fbpx
2021 Masih Belum Buat Blog? Ini Beragam Manfaat Blog untuk Bisnis
Beragam Manfaat Blog untuk Bisnis

Sejak kemunculannya di tahun 1997, weblog yang diciptakan oleh John Barder telah menjadi sensasi hangat diantara penggiat teknologi. Istilah blog muncul dan menjadi semakin populer pada tahun 2002 setelah seorang desainer bernama Peter Merholz memperkenalkannya.

Kepopuleran ini juga didorong oleh kemunculan WordPress di tahun selanjutnya. Segala kemudahan dan fitur menarik yang ditawarkan oleh WordPress berhasil menarik banyak orang untuk membuat blognya sendiri. Bahkan mulai bermunculan blogger terkenal yang berhasil mendapatkan pundi-pundi uang hanya dengan blogging membuat banyak orang penasaran. Hingga kini, mendapatkan uang lewat blog adalah impian dari sebagian banyak orang.

Sejak beberapa tahun terakhir, tak hanya blogger yang melihat peluang besar yang dimiliki oleh blog, namun sudah banyak perusahaan dan pelaku bisnis lainnya yang mulai memanfaatkan blog sebagai strategi content marketing mereka. Menurut data Content Marketing Institute, 8 dari 10 marketer B2C (Business to Customer) menggunakan blog, sedangkan 9 dari 10 marketer B2B (Business to Business) juga telah menggunakan blog. Artinya, hampir semua marketer sudah menggunakan blog. Tapi kenapa?

Dalam artikel ini, Bootsol akan merangkum beberapa manfaat blog untuk bisnis. Berikut informasi selengkapnya.

Baca Juga: Panduan Copywriting 2021: Great Writing, Great Selling

Manfaat Blog untuk Bisnis

1. Menarik Perhatian Customer Potensial

2021 Masih Belum Buat Blog? Ini Beragam Manfaat Blog untuk Bisnis yang Powerful
Salah satu manfaat blog untuk bisnis adalah menarik perhatian customer potensial

Menurut data di tahun 2020, 49% pengguna internet menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan produk baru atau yang sedang in di pasaran. Perlu diketahui bahwa konsumen cenderung tidak menyukai perasaan dipaksa membeli melalui kegiatan promosi yang terlalu berlebihan atau yang biasa disebut dengan hard sell. Akibatnya, kita merasa kikuk dan tertekan jika bertemu dengan seorang sales marketer di pusat perbelanjaan. Bukti lainnya, kita seakan memiliki kesan negatif pada iklan berbayar baik selembaran dan baliho yang kita lihat di jalan maupun iklan elektronik seperti iklan di Google dan media sosial. Hal ini dikarenakan kita telah mengetahui maksud dari iklan-iklan tersebut, yakni uang. Saat melihatnya, alih-alih tertarik customer akan berpikir, “Oh tidak, mereka menginginkan uang saya!”

Sebagai solusinya, muncullah iklan yang dibuat lebih halus. Promosi produk/layanan dibuat sedemikian rupa sehingga customer potensial awalnya tidak sadar jika konten yang ia lihat adalah sebuah bentuk dari promosi. Bentuk promosi seperti ini biasa disebut sebagai soft sell. Internet telah menjadi ladang soft sell yang paling lazim. Salah satu bentuknya adalah artikel blog yang memuat informasi-informasi bermanfaat dan relevan dengan produk/layanan yang dijual oleh sebuah brand. Menurut data yang sama di tahun 2020, sekitar 70% customer potensial memilih untuk membaca artikel blog untuk menilai sebuah perusahaan dibanding iklan. Disini lah manfaat blog untuk bisnis Anda, jika customer membaca konten Anda yang dirasa bermanfaat bagi mereka, brand Anda akan mendapat kesan positif, kemudian mereka akan mulai menaruh perhatian kepada produk/layanan Anda.

2. Meningkatkan Trafik Website

Tahukah Anda jika jumlah kunjungan website perusahaan yang menulis blog artikel lebih tinggi 55% dibanding website perusahaan yang tidak memiliki artikel blog? Blog bisnis juga rata-rata memiliki peluang empat kali atau tepatnya 434% untuk berada pada halaman indeks Google. Artinya, blog bisnis Anda memiliki peluang empat kali lebih besar untuk ditemukan oleh customer potensial dibandingkan dengan bisnis serupa yang tidak memiliki blog.

