fbpx
Ilustrasi digital marketing untuk UMKM
Ilustrasi digital marketing untuk UMKM

Apakah digital marketing diperlukan oleh UMKM? Tentu saja perlu. Jangan sampai anda ketinggalan informasi mengenai manfaat digital marketing untuk UMKM, berikut penjelasannya :

Saat ini memiliki usaha sendiri, menjadi impian banyak orang. Hal tersebut dikarenakan ketika memiliki usaha sendiri anda otomatis menjadi pimpinan. Bekerja untuk diri sendiri tentu saja akan lebih memuaskan. Itulah alasan seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang tertarik membangun usaha, sehingga tidak lagi mencari pekerjaan tetapi menciptakan pekerjaan.

Pemerintah Indonesia sudah lebih gencar mendorong masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dibandingkan mencari pekerjaan. Kita ketahui bersama bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia belum sebanding dengan banyaknya masyarakat di usia produktif, sehingga pengangguran masih berkeliaran dimana-mana. Demi mengatasi masalah pengangguran, salah satunya ialah mendorong masyarakat untuk memiliki usaha sendiri dan memberikan dukungan penuh kepada masyarakat yang sudah menjalankan usahanya.

Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah menyelenggarakan program-program untuk mendorong masyarakat mandiri melalui usahanya sendiri, terutama untuk Usaha Mikro Kecil Menengah alias UMKM. Bukti dukungan pemerintah salah satunya yaitu BLT UMKM berupa dana bantuan. Diharapkan melalui dana tersebut bisa membantu mengembangkan usaha masyarakat kecil.

Bagi para perintis UMKM, mengembangkan usaha tidak bisa hanya mengandalkan bantuan pemerintah. Anda harus peka dengan perkembangan zaman, manfaatkan canggihnya teknologi untuk peluang usaha maupun untuk mengembangkan usaha. Terutama di zaman yang serba digital seperti saat ini, sistem penjualan bisa menggunakan sarana online. Hal tersebut lah yang akhirnya membuat hadirnya istilah digital marketing.

Baca Juga : Fantastic! Ketahui : 5 Hal Terkait Teknologi di Masa Pandemi Super Functional

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan cara untuk mempromosikan sebuah merek dagang tertentu. Cara yang diterapkan dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Pengertian UMKM

Menurut wikipedia usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) merupakan kata yang digunakan untuk merujuk pada usaha ekonomi produktif. Usaha tersebut bisa dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha tertentu selama memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008.

Suatu usaha bisa dikatakan masuk kriteria usaha mikro yaitu ketika usaha yang memiliki jumlah kekayaannya bersih mencapai Rp50.000.000. Jumlah tersebut tidak termasuk dengan bangunan dan tanah tempat usaha. Setiap tahun, hasil penjualan usaha mikro maksimal mencapai Rp300.000.000. Bisa dibilang usaha mikro atau usaha kecil merupakan suatu usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, baik yang dimiliki oleh individu maupun kelompok tertentu dan bukan termasuk badan usaha yang menjadi cabang perusahaan utama. Usaha mikro dikuasai dan dimiliki, sehingga menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah.

Suatu usaha bisa dikatakan termasuk usaha menengah, ketika menjadi usaha yang berdiri sendiri dan tidak menjadi cabang atau anak usaha dari perusahaan pusat. Usaha menengah menjadi bagian baik secara langsung maupun tak langsung dari usaha kecil atau usaha besar. Total kekayaan bersih usaha menengah sudah diatur dengan peraturan perundang-undangan. Usaha menengah sering dianggap sebagai bisnis besar. Hal tersebut dikarenakan kriteria kekayaan bersihnya mencapai lebih dari Rp500.000.000 hingga Rp10 miliar Jumlah tersebut tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Hasil penjualan setiap tahunannya bisa mencapai Rp2,5 miliar sampai dengan Rp50 miliar. Tak heran dengan jumlah penghasilan yang besar tersebut banyak pihak yang menganggap usaha menengah sebagai usaha besar.

