fbpx

Salah satu peran pendukung dari suatu bisnis online yaitu dengan dibuatnya Aplikasi Mobile, loh! Banyak pemilik usaha yang memanfaatkan jasa layanan Mobile App Development untuk melengkapi keberlangsungan usaha mereka.

Dimasa pandemi sekarang ini banyak para pebisnis yang memanfaatkan kekuatan pengguna online/internet untuk memasarkan produk/jasa mereka. Alasannya karena saat ini dengan keterbatasan aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah inilah mengakibatkan peningkatan terhadap minat untuk membeli segala kebutuhan dengan cara online shopping.

Seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, kini berbelanja menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang yang memiliki kesibukan, dimana seseorang tidak perlu lagi pergi ke pusat perbelanjaan dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari item tertentu, karena sekarang bisa dengan mudah mendapatkan barang/kebutuhan apa yang diinginkan dengan hanya satu klik. Tren baru dalam berbelanja ini yaitu memanfaatkan platform media online yang kini sudah dapat dijangkau oleh hampir semua orang.

Nah, dengan sistem online shopping ini, tentu membutuhkan alat pendukung sebagai media untuk mempromosikan bisnisnya tersebut, bukan?

Berikut penjelasan mengenai pengembangkan aplikasi mobile untuk bisnis kamu dibawah ini.

Apa Itu Mobile App Development?

Mobile App Development
Ilustrasi Seorang Developer Aplikasi Mobile

Mobile App Development atau Pengembangan Aplikasi berbasis Mobile adalah suatu proses pembuatan aplikasi perangkat lunak (software) yang difungsikan untuk berjalan pada perangkat seluler, dan tipikal dari aplikasi mobile ini ialah menggunakan koneksi jaringan untuk bekerja dengan sumber daya komputerisasi jarak jauh sehingga dapat dijangkau oleh seluruh pengguna perangkat seluler.

Pada tahun 2021 awal, aplikasi mobile diproyeksikan untuk menghasilkan pendapatan senilai 693 miliar USD via app stores dan in-app advertising. Disaat banyak perusahaan yang berusaha untuk memanfaatkan tren ini, namun masih banyak juga para perusahaan terlebih lagi para bisnis kecil yang tidak tahu bagaimana membangun media pemasarannya.

Oleh karena itu, proses pengembangan aplikasi tersebut mencakup banyak aspek untuk membuat kesatuan perangkat lunak (software) dengan bahasa pemrograman yang meliputi coding dan seluruh aspek pemrograman lainnya. Aplikasi jenis ini juga mengimplementasikan layanan backend seperti akses data melalui API (Application Programming Interface), dan pengujian aplikasi pada perangkat target (mobile).

Para pengembang aplikasi ini atau Mobile App Developer menggunakan beragam bahasa pemrograman dan sistem pengoperasian, sehingga para developer tersebut dapat membuat pilihan yang berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan. Pengembangan aplikasi ini melibatkan banyak proses agar bisa menjadi suatu perangkat lunak bermodelkan aplikasi yang dimaksudkan untuk membantu para pengguna mobile sehingga bisa dengan mudah menjangkau toko-toko online favoritnya.

Mobile App Development dikembangkan oleh seorang developer yang bekerja erat dengan para analis aplikasi mobile dan tenaga ahli komputer yang sudah profesional dalam proses penggunaan bahasa pemrograman seperti Java dan C++ untuk memperoleh spesifikasi yang diperlukan suatu software.

Pentingnya Mobile App Bagi Bisnis Online

Abillion: Aplikasi Mobile Kategori Restaurant

Dunia bisnis bukan lagi tentang menyebarkan selembaran brosur, mencetak iklan, membuat papan billboard, atau bahkan dengan jasa para customer service untuk menjawab setiap kebutuhan pelanggan bisnis Anda. Kini, hampir semua telah beralih ke sistem mobile begitupun bisnis. Tidak diragukan lagi, dengan adanya aplikasi mobile tentu menjadi kekuatan pendorong kesuksesan suatu bisnis online pada saat ini.