Selain meningkatkan trafik website melalui search engine, blog juga dapat membantu Anda dalam hal email marketing. Website yang memiliki blog dapat membantu trafik e-mail marketing bisnis Anda sebanyak 28%. Tergolong positif jika dibandingkan dengan website yang tidak memiliki blog yang trafik e-mail marketingnya berada pada -53%.

3. Meningkatkan Jumlah Lead

2021 Masih Belum Buat Blog? Ini Beragam Manfaat Blog untuk Bisnis yang Powerful
Manfaat blog untuk bisnis: meningkatkan jumlah lead

Apakah Anda sudah mendengar tentang lead? Lead atau prospek adalah sikap ketertarikan customer potensial terhadap suatu brand. Sikap ini dapat ditunjukan dalam berbagai hal, contohnya berlangganan newsletter, membaca konten-konten secara continue, mengisi contact form, memfolow akun media sosial, dan masih banyak lagi. Manfaat blog untuk bisnis yang selanjutnya adalah peningkatan lead sebesar 67% untuk bisnis B2B dibandingkan yang tidak memiliki blog. Bahkan data yang dikemukakan Hubspot, terlepas dari sektor bisnis apapun, blog dapat meningkatkan lead sebesar 126%.

Dengan semakin meningkatnya lead bisnis Anda, artinya customer potensial Anda semakin besar. Anda dapat memperoleh informasi mengenai customer Anda yang dapat Anda manfaatkan dalam pengembangan produk/layanan serta strategi marketing.

4. Membangun Engagement

Manfaat blog untuk bisnis yang lain adalah dapat membangun hubungan dekat serta membentuk komunitas dengan customer. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengaktifkan kolom komentar dibawah artikel blog Anda. Dengan begitu, customer produk/layanan Anda dapat bertanya atau memberi review terhadap bisnis Anda. Fitur ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu media customer service.

Selain itu, blog dapat menampilkan persona brand yang belum dapat tersampaikan di media lainnya. Anda dapat lebih menampilkan image yang sesuai dengan marketing persona dari bisnis Anda. Perlu diingat, ada baiknya image yang ditampilkan di blog Anda sesuai dengan sektor bisnis Anda. Jika Anda berada di sektor B2B, persona yang ditampilkan biasanya cenderung formal dan teknis. Sedangkan untuk sektor usaha B2C, Anda dapat menampilkan image informal dan dapat lebih bereksperimen dengan berbagai macam konten.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

2021 Masih Belum Buat Blog? Ini Beragam Manfaat Blog untuk Bisnis yang Powerful
Manfaat blog untuk bisnis: membangun reputasi brand

Membangun reputasi brand memanglah sulit, tapi ada berbagai macam hal yang dapat membantu meningkatkan reputasi brand. Salah satunya adalah dengan membuat blog. Dengan menulis artikel blog informatif yang relevan dengan bisnis Anda, Anda telah memberi kesan kepada customer bahwa brand Anda menguasai apa yang Anda kerjakan serta dapat memberikan kemudahan dan solusi dari kendala yang mereka hadapi. Hal ini juga dapat memberi kesan bahwa brand Anda adalah brand yang unggul dibandingkan dengan kompetitor Anda yang belum mulai menulis blog.

6. Investasi Jangka Panjang

Setelah Anda menulis blog dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, Anda telah siap untuk memetik hasil yang Anda tanam. Namun sayangnya, menulis blog tidak akan membuat bisnis Anda sukses melejit secara instan. Anda harus menunggu sekitar 6 bulan lamanya untuk melihat progress dari konten yang telah Anda post. Hal ini lah yang membuat banyak perusahaan mundur ditengah jalan saat menulis blog.

Maka dari itu, Anda perlu mengubah mindset result oriented menjadi progress oriented. Bayangkan bahwa semua konten yang Anda post adalah investasi jangka panjang yang akan membantu brand Anda untuk lebih dipercaya dan dipilih oleh customer. Meski kita terbebani dengan statistik dan goal yang perlu dicapai, sambil berjalan Anda dapat mengamati dan bereksperimen mengenai strategi content marketing yang cocok dan berhasil serta yang tidak untuk brand Anda. Anda juga dapat menjadikan blog Anda sebagai sumber konten untuk media marketing yang lain seperti Instagram, LinkedIn, hingga e-mail untuk customer Anda.

Itulah beragam manfaat blog untuk bisnis versi Bootsol. Dari berbagai manfaat blog untuk bisnis yang telah dihadirkan, mana yang menurut Anda paling menarik? Silahkan bagikan di kolom komentar.

Baca Juga: 4 Jenis SEO untuk Optimalisasi Website

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top