fbpx

Percaya atau tidak, setiap orang pasti memiliki ponsel pintar ataupun perangkat elektronik seluler lain. Kenali beberapa tipe perangkat seluler yuk. Di era digital ini, memiliki satu bahkan banyak mobile devices, bukanlah sesuatu yang asing lagi bukan? Apakah anda setuju? nah, kira-kira berapa jumlah perangkat mobile yang anda miliki nih? komen jawabannya di bawah ya. Kali ini, Bootsol ingin fokus membahas mengenai mobile devices. Seperti, tipe perangkat seluler, contoh dan fungsi dari macam-macam mobile devices. Anda tentunya penasaran kan? simak penjelasannya di artikel ini ya.

Baca juga : Perangkat Termasuk Jenis Mobile Computing

Karakteristik Tipe Mobile Devices

Terdapat berbagai tipe perangkat seluler. Meski memiliki perbedaan dalam segi ukuran, design dan tampilan. Namun, secara keseluruhan, semua tipe perangkat mobile memiliki satu hal yang sama yaitu, dekstop systemnya.

Berikut adalah beberapa karakteristik perangkat seluler :

1. Ukuran yang Relatif Kecil

– Pengguna, cenderung memilih perangkat seluler dengan ukuran kecil. Lantaran, lebih nyaman dan mudah untuk dibawa-bawa.

2. Keterbatasan Kapasitas Memory

Anda perlu memperhatikan faktor ini dalam memilih perangkat seluler, karena kapasitas memori dari perangkat mobile pun berbeda-beda. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi anda dalam me-maintain penggunaan resources yang terbatas ini.

3. Kemampuan Processing yang Terbatas

4. Penggunaan Daya yang Relatif Low

Manfaat Mobile Devices

Salah satu manfaat yang cukup besar dari penggunaan perangkat seluler adalah sebagai metode pemasaran. Pemasaran mobile, merupakan alat pemasaran yang kerapkali mengandalkan ponsel pintar. Pemasar, dapat menampilkan konten semenarik mungkin untuk ditayangkan dalam iklan maupun promosi yang biasa muncul di ponsel anda.

Selain itu, metode pemasaran ini lebih digemari, karena budgetnya dinilai lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Lima Tipe Perangkat Seluler:

1. Ponsel Tangan/ Pintar – Tipe Perangkat Seluler

Perangkat seluler nyatanya, membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap perkembangan mobile device. Ya, tentunya terlebih lagi, hampir setiap orang sekarang ini, telah memiliki ponsel pintar. Software development di ponsel menjadikan ponsel bukan sekedar alat untuk berkomunikasi saja. Namun, sistem di ponsel mampu untuk berjalan seperti dengan yang ada di Laptop atau komputer. Bukankah itu menakjubkan?

2. Laptop/ Notebook

Notebook/ Laptop sebenarnya memiliki kesamaan dengan komputer. Namun, tipe perangkat seluler ini memiliki tampilan yang dibuat secara lebih simpel, ukurannya pun lebih kecil. Namun, untuk kemampuannya secara keseluruhan sama. Sama halnya dengan, operating systemnya. Selain itu, ada kesamaan di susunan komponen kedua devices ini.

Nah, perbedaannya terletak pada tampilan desainnya. Dimana, laptop didesain dengan tujuan supaya dapat beroperasi lebih cepat dan simpel. Namun, harganya pun relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan komputer. Meskipun, memungkinkan bagi komputer untuk memiliki specification yang lebih tinggi.

3. Tablet

Tablet atau yang sering didengar dengan istilah “Tab” secara basic sama dengan ponsel pintar. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih besar. Secara garis besar, ponsel pintar secara umum memiliki ukuran sekitar 3-6 inch sedangkan, ukuran tablet mencapai sekitar dua kali lipatnya. Apakah anda mempunyainya? merk tab apa yang anda suka? komen di bawah ya.

Terkait ukurannya, ukuran tablet berpengaruh pada speks nya yang lebih banyak, jika dicompare dengan ponsel pintar. Oleh karena itu, biasanya tablet memang memiliki performance, tampilan yang lebih bagus dan terpenting tetap user friendly.

4. Jam Tangan Pintar

Apakah anda tahu, jika di era digital, manfaat arloji bukan hanya sebagai penunjuk jam saja? anda pasti pernah mendengar istilah smart watch kan? sesuai namanya arloji ini bermanfaat layaknya suatu ponsel pintar. Dimana anda dapat berkomunikasi baik, chat maupun panggilan melalui arloji pintar.

Untuk sistem operasinya tergantung dengan brand pembuat operating systemnya. Seperti contoh smartwatch dengan sistem operasi IOS.

5. GPS

GPS adalah suatu device yang bermanfaat sebagai penunjuk koordinat suatu lokasi di peta online. Tipe perangkat seluler yang satu ini, memang tidak berkembang sepesat devices lainnya. Namun, manfaat perangkat ini cukup signifikan loh. Perangkat GPS sekarang ini, sudah memiliki fitur user guide supaya, pengguna dapat lebih mudah sampai ke destinasi yang dituju.

Selain itu, GPS juga diequip dengan fitur lainnya seperti wi-fi dan simcard supaya pengguna dapat menjadikannya sumber internet dan berkomunikasi.

Nah, dari beberapa ulasan macam-macam mobile devices , Kira-kira perangkat mana yang paling sering anda gunakan? komen di bawah ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top