fbpx

Apakah anda tahu jika pekerjaan graphic designer memiliki keahliannya masing-masing? Desain grafis merupakan bidang yang dinamis dan terus mengalami perkembangan. Seperti yang telah dibahas artikel sebelumnya seputar graphic design, bidang ini dapat menjadi peluang besar bagi anda yang menyukainya loh. Misalnya, bekerja seabagai graphic designer baik freelance maupun penuh waktu. Lalu, hal yang menariknya lagi adalah pekerjaan Graphic designer sendiri, terbagi menjadi beberapa jenis. Secara umum, jenisnya dibagi sesuai dengan skill khusus yang dimiliki oleh orang tersebut.

Nah, selain itu bidang desain grafis dapat dipelajari oleh siapa saja loh lantaran, tidak ada suatu persyaratan khusus. Jika anda tertarik, untuk tahu terkait informasi lengkap mengenai profesi desainer grafis, maka artikel ini adalah jawaban yang tepat. Bootsol harap, anda dapat menemukan titik cerah untuk memahami profesi designer secara mendalam. Selain itu, anda juga dapat mengakses artikel seputar graphic design lainnya, seperti hal menarik belajar desain grafis di situs ini.

6 Jenis Pekerjaan Graphic Designer :

Graphic designer adalah salah satu profesi populer di era digital ini. Terlepas, dari kemiripan profesi seiring zaman berkembang, tugas seorang desainer grafis dikategorikan berdasarkan tugas, tujuannya. Sehingga, jenis pekerjaannya pun berbeda-beda. Penasaran, ingin tahu terkait jenis pekerjaan graphic designer di masa kini? Simak ulasan lengkap Bootsol di bawah ini yuk!

1. Desainer Ads/ Iklan

Untuk jenis desainer grafis yang satu ini, lebih fokus untuk melakukan men-design suatu karya untuk kebutuhan advertising dan promotion. Salah satu skill khusus yang harus dimiliki desainer jenis ini adalah kemampuan untuk menentukan teknik pemasaran melalui penglihatan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika konsep desain yang ditampilkan sesuai dengan konten dari iklan tersebut. Sehingga, pesannya dapat tersampaikan melalui perpaduan isi konten. Selain itu, seorang desainer grafis juga harus mampu menampilan karya yang persuasif bagi target pasar.

2. Identitas Visual

Selain logo, tugas pekerjaan seorang desainer jenis ini, adalah mampu mem-build strong branding melalui tampak design yang telah dibuat. Biasanya, seorang desainer yang lebih berfokus pada brand identity, memiliki tugas di antara lain :

Establish Logo (as main elements)

– Menetapkan aturan terkait tampilan dari suatu brand

– Menciptakan icon, packaging dan karya visual lainnya yang bertujuan untuk memperoleh brand awareness

3. Desainer Grafis Gerakan

Seperti istilahnya, desainer motion bertugas untuk me-manage graphic element, serta menciptakan suatu “motion” sehingga, memiliki motion sesuai dengan keinginan sang designer. Biasanya hasil akhir dari karya desainer grafis ini, adalah berupa video menarik. Selanjutnya, untuk informasi tambahan, jenis pekerjaan graphic designer ini dapat berkarir di kategori desainer lainnya. Seperti, Ads designer.

4. Desainer Illustrasi

Pekerjaan graphic designer jenis illustrator lebih berfokus pada menggambarkan/ memperjelas suatu pandangan dari suatu konten. Nah, nyatanya manusia secara umum, lebih suka melihat gambar dibandingkan tulisan. Oleh karena itu, designer khusus di kategori ini, berupaya untuk menampilkan hasil karya sebagaimana rupa supaya dapat terlihat lebih attractive.

5. Desainer Tata Letak

Desainer tata letak merupakan pekerjaan graphic designer yang lebih fokus dalam meng-organize suatu visual elements. Nah, biasanya seorang desainer yang bekerja dalam kategori ini bekerja di dunia media khususnya, printing dan publishing. Untuk hasil karyanya dapat anda temukan di sebuah majalah, photo album, buku, maupun buku resep. Selain itu, anda juga dapat meminta bantuan desainer tata letak, untuk mengatur peletakkan secara digital.

6. Desainer UI dan UX

Untuk kedua jenis desainer ini berbeda namun, saling berkaitan. Lalu, apakah anda sudah paham dengan kedua istilah ini? Bootsol akan membagikan informasi terkait tugas kedua desainer jenis tersebut :

– UI umumnya memiliki output berupa, prototype dari suatu aplikasi/ situs. Di antara lain isinya : ikon, illustration dan lainnya

– Fokus dari seorang desainer UI adalah supaya pengguna dapat nyaman menggunakan aplikasi/ situs perusahaan

Berbeda dengan UX, tugas dari desainer jenis ini adalah melihat situs/aplikasi dari kacamata penggunanya. Sehingga, pekerjaan desainer UX lebih ditekankan pada mechanism dan visual look di suatu aplikasi atau situs.

Berikut adalah ulasan dari beberapa jenis pekerjaan graphic designer. Kira-kira anda tertarik ingin menjadi desainer jenis apa? komen jawabannya di bawah ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top