Berikut adalah 2 dari beberapa alasan pentingnya Aplikasi Mobile untuk Bisnis Online Anda:

Peningkatan Visibilitas

Dilansir dari Statista bahwa rata-rata orang menghabiskan 5-6 jam waktunya di smartphone mereka setiap hari. Meskipun hanya beberapa aplikasi utama yang digunakan dalam jangka waktu tersebut, namun pada saat seseorang memerlukan kebutuhan pada aplikasi bisnis Anda, tentu dengan sigap mereka langsung membuka aplikasi tersebut untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan, seperti memesan makanan, atau bahkan kebutuhan sehari-hari. Pada saat seseorang mengunjungi aplikasi Anda, itu berarti akan meningkatkan visibilitas dan juga sangat membantu untuk mengembangkan suatu bisnis. Jadi intinya, “kunjungan” dari pelanggan Anda sangat berpengaruh untuk peningkatan kemajuan bisnis online.

Tidak hanya itu, untuk menarik perhatian para calon pelanggan dan agar pelanggan setia pun tetap memilih bisnis Anda, maka Anda dapat menambahkan penawaran promosi pada aplikasi mobile seperti memberi diskon atau bahkan penawaran spesial lainnya yang khusus ditujukan untuk pelanggan baru untuk meningkatkan pasar.

Memperkuat Loyalitas Pelanggan

Salah satu alasan utama pentingnya untuk membuat suatu aplikasi mobile untuk bisnis Anda ialah loyalitas pelanggan. Aplikasi mobile memungkinkan suatu bisnis online dapat berkomunikasi langsung dengan para pelanggannya. Seperti dengan pembelian melalui aplikasi (in-app purchase), iklan, serta penawaran promosi memiliki dampak yang lebih besar pada pelanggan dibandingkan dengan pemasaran yang memanfaatkan spanduk pinggir jalan, iklan media sosial, dan pemasaran email.

The Body Shop merupakan salah satu contoh yang memanfaatkan kehadiran aplikasi mobile pada bisnisnya untuk mempertahankan status loyalitasnya terhadap para pelanggannya diseluruh dunia.

The Body Shop: perusahaan yang bergerak dalam bisnis kosmetik dan perawatan wajah/kulit. (Sumber: RetailWeek)

Dalam aplikasi mobile nya, The Body Shop memberikan sebuah penawaran menarik untuk para pelanggan setianya (Love Your Body Club’s Members) yang teregistrasi di dalam aplikasi tersebut. Penawaran berupa pengumpulan points yang bisa didapatkan setiap transaksi melalui online maupun offline store, dimana nantinya points tersebut diakumulasi dan bisa ditukarkan dengan pembelanjaan berikutnya sesuai dengan ketentuan, serta adanya voucher digital sehingga para pelanggan akan tetap setia menggunakan produk-produk yang ditawarkan oleh The Body Shop.

Nah, setelah mengetahui peran pentingnya suatu aplikasi mobile untuk kelangsungan bisnis Anda, sekarang kita lihat penawaran menarik dari Bootsol dibawah ini yuk! Cocok untuk Anda yang sedang mencari jasa mobile app developer.

Penawaran Layanan Mobile App Development dari Bootsol!

Bootsol merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis digital yang menangani segala macam solusi bisnis Anda. Dengan tim internasional yang sudah profesional dalam bidang teknologi dengan banyak pengalamannya, menjadikan Bootsol salah satu bisnis digital yang telah sukses menyelesaikan puluhan projects para kliennya.

Layanan Jasa Mobile App Development Bootsol

Salah satu layanan dari Bootsol yaitu Mobile App Design & Development. Dengan adanya layanan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi memikirkan bagaimana cara membuat sebuah aplikasi mobile, karena hanya dengan mulai Rp 3 Jutaan, Tim Bootsol akan membantu Anda untuk membuat dan mengembangkan sebuah Aplikasi Mobile sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda hingga menghasilkan suatu aplikasi yang sempurna.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan berbagai macam keuntungan dan kemudahan dalam solusi digital bisnis online Anda dengan segera kunjungi website Bootsol kemudian masuk ke halaman Pricing, pilih kategori jasa yang diinginkan, lalu ikuti langkah selanjutnya untuk menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Bootsol!

Baca juga: Affordable 4 Solusi Bisnis Digital oleh Bootsol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesianMalay
Scroll to Top