Digital marketing untuk UMKM

Sama halnya dengan usaha online pada umumnya, strategi digital marketing menjadi hal yang penting untuk mengembangkan usaha. Begitupun dengan UMKM yang mulai merambah dunia online, digital marketing perlu diterapkan dengan tepat.

Hadirnya dunia online pada dasarnya memang sangat membantu pekerjaan manusia diberbagai sektor terutama bisnis. Biaya operasional yang tinggi bisa diminimalisir dengan sistem online. Kita ketahui bahwa promosi menjadi langkah awal untuk mengenalkan produk atau jasa kepada target pasar. Promosi juga digunakan untuk menarik target potensial agar membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Mengembangkan UMKM di media online menjadi langkah yang tepat, tidak hanya melebarkan sayap dan mengikuti perkembangan zaman, tetapi berpotensi meningkatkan penjualan. Hal tersebut membuat digital marketing untuk UMKM perlu diterapkan dengan baik dan benar. Tetapkan segmentasi pasar yang sesuai, kemudian tentukan strategi digital marketing mana yang perlu diterapkan.

Baca Juga : The Ultimate Guide SEO Instagram: 3 Optimasi Mudah untuk Unggul dalam Hasil Pencarian

Manfaat digital marketing

Adapun manfaat digital marketing untuk UMKM yaitu :

1. Dikenal banyak Orang

Ilustrasi UMKM semakin dikenal
Ilustrasi UMKM semakin dikenal

Misi utama membangun suatu usaha terutama UMKM yaitu dikenal banyak orang. Manfaat pertama yang akan dirasakan pemilik usaha dengan menerapkan digital marketing untuk UMKM yaitu publikasi yang lebih luas. Terutama dengan memanfaatkan media online, maka proses promosi akan memiliki jangkauan yang lebih luas. Pada akhirnya Semakin banyak yang mengenal UMKM anda, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Menerapkan digital marketing untuk UMKM dapat membantu anda memilih flatform mana dan menentukan cara yang paling tepat untuk promosi. Hal tersebut bisa dilakukan melalui social media marketing, Google Ads, content marketing, dan strategi online marketing, dan masih banyak lagi.

2. Menjadi Nomor 1 di Google

Ilustrasi nomor 1
Ilustrasi nomor 1

Manfaat digital marketing untuk UMKM berikutnya yaitu menempati posisi teratas di Google. Memiliki website khusus untuk UMKM menjadi salah satu keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Dengan begitu, lebih banyak cara yang tersedia untuk mempromosikan merek dagang, bahkan menjadi merek teratas di mesin pencarian yaitu Google. Hal tersebut akan meningkagkan kepercayaan calon konsumen terhadap UMKM anda, sehingga pada akhirnya tertarik untuk membeli.

Pada dasarnya pengguna internet akan mengunjungi website di posisi teratas dengan asumsi paling terpercaya. Digital marketing untuk UMKM akan membantu website UMKM anda berada di posisi teratas alama Google. Tak perlu khawatir rumit, caranya cukup mudah yaitu dengan menerapkan SEO yang tepat. Optimalisasi SEO menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar website kamu berada pada halaman pertama mesin pencarian.

3. Mendapatkan Pelanggan yang Potensial

Ilustrasi pelanggan
Ilustrasi pelanggan

Banyaknya pelanggan menjadi salah satu ciri utama kesuksesan suatu usaha terutama UMKM. Menerapkan digital marketing untuk UMKM dapat membantu anda menemukan pelanggan yang potensial. Anda bisa lebih mudah mengetahui pihak mana saja yang sekiranya benar-benar membutuhkan produk yang kamu tawarkan.

Melalui digital marketing untuk UMKM, anda dapat menentukan segmentasi pasar yang sesuai. Anda dapat memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

Itulah tiga manfaat digital marketing untuk UMKM yang wajib anda ketahui. Perlu ditekankan bahwa digital marketing sangatlah penting, terutama di zaman digitalisasi seperti saat ini. Mengembangkan usaha akan lebih mudah dilakukan ketika menyesuaikan dengan keadaan, terutama untuk UMKM.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Hanya di bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top