fbpx

Beralihnya dunia ke arah digital beralih pula dunia pemasaran menjadi digital. Salah satu jenis pemasaran digital yang cukup marak saat ini ialah PPC atau Pay Per Click. Saluran iklan ini merupakan salah satu cara dalam pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan pengguna agar mengunjungi website kita. Anda juga mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis pemasaran yang satu ini, yaitu dengan adanya tanda bertuliskan ‘ads’ atau ‘iklan’ dalam halaman pencarian Anda.

Sebelum membahas lebih jauh, Bootsol akan menjelaskan secara ringkas mengenai pengertian Pay Per Click. Selanjutnya, akan dijelaskan pula tentang mekanisme serta beberapa keuntungan jika Anda menjalankan pemasaran PPC bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, simak uraian singkat di bawah ini.

Pengertian PPC

Menggambarkan ilustrasi ppc
Ilustrasi Pay Per Click

Pay Per Click atau yang biasa disingkat PPC merupakan salah satu jenis pemasaran digital dimana pemasang iklan akan membayar setiap kali iklan tersebut diklik oleh pengguna. Disebut juga Cost Per Click (CPC), karena tiap kali iklan Anda diklik oleh pengguna, maka Anda perlu membayar biaya iklan tersebut kepada jasa penyedia iklan. Dalam hal ini, para pemasang iklan dapat menargetkan secara spesifik sasaran pengguna yang mereka tuju.

Pemasangan iklan menggunakan saluran ini memungkinkan Anda dapat menjangkau calon pelanggan Anda secara luas. Selain itu, feedback yang didapatkan dari pemasangan saluran iklan ini tergolong instan. Terlebih jika Anda dapat menentukan kata kunci yang tepat sehingga Anda akan memperoleh pelanggan yang sedang mencari solusi bagi permasalahannya.

Mekanisme PPC

Menurut wartaekonomi.co.id, mekanisme yang dilakukan pemasaran PPC merupakan cara yang cepat untuk mendapatkan pelanggan ke situs Anda, jika dibandingkan dengan cara organik. Iklan yang terpasang di halaman hasil mesin pencari akan secara otomatis tampil ketika seorang pengguna mencari kata kunci tertentu sebagai jawaban atas permasalahannya. Di saat itu pula, sang pemasang iklan akan membayar tiap kali iklannya diklik oleh pengguna atau calon pelanggan. Dapat dikatakan pula, mekanisme tersebut seperti membeli kunjungan pelanggan kepada website Anda, dengan mengharapkan terjadinya konversi.

Terdapat beberapa jenis iklan Pay Per Click ini. Di antaranya yaitu iklan di mesin pencari, iklan di media sosial, remarketing, iklan tampilan, dan Google Shopping. Pada umumnya, setiap iklan yang ditampilkan nyaris serupa dengan postingan organik lainnya. Perbedaannya adalah pada label “ads”, “iklan, “promote” dan sejenisnya yang dipasang pada postingan tersebut.

Baca juga : Super Amazing! Kenali 5 Jenis Iklan PPC ini Untuk Bantu Bisnis Anda

Semakin baik iklan yang Anda tampilkan, maka semakin murah biaya yang dikenakan jika iklan tersebut mendapatkan klik. Namun, khusus pemasangan promosi di mesin pencarian Google, mereka menggunakan metode yang cukup rumit agar iklan Anda dapat ditampilkan.

Dilansir dari logique.co.id, iklan yang kita akan promosikan harus berasaing dengan iklan-iklan lainnya agar dapat “naik” jika kata kunci tersebut diketik oleh pengguna. Ketika kata kunci tersebut dicari oleh pengguna, maka Google akan mencari iklan mana yang paling sesuai dan relevan agar layak ditampilkan pada pengguna. Hal ini berkaitan dengan kualitas iklan PPC yang Anda buat.

5 Keuntungan Iklan PPC

Setelah mengetahui dan mengenal iklan Pay Per Click, maka saatnya Anda mengetahui apa saja keuntungan jika Anda menerapkan iklan Pay Per Click untuk bisnis online Anda. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Relevansi Iklan yang Tinggi

Target Audiens yang didapat Akan Semakin Relevan

Iklan Pay Per Click dapat menjangkau target audiens yang luas. Selain itu, relevansi iklan yang ditampilkan oleh PPC memiliki kategori yang tinggi. Hal ini karena para pengguna memiliki niatnya sendiri untuk mencari jenis produk atau layanan tertentu dengan kata kunci yang telah ditargetkan. Jika para pemasang iklan Pay Per Click telah melakukan riset kata kunci yang baik, maka kemungkinan besar iklan yang telah dibuat akan ditampilkan serta relevan dengan pencarian pengguna. Anda hanya perlu menargetkan beberapa kriteria umum seperti lokasi, usia, mintat, dan sebagainya agar iklan yang ditampilkan semakin maksimal.

