fbpx

Strategi AIDAS merupakan salah satu dari rumus sejumlah teori yang digunakan dalam bisnis penjualan dalam bidang pemasaran. Umumnya strategi AIDAS dijadikan patokan oleh para perusahaan dalam meningkatkan penjualan mereka.

Jurnal Perancangan Promosi Tempat Tidur Mr Coil pada 2014 menyebutkan bahwa segala bentuk promosi harus dilandaskan pada tahap demi tahap yang telah direncanakan sebelumnya. Melalui strategi AIDAS ini, dibeberkan tahapan penting yang harus dilakukan para pengusaha agar tujuan dari promosi iklan dapat tercapai.

Mengolah strategi AIDAS untuk iklan.
Mengolah strategi AIDAS untuk iklan.

Elias St. Elmo Lowis merupakan pencetus dalam dunia periklanan dan penjualan dari Amerika Serikat melalui pembicaraam tentang cara menarik perhatian publik ketika memberikan suatu informasi, hingga mengubah mereka menjadi pelanggan pada 1899.

Baru pada tahun 1909 pembicaaran tersebut dikembangkan dan menjadi strategi menarik perhatian, membangkitkan minat, persuasif, dan meyakinkan setiap calon pelanggan dari produk yang diiklankan.

Iklan merupakan kegiatan promosi yang berfungsi untuk memberikan informasi, membujuk audience, dan sebagai pengingat. Dengan mempromosikan produk, sama saja kita memperkenalkan brand awareness kepada audience. Setelah mereka sadar dan kenal akan brand kita, iklan akan berperan dalam memberi informasi mengenai produk kita didalamnya dengan cara memberi citra.

Dengan cara tersebutlah iklan bekerja seperti membujuk audience agar “terhipnotis” membeli produk yang diperjualbelikan.

Baca Juga: Superb 5 Strategi Bisnis di Tahun 2022 yang Wajib Kamu Pahami.

Dilansir dari Liputan6.com, terdapat dua jenis iklan berdasarkan perkembangannya, yaitu iklan tradisional dan iklan digital. Iklan tradional terdiri dari iklan cetak, baliho, iklan televisi, dan iklan radio. Sedangkan iklan digital terdiri atas iklan media sosial, iklan pada mesin pencari, iklan seluler, dan popup.

Melalui strategi AIDAS, iklan kamu akan jauh lebih menarik melalui Attention, Interest, Desire, Action, dan Share. Berikut pemaparan singkatnya.

Strategi AIDAS.

strategi aidas
Ide dari strategi AIDAS.
  • Attention

Merupakan tahapan pertama strategi AIDAS dimana iklan kamu harus eye-catchy untuk menarik perhatian orang atau calon konsumen kamu, bisa dari desain yang mencolok atau judul yang menarik. Melalui tahap ini, penjual akan melakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian pembeli, supaya konsumen mendapatkan kesan pertama yang baik mengenai produk yang kamu jual.

  • Interest

Merupakan tahapan kedua dimana iklan kamu harus menunjukkan kelebihan dan keunggulan dari produk kamu miliki. Gunanya untuk menarik perhatian mereka melalui informasi terkait melalui analisa dengan melihat pasar.

Untuk catatan, iklan yang kamu aplikasikan untuk promosi harus simpel dan tidak bertele-tele agar calon konsumen kamu tidak bosan dengan menujukkan ketertarikan dari ikan tersebut.

  • Desire

Dalam tahapan ini, kamu harus tetap menggunakan strategi marketing yang fokus pada keperluan setiap calon konsumen. Kamu dapat menambahkan promo atau harga testimoni pelanggan yang dapat meningkatkan keinginan calon konsumen untuk membeli produk kamu.

Intinya, kamu boleh melakukan beragam strategi pemasaran, haanya saja tidak boleh memberikan kesan memaksa. Oleh sebab itu, kamu dapat penting untuk menggunakan gaya bahasa yang tidak hanya membuat konsumen penasaran pada produk, tetapi juga membuat mereka ingin membeli produk kamu.

  • Action

Tahap ini harus memberikan kesan bahwa apa yang sudah kamu janjikan dalam iklan di produk kamu benar adanya. Dengan begitu, konsumen tidak akan ragu untuk membeli atau bahkan repeat order produk kamu. Jangan lupa tambahkan istilah call to action seperti buy now dan shop now yang memacu konsumen supaya mengklik iklan kamu sebab action merupakan langkah dimana konsumen mengambil tindakan pembelian.

  • Satisfication dan Share

Tahapan terakhir ini memastikan konsumen yang telah membeli produk kamu mendapatkan kepuasan yang layak atas apa yang kamu tawarkan sehingga konsumen merasa jika keputusan yang diambil sudah tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan mengucapkan terima kasih kepada konsumen setelah membeli produknya, menjaga kualitas produk, menanggapi keluhan terhadap produk, dan lain sebagainya.

Selain itu, tahap share pada iklan berfungsi membentuk brand advocate dari sebuah produk. Jenis strategi ini cenderung cocok sekaligus punya pengaruh besar dalam masyarakat mengingat zaman sekarang yang serba digital dan penyebarannya sangat pesat dan bisa dikonsumsi oleh banyak lapisan sehingga sangat menguntungkan apabila kamu bisa membuat iklan kamu bisa dishare oleh banyak orang.

Melihat dari penjelasan di atas, jangan lupa untuk menggunakan strategi AIDAS ya buat iklan produkmu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top