melalui fitur ini, proses kerja remarketing akan lebih terarah dan efektif.

4. Iklan Tampilan

Jika anda menggunakan jenis iklan PPC ini, iklan anda akan tampil di semua situs rekanan Google. Lalu, hal yang menariknya lagi adalah target audiens untuk iklan tersebut pun dapat dipilih. Oleh karena itu, jenis iklan ini cenderung menghemat waktu dan biaya pengiklannya. Selain itu, tampilan dari iklan ini berupa text dan gambar sehingga akan terlihat menarik bagi audiens yang melihatnya.

5. Google Shopping

Ketika anda melakukan pencarian barang di mesin pencari, di halaman hasil mesin pencari pasti akan muncul beberapa gambar produk yang anda cari. Nah, anda dapat langsung mengunjungi situs e-commerce dengan meng-click kotak yang terletak di product images.

Google Shopping, merupakan jenis iklan PPC yang tepat bagi anda yang memiliki bisnis di bidang e-commerce. Mengapa demikian? karena para pembeli dapat memperoleh informasi yang cukup lengkap sebelum mengunjungi situs. Maka, akan lebih besar peluang kesuksesan transaksi dan tingkat ROI pun akan lebih tinggi.

Berikut ulasan lengkap mengenai Iklan PPC. Bootsol harap artikel ini dapat bermanfaat bagi anda!

.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top