2. Biaya Dapat Disesuaikan

Menjelaskan bahwa biaya yang dimiliki dapat disesuaikan dengan iklan PPC
Iklan Pay Per Click dapat Disesuaikan dengan Biaya

Besarnya biaya iklan yang Anda keluarkan menggunakan PPC dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini juga dapat menjaga agar usaha yang sedang Anda jalankan tidak over budget. Secara umum, biaya yang dikeluarkan masih tergolong sedang jika ditihung dalam jangka waktu pendek.

Biaya yang dikeluarkan untuk saluran iklan ini juga dapat disesuaikan secara harian maupun bulanan. Jika Anda merasa puas dengan performa iklan yang telah Anda pasangs sebelumnya, maka besarnya biaya promosi ke depannya dapat ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk memperbesar traffic pelanggan yang berkunjung ke situs web Anda.

3. Cepat Mendatangkan Pengunjung

Jika dibandingkan dengan Search Engine Optimization (SEO), iklan yang dijalankan pada saluran PPC ini lebih cepat mendatangkan pengunjung. Anda tidak perlu mengoptimasi sedemikian rupa website Anda serta menunggu beberapa lama untuk Google menampilkan website Anda pada halaman pertama di mesin pencarian. Anda hanya perlu membuat iklan yang menarik serta menargetkan audiens dengan kata kunci yang tepat agar visibilitas iklan Anda dapat terlihat maksimal.

Ketepatan kata kunci menjadi resep utama agar iklan Pay Per Click Anda ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang pengguna cari. Dikutip dari searchengineland.com, sebanyakan 63 persen pengguna akan mengklik tampilan iklan yang disajikan oleh Google di halaman depan pencarian. Hal ini tentu akan membuat website Anda memperoleh pengunjung yang lebih cepat jika dibandingkan dengan cara organik atau beriklan secara tradisional.

4. Mendukung Optimalisasi SEO

Mengilustrasikan SEO
Optimalisasi SEO

Meskipun sasaran utama dari iklan PPC ini adalah mendatangkan pengunjung secara cepat dan banyak, namun terdapat keuntungan untuk semakin optimalnya SEO website Anda. Ya, semakin banyak pengguna mengunjungi situs web Anda, maka semakin bagus Google membaca dan menilai website Anda. Oleh karena itu, traffic yang cukup ramai membuat Google dapat menaikkan peringkat situs web Anda agar dapat ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian.

Hal ini seolah-olah Anda mendapatkan keuntungan ganda sekaligus. Dalam jangka pendek, Anda akan mendapatkan pengunjung yang mungkin saja dapat dikonversikan untuk membeli atau berlangganan. Dalam jangka panjang, semakin ramai dan banyak pengguna yang mengunjungi situs web Anda, maka nilai SEO untuk website Anda juga akan secara otomatis meningkat.

5. Cocok Untuk Berbagai Macam Bisnis

Pemasangan iklan PPC tidak terbatas pada satu atau beberapa macam bisnis online. Anda dapat menggunakannya hampir ke semua bidang bisnis yang sedang dijalani. Hal ini berkaitan dengan fokus dari iklan PPC ialah menayangkan iklan secepat mungkin untuk mendatangkan pengunjung ke situs web Anda. Selain itu juga PPC dapat menunjang SEO website Anda dalam menggaet pengunjung baru agar dapat dikonversikan menjadi pembeli atau pelanggan.

Kesimpulan

Saluran iklan Pay Per Click atau PPC merupakan cara terbaik jika Anda ingin cepat dalam mendapatkan pengunjung ke situs web Anda. Anda juga dapat mengatur biaya yang Anda miliki untuk memasang iklan ini. Selain itu, keuntungan iklan PPC yaitu dapat membantu dan meningkatkan optimalisasi SEO pada situs web Anda sehingga dalam jangka waktu panjang situs web Anda mungkin saja mendapatkan kenaikan peringkat dalam hasil pencarian Google. Terakhir, iklan PPC dapat digunakan untuk segala macam bisnis online.

Itulah penjelasan singkat mengenai Pay Per Click (PPC) serta keuntungannya jika Anda menjalankannya dalam bisnis online Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera jalankan iklan PPC agar bisnis Anda mendapatkan hasil yang maksimal